PDIP Bakal Lapor Polisi soal Pembakaran Bendera di Cikini

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 5 Agu 2023 19:00 WIB
PDIP bakal melaporkan pelaku pembakaran bendera partainya kepada kepolisian.
tirto.id - PDI Perjuangan bakal melaporkan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang diduga membakar bendera partai berlogo kepala banteng di Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Ketua DPP PDIP bidang ideologi dan kaderisasi Djarot Saiful Hidayat menyayangkan, ada upaya pembakaran bendera tersebut.

"Kejadian pembakaran bendera PDIP sangat disayangkan. Menjelang Pemilu 2024 maka semua pihak harus menahan diri dari perbuatan yang memancing emosi massa. Pembakaran bendera termasuk yang bisa menimbulkan kemarahan di akar rumput," kata Djarot usai acara pelatihan juru kampanye (Jurkam) muda Partai di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

"Kejadian itu sangat tidak patut. Pembakaran bendera Partai itu menimbulkan sangat mengganggu sehingga akan diproses melalui jalur hukum," tambahnya.

Sementara itu, Djarot meminta para aktivis dari HMI Jakarta memberikan klarifikasi atas kejadian tersebut.

"Kita mengenal HMI merupakan organisasi intelektual yang mengedepankan dialog daripada melakukan aksi anarkis. Jangan sampai pelaku pembakaran bendera itu justru merusak nama HMI," pungkasnya.

Untuk diketahui, Jumat (4/8/2023) kemarin, sekelompok orang yang mengatasnamakan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta melakukan unjuk rasa membela Rocky Gerung, yang diduga menghina Presiden Jokowi. Dalam aksinya, mereka membakar bendera PDIP saat aksi unjuk rasa di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat.




Baca juga artikel terkait PEMBAKARAN BENDERA PDIP atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight