Kilauan yang Membongkar Perselingkuhan

Kontributor: Glenny Levina, tirto.id - 30 Nov 2023 11:40 WIB | Diperbarui 1 Des 2023 13:42 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Glitter banyak dipakai di industri kecantikan. Efeknya yang memberi kejutan (dan sulit dihapus) kemudian dijadikan ide untuk memergoki perselingkuhan.
tirto.id - “Nyesel banget dulu saya naif dan bodoh. Padahal sudah ada feeling suami selingkuh, tapi saya diemin aja perasaan itu. Saya pikir, suami kan orang baik-baik,” cerita Lestari (bukan nama sebenarnya).

Walau pada akhirnya memaafkan perselingkuhan sang suami, ia tetap merasa “kesal” karena tak cepat bertindak untuk mengungkapnya, apalagi mengambil sikap. “Kalau aja dulu saya tahu mesti ngapain untuk pergoki suami, nggak bakalan saya menderita bertahun-tahun.”

Perselingkuhan atau infidelity yang dialami Lestari, oleh Dr. Tristan McBain, PhD, LPC, LMFT, NCC, diartikan sebagai ketidaksetiaan secara fisik atau emosional dalam suatu hubungan. Perbuatan ini sering mengakibatkan kerusakan emosional yang mendalam bagi kedua belah pihak.

Bila Lestari “pasrah”, ternyata di dunia maya banyak yang sudah lihai bereaksi bila mereka mencium gelagat perselingkuhan pasangannya. Kini, yang sedang ramai di TikTok adalah penggunaan glitter untuk “menangkap basah”.

Header Kilauan Perselingkuhan
Ilustrasi Kemeja pria dengan tanda ciuman lipstik. FOTO/iStockphoto


Glitter banyak dipakai di industri kecantikan sebagai sentuhan terakhir untuk melengkapi keseluruhan riasan. Tren glitter selalu muncul tiap tahun di pergelaran mode di pusat-pusat mode dunia. Pengaplikasiannya pun digemari para desainer untuk memeriahkan koleksi desain mereka yang segar, fun, dan eksentrik.

Para makeup artist andal mengaplikasikan glitter di tempat-tempat yang mengundang perhatian, seperti terlihat di peragaan busana Tory Burch Spring/Summer 2023 selama New York Fashion Week. Detail glitter pada riasan mata winged eye melengkapi tema Disco Shimmer Tory Burch.

Tren glitter masih bakal terus berlanjut. Pada gelaran desainer Marni Spring/Summer 2024 di Paris Fashion Week, glitter warna-warni juga terlihat artistik dan unik pada riasan mata dan bibir.

Tak disangka, efek glitter yang memberi kejutan (dan tentunya sulit dihapus) kemudian dijadikan ide oleh para kreator TikTok untuk memergoki perselingkuhan.

Layaknya detektif, umumnya seseorang akan menghimpun semua bukti lebih dulu. Strategi yang dipakai, antara lain, mengawasi perangkat elektronik pasangan (seperti laptop, ponsel, dan tablet), mengunduh aplikasi Find My Phone atau Find My Device untuk melacak keberadaannya, hingga memasang kamera tersembunyi.

Tak sedikit pula orang yang mengakses akun media sosial pasangan untuk “mengawasi” unggahannya, komentar, teman, sampai informasi apa pun yang pasangan bagikan. Termasuk mengecek transaksi kartu kredit pasangan yang mencurigakan—biasanya dipakai untuk membeli hadiah, jalan-jalan, makan, sampai sewa penginapan.

Lalu, apa hubungan glitter dan perselingkuhan?

Pemilik akun @chrissy.j.xx meletakkan sedikit glitter di kaca spion mobil (sebelah kursi sopir) untuk memergoki pasangannya pergi bersama “penumpang gelap”.

Bila ada perempuan lain yang naik ke mobil dan membuka kaca spion untuk bercermin, otomatis glitter akan berserakan, termasuk ke tubuh pasangan kalau ia bersentuhan dengan perempuan itu. Jejak glitter bisa menjadi bukti nyata dan, tentunya, susah hilang!

Ada pula @nori.slayy yang memergoki wajah pacarnya berkilauan terkena glitter setelah ketahuan keluar malam tanpa pamit.

Pemilik akun @nicolecaseyyy bahkan menggunakan glitter untuk memberi pelajaran ke sang mantan yang ketahuan berselingkuh. Tak tanggung-tanggung, glitter ditumpahkannya di hampir seluruh area apartemen sang mantan!

Meskipun lebih banyak petunjuk yang dapat ditemukan melalui strategi yang lebih invasif seperti di atas, psikolog Menelaos Apostolou dan Maria Ioannidou punya cara lain yang bisa juga dipakai sebagai “amunisi” tambahan.

Header Kilauan Perselingkuhan
Ilustrasi Pasangan yang bercerai. FOTO/iStockphoto


Dalam riset tahun 2021 lalu, mereka mengidentifikasi 47 tindakan untuk mendeteksi perselingkuhan yang diklasifikasikan ke dalam enam strategi yang lebih luas.

Hampir 58% partisipan terindikasi memakai tiga atau lebih strategi tersebut dengan alasan lebih praktis ketimbang melakukan serangkaian strategi rumit.

Perilaku “tak biasa” seseorang bisa menjadi tanda awal bahwa ia tidak setia. Pekalah pada beberapa tanda ini, seperti bila pasangan ingin melepaskan diri, tiba-tiba meminta lebih banyak "waktu pribadi". Juga, bila ia berusaha bersosialisasi tanpa kehadiranmu, tiba-tiba ingin memperluas lingkaran sosialnya, atau punya hobi baru.

Tanda selanjutnya, dari kredit menjadi uang tunai. Ini karena banyak tukang serong membayar secara tunai untuk menghapus jejak.

Perselingkuhan juga membuat pasangan mudah lupa atau kehilangan fokus. Berbeda dari kebiasaan lupa pada umumnya, kelupaannya ini bisa jadi disebabkan oleh kelelahan emosional maupun fisik.

Tanda terakhir, pasanganmu keceplosan “membenarkan” perselingkuhan. Ia juga mengungkapkan pengertian atau toleransi mengenai perselingkuhan orang lain. Padahal, dulunya kalian paham dan sepakat tentang arti perselingkuhan.

Memahami tanda-tanda perselingkuhan sangat penting untuk membuat keputusan tepat soal hubunganmu selanjutnya.

Dengan mengenali perilaku umum, memanfaatkan teknologi dan trik tak terduga semacam glitter, dan mencari dukungan, kamu akan sanggup menavigasi situasi menantang ini dengan jernih dan memberdayakan diri untuk memprioritaskan kesejahteraan emosionalmu.

Baca juga artikel terkait DIAJENG atau tulisan menarik lainnya Glenny Levina


Kontributor: Glenny Levina
Penulis: Glenny Levina
Editor: Yemima Lintang

DarkLight