Mengenal Malware Joker yang Ada di Aplikasi Android

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Malware Joker ini pertama kali ditemukan oleh Aleksejs Kuprins, seorang peneliti keamanan di CSIS Security Group.
tirto.id - Joker ternyata bukan hanya menjadi musuh Batman, tetapi juga musuh bagi pengguna Android dalam bentuk malware. Malware adalah program atau aplikasi kecil yang dirancang untuk merusak sebuah sistem atau untuk merugikan pengguna.

Menurut Techradar (10/09/2019), malware Joker ini pertama kali ditemukan oleh Aleksejs Kuprins, seorang peneliti keamanan di CSIS Security Group. Malware Joker ini bersembunyi di balik puluhan aplikasi Android di Play Store dan mendorong pengguna untuk berlangganan layanan premium secara diam-diam.

Menurut Aleksejs Kuprins, malware Joker ini memiliki cara kerja sebagai komponen latar belakang aplikasi ini secara diam-diam mengklik iklan dalam aplikasi dan melakukan hal yang sama untuk proses pendaftaran ketika berada di situs. Kemudian mengakses pesan SMS korban, menyalin kode otorisasi yang telah mereka kirim untuk memverifikasi pembayaran berlangganan.

Pengguna ponsel atau perangkat Android yang terinfeksi malware Joker mungkin tiba-tiba berlangganan layanan premium dan tentu saja kehilangan uang untuk membayar layanan tersebut. Malware ini memiliki kemampuan untuk mengakses SMS dan kontak untuk melancarkan aksinya.

Berdasarkan keterangan dari peneliti keamanan Aleksejs Kuprins, malware Joker ini menargetkan kurang lebih 37 negara, termasuk AS, Inggris, Australia, Uni Eropa, dan beberapa negara Asia seperti Cina. Hal ini terlihat dari beberapa kode yang tersimpan dalam malware Joker untuk atribusi wilayah.

“Sejauh ini, kami telah mendeteksinya dalam 24 aplikasi dengan total lebih dari 472.000 pemasangan. Beberapa komentar kode bot ditulis dalam bahasa Cina, yang bisa menjadi petunjuk dalam hal atribusi geografis," tulis Aleksejs Kuprins melalui blog Medium.

Beberapa aplikasi Android yang menjadi kendaraan bagi malware Joker antara lain adalah Advocate Wallpaper, Age Face, Altar Message, Antivirus Security - Security Scan, Beach Camera, Board picture editing, Certain Wallpaper, Climate SMS, Collate Face Scanner, Cute Camera, Dazzle Wallpaper, Declare Message, Display Camera, Great VPN, Humour Camera, Ignite Clean, Leaf Face Scanner, Mini Camera, Print Plant scan, Rapid Face Scanner, Reward Clean, Ruddy SMS, Soby Camera, dan Spark Wallpaper.

Google telah menghapus semua aplikasi yang dicurigai mengandung malware Joker. Bagi pengguna ponsel Android yang menginstal salah satu aplikasi yang disebutkan di atas sebaiknya segera manghapus atau mencopot pemasangannya dari perangkat.


Baca juga artikel terkait VIRUS atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight