Ketahui Fungsi Alveolus dalam Mengambil Oksigen & Melepas CO2

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar, tirto.id - 24 Nov 2022 13:47 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Fungsi alveolus adalah untuk mengambil oksigen yang masuk ke tubuh, dan melepaskan karbon dioksida. Berikut penjelasan selengkapnya.
tirto.id - Fungsi alveolus adalah untuk mengambil oksigen yang masuk ke tubuh, dan melepaskan karbon dioksida. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pernapasan merupakan salah satu unsur esensial bagi makhluk hidup untuk melanjutkan kelangsungan hidupnya. Dalam tubuh manusia, terdapat sistem pernapasan yang terdiri dari organ-organ yang menunjang pernapasan.

Menurut Modul Biologi SMA Kemdikbud, sistem pernapasan pada manusia merupakan sistem organ yang digunakan untuk menghirup oksigen dari udara yang kemudian mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Dalam prosesnya, zat utama yang paling dibutuhkan dalam sistem pernapasan adalah oksigen. Oksigen diperoleh dari udara di lingkungan sekitar. Oksigen yang dibawa masuk ke dalam organ pernapasan akan ditukar dengan karbon dioksida dan uap air yang dikeluarkan. Tujuan dari proses pernapasan ini adalah untuk memperoleh energi dan pelepasan energi.

Dalam organ pernapasan terdapat saluran pernapasan atau tractus respiratorius yang merupakan bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk menjadi tempat lintasan dan tempat pertukaran gas yang diperlukan dalam proses pernapasan. Saluran tersebut dimulai dari hidup atau mulut dan berujung pada paru-paru.

Urutan saluran pernapasan adalah rongga hidung/mulut, pharing, laryng, trachea, bronkus, bronchiolus, alveolus, dan pulmo.

Dilansir dari Modul Biomedik Dasar UKI, terdapat beberapa mekanisme pernapasan yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Pada pernapasan dada, otot antar tulang rusuk luar berkontraksi sehingga tulang rusuk terangkat ke atas, lalu rongga dada membesar yang menyebabkan tekanan udara dalam dada kecil dan udara masuk ke dalam badan.

Pada pernapasan perut, otot diafragma pada perut mengalammi kontraksi dan diafragma menjadi datar. Lalu volume rongga dada menjadi besar yang menyebabkan tekanan udara pada dada mengecil dan udara masuk ke paru-paru.



Pengertian dan Fungsi Alveolus

Pertukaran zat dalam proses pernapasan hanya terjadi di alveolus. Terdapat sekitar 300 juta alveolus di dalam paru-paru orang dewasa, dengan luas permukaan sekitar 160 meter persegi.

Menurut Healthline, alveolus merupakan gelembung udara kecil yang menyimpan oksigen yang dihirup oleh tubuh. Alveolus terletak di ujung tabung bronkial. Ketika menghirup napas, alveolus akan mengembang untuk menerima oksigen. Ketika membuang napas, alveolus akan menciut untuk mengeluarkan karbon dioksida.

Oksigen yang dikumpulkan di alveolus akan dialirkan ke darah dan kemudian dipompa ke seluruh tubuh, lalu darah akan kembali ke alveolus dengan membawa karbon dioksida yang akan dibuang.

Alveolus biasa menempel satu sama lain seperti buah anggur. Satu alveolus berdiameter sekitar 200 mikrometer atau 0,007 centimeter. Setiap alveolus juga dilapisi oleh lapisan yang tipis dan dikelilingi oleh pembuluh darah capillaries.


Baca juga artikel terkait FUNGSI ALVEOLUS atau tulisan menarik lainnya Muhammad Iqbal Iskandar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight