Jokowi Sebut Tol Manado-Bitung Bisa Dongkrak Ekonomi Sulawesi Utara

Oleh: Andrian Pratama Taher - 29 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi menyebut pembangunan tol Manado-Bitung dapat mengembangkan potensi ekonomi daerah Sulawesi Utara.
tirto.id -
Presiden Jokowi menyebut pembangunan tol Manado-Bitung dapat mengembangkan potensi ekonomi daerah Sulawesi Utara. Ia pun mengklaim, pengembangan potensi daerah memerlukan dukungan infrastruktur seperti tol.
"Saya melihat Provinsi Sulawesi Utara memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus kita kembangkan. Ada industri perikanan, ini terutama di Bitung, ada sektor pertanian, ada sektor perkebunan dan juga banyak destinasi pariwisata. Pengembangan sektor-sektor itu sangat memerlukan dukungan infrastruktur termasuk di dalamnya adalah jalan tol," kata Jokowi saat meresmikan tol Manado-Bitung di ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/9/2020).
Jokowi pun mengatakan, pembangunan tol Manado-Bitung juga dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri dan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara. Ia yakin akses tersebut akan mempercepat perjalanan dan lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal, dan lebih mudah dikembangkan.

Ia pun menyebut keberadaan tol ini hanya 9 kilometer atau 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi sehingga waktu tempuh Manado-Bitung maupun sebaliknya lebih cepat.
Ia pun menuturkan, keberadaan tol akan menekan biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung dapat ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien. Dengan demikian, daya saing daerah meningkat serta kawasan ekonomi Bitung akan dapat lebih berkembang.
"Ini saya kira nanti tugasnya gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya ke KEK di Bitung dan kawasan strategis pariwisata Manado-Bitung-Likupang termasuk akses ke Pulau Lembeh semakin mudah dijangkau," kata Jokowi.
"Oleh sebab itu, kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini dan dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini saya yakin investasi akan lebih banyak datang, usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang," tutur Jokowi.



Baca juga artikel terkait TOL MANADO-BITUNG atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight