Seputar Perempuan

Macam-Macam Bentuk Vagina Normal dan Sehat

Kontributor: Umi Zuhriyah, tirto.id - 12 Feb 2024 15:12 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Bagaimana macam-macam bentuk vagina yang normal dan sehat? Artikel berikut ini akan menjelaskan dan menguraikannya secara singkat.
tirto.id - Vagina atau yang biasa dikenal dengan miss v adalah saluran otot elastis yang menghubungkan leher rahim dengan bagian luar tubuh.

Vagina terletak di antara kandung kemih dan rektum. Anatomi vagina meliputi vulva, labia majora, labia minora, serta dinding vagina yang banyak memiliki lipatan meskipun lebih tipis dari rahim.

Vulva merupakan organ yang tampak dari luar dan berbentuk lonjong dengan ukuran panjang dari muka ke belakang. Vulva terdiri atas mons pubis, labia mayora, labia minora, klitoris, vestibulum, dan hymen.

Sebagai bagian dari alat kelamin wanita, vulva memiliki fungsi penting dalam aktivitas seksual.

Sementara itu, labia adalah lipatan kulit di sekitar pembukaan vagina yang terdiri dari labia majora (bibir luar) dan labia minora (bibir dalam).

Labia majora merupakan lipatan kulit yang lebih besar dan menutupi bagian dalam vulva. Adapun labia minora adalah lipatan kulit yang lebih kecil dan terletak di dalam labia majora. Kedua jenis labia ini melindungi pembukaan uretra dan vagina.

Berkaitan dengan hal tersebut, bentuk vagina wanita dan bentuk labia yang sehat bervariasi antara individu. Untuk memahami lebih lanjut, simak uraian berikut.

Bentuk Labia dan Vagina yang Sehat


Dikutip dari situs healthline, labia bisa memiliki berbagai bentuk seperti bibir dalam yang panjang, bibir luar yang menonjol, atau bibir yang simetris.

Selaras dengan hal tersebut, vagina juga memiliki beragam bentuk, dengan dinding elastis dan fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan proses kelahiran.

Vagina atau lebih tepatnya vulva beserta semua komponennya, memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda-beda. Setiap perempuan bahkan memiliki aroma vagina yang berbeda pula.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada bentuk "normal" yang mutlak pada organ reproduksi wanita, karena setiap orang memiliki ciri khasnya sendiri. Asalkan tidak ada rasa sakit atau ketidaknyamanan, maka bentuk labia dan vagina Anda kemungkinan besar sehat.

Dirangkum dari artikel berjudul “What Do ‘Normal’ Labia Look Like?” (2023) dalam situs healthline dan artikel “7 Types of Waginas and Why Yours is Totally Normal” pada situs Business Insider, berikut ini beberapa bentuk labia dan bentuk miss v atau vagina yang sehat.

1. Labia asimetris

Bibir dalam (labia minora) mungkin memiliki perbedaan ukuran antara satu dengan yang lainnya yang dapat membuat labia menjadi asimetris.

Dalam hal ini, salah satu bibir dalam bisa memiliki lebih panjang, lebih tebal, atau lebih besar dari yang lain. Labia vagina yang asimetris merupakan hal yang umum dan normal terjadi pada vulva.

2. Bentuk labia kecil

Labia kecil dapat terlipat ke dalam vulva atau tertutup oleh labia luar (labia majora). Bentuk labia demikian merupakan variasi yang umum dan normal.

3. Bentuk labia besar pada bagian luar dan dalam

Labia bisa memiliki ukuran yang lebih besar atau bengkak, bahkan melewati vulva dan menonjol keluar. Labia yang besar di bagian luar dan dalam juga merupakan variasi normal pada anatomi vulva.

4. Bibir luar yang kecil dan terbuka

Bibir luar yang kecil dan terbuka memiliki ciri bahwa bibir tersebut datar dan terpisah sedikit, sehingga bibir dalam vagina terlihat jelas. Bentuk adalah salah satu variasi alami dari vulva yang seringkali ditemui pada wanita.

5. Bibir luar yang menonjol

Bentuk vagina juga dapat memiliki bibir luar yang menonjol, berada jauh lebih rendah pada vulva Anda. Kulitnya mungkin bengkak dan tebal atau tipis dan sedikit longgar. Bentuk ini juga temasuk dalam kategori yang umum.

6. Bibir dalam yang terkulai panjang

Labia dalam mungkin lebih menonjol atau lebih panjang dari labia luar. Bentuk bibir dalam yang menonjol dan mungkin terkulai hingga satu inci atau lebih melewati bibir luar.

Terkadang dapat terlihat di luar pakaian dalam dengan sedikit kulit tambahan. Hal ini juga merupakan bagian dari keragaman alami dari bentuk tubuh manusia.

7. Klitoris besar atau kecil

Klitoris bisa bervariasi dalam ukuran dan sensitivitas, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Variasi ini adalah bagian alami dari anatomi klitoris dan vulva pada wanita.

8. Bibir luar yang melengkung

Bibir luar vagina dapat membentuk lengkungan bulat yang rata pada bagian ujungnya sehingga memperlihatkan bagian bibir dalam. Biasanya bibir dalam memanjang di bawah bibir luar atau mungkin terlihat di antara bibir luar.

9. Vagina yang tidak merah muda

Warna vagina bisa bervariasi, termasuk cokelat atau merah, tergantung pada faktor-faktor seperti hormon dan warna kulit.

Variasi warna ini juga normal dan tidak mengindikasikan masalah kesehatan, kecuali jika terdapat perubahan yang drastis atau disertai dengan gejala lain yang berdampak pada kesehatan.


Baca juga artikel terkait BENTUK VAGINA SEHAT atau tulisan menarik lainnya Umi Zuhriyah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Dhita Koesno

DarkLight