Ma'ruf Utamakan Dukungan Basis Massa Banten Demi Menangkan Jabar

Oleh: Felix Nathaniel - 19 Februari 2019
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin tetap memantapkan dukungan basis massa di Banten dan sekitarnya untuk memenangkan Jawa Barat.
tirto.id - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin masih akan mengunjungi daerah sekitar Jawa Barat, yakni Banten dan sekitarnya. Dia mengatakan upaya ini adalah pemantapan pendukung kubu 01 di sana.

Tercatat, Ma'ruf setidaknya sudah lima kali bolak-balik Banten-Jakarta. Dia mengklaim ada kemajuan yang positif di sana.

"Ada pasti pemantapan itu kan ada dua yang ingin kita capai. Pertama maintenance, menjaga supaya pendukung itu mantap," tegas Ma'ruf di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

"Kedua melakukan upaya-upaya penambahan baik dari swing voter undecided maupun yang sudah menentukan sebelah sana kita rayu ke sini."

Selain Banten, Ma'ruf juga akan berkunjung ke Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis. Daerah lain adalah Sumatera Utara dan DKI Jakarta. Dua daerah itu sebenarnya sudah dimenangkan Jokowi pada Pilpres 2014 lalu.

"Jadi tidak hanya di Banten terus," ucapnya lagi.

Jawa Barat memang menjadi ladang persaingan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga. Dua kubu saling mengklaim dukungan dari dua daerah tersebut.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto bahkan menyebut survei internal mereka menghasilkan Jokowi ungguli Prabowo dengan angka sebesar 52,4 persen.

Hasil ini tentu berbeda dari Pilpres 2015 lalu saat Jokowi-Jusuf Kalla hanya menang 40,22 persen suara.

Di sisi lain, kata Hasto, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf tak bergeming di Jawa Tengah lantaran pemilih petahana di provinsi tersebut sudah solid.

"Maka yang terjadi adalah kerugian ganda, Jawa Tengah tidak membuahkan hasil dan Jawa Barat kebobolan," kata Hasto melalui keterangan tertulis, Kamis (14/2/2019).

Ma'ruf sendiri berharap untuk memenangkan suara di Jawa Barat sebesar 70 persen. Menanggapi hal itu, Ridwan Kamil yang membantu pemenangan Jokowi-Ma'ruf di sana tidak mau berkomentar.

"No comment," kata Ridwan beberapa waktu lalu.

Keraguan Ridwan Kamil memang wajar. Saat menghadiri pertandingan Persib Bandung kemarin. Dia malah mendapat tamparan dari Bobotoh yang datang dengan teriakan nama Prabowo Subianto.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri