Pengertian Teks Eksplanasi dan Cara Membuatnya Jadi Tulisan Menarik

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 7 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pengertian Teks ekplanasi, ciri-ciri, jenis, dan tahapan membuat teks eksplanasi jadi tulisan yang menarik untuk dibaca.
tirto.id - Teks eksplanasi adalah jenis teks non-fiksi yang menjelaskan suatu proses, misalnya, bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi, demikian seperti dikutip dari ed Place.

Pengertian Teks Eksplanasi


Seperti dikutip Jurnal Pendidikan EMPIRISME: Edisi Desember 2017, teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan penjelasan informasi tentang fenomena kausalitas atau sebab akibat. Teks eksplanasi menjelaskan proses terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial

Fenomena tersebut bisa berupa fenomena sosial, budaya, politik, hukum, ekonomi, dan sebagainya, maupun fenomena alam.


Menurut Knapp and Wrapp dalam Jurnal Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assessing Writing, eksplanasi memiliki dua orientasi utama, yakni untuk untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana. Keduanya sering akan muncul dalam sebuah teks eksplanasi.

Tujuan Teks Eksplanasi


Tujuan teks eksplanasi sendiri adalah untuk menjelaskan tahapan, langkah, atau proses (bagaimana), dan memberikan alasan (mengapa) terhadap proses terciptanya sesuatu yang terjadi secara alamiah, atau proses bekerjanya fenomena alam maupun sosial.

Teks eksplanasi harus mengandung fakta yang yang ada rangkaiannya secara kronologis atau dalam hubungan kausalitas.

Sementara fakta yang dituliskan dalam teks eksplanasi berfungsi untuk menguatkan kebenaran dan hubungan kausalitas yang terdapat dalam tulisan.


Penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses, seperti siklus air, atau cara kerja mesin uap. Contoh lainnya adalah bagaimana hukum dibuat, atau mengapa kita berkedip saat bersin.

Ada tiga jenis penjelasan terkait teks eksplanasi, berikut uraiannya dilansir dari laman Literacy Ideas:

  • Sequensial, yakni merinci tahapan dalam suatu acara misalnya bagaimana ulat berubah menjadi ngengat.
  • Kausal, rincian apa yang menyebabkan perubahan dari satu tahap ke tahap berikutnya, seperti bagaimana seorang presiden dipilih.
  • Teoretis, merincikan fenomena yang mungkin terjadi di balik proses alami atau proses ciptaan yang tidak sepenuhnya dipahami misalnya Apa yang menyebabkan Nazi kalah dalam Perang Dunia II.



Tips Membuat Teks Eksplanasi


Untuk membuat sebuah teks eksplanasi menjadi sebuah tulisan menarik, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Asumsikan bahwa pembaca tidak memiliki pengetahuan tentang topik tersebut seperti yang diketahui penulis. Ini berarti Anda harus menjelaskan topik secara singkat sebelum masuk ke dalam body tulisan.

2. Gunakan judul yang menarik yang akan mendorong pembaca untuk melanjutkan, seperti 'Mengapa laba-laba membutuhkan delapan kaki?"

3. Gunakan istilah ilmiah dan teknis yang benar.

4. Temukan atau buat beberapa diagram berlabel jika memungkinkan.

5. Gunakan paragraf secara efektif. Setiap elemen baru dari teks eksplanasi yang dibuat penulis, harus dimulai dengan paragraf baru.

6. Teks eksplanasi selalu ditulis dalam bentuk saat ini dan dari sudut pandang orang ketiga.

7. Penulis dapat menawarkan beberapa bentuk pertanyaan atau komentar seputar temuannya hanya dalam kesimpulan. Sisa dari laporan yang dibuat harus dibangun murni berdasarkan fakta dan bukti.


Baca juga artikel terkait TEKS EKSPLANASI atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight