Jokowi Minta Penerima LPDP Ajak Dunia Berwisata & Investasi ke RI

Oleh: Andrian Pratama Taher - 2 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi meminta kepada penerima LPDP mempromosikan ke dunia internasional untuk wisata dan berinvestasi di Indonesia.
tirto.id - Presiden Jokowi mengingatkan para mahasiswa penerima bantuan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) adalah duta bangsa Indonesia. Ia pun meminta kepada para duta Indonesia tersebut bisa mempromosikan nilai-nilai Indonesia dan pariwisata Indonesia bagi bangsa.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan keynote speaker dalam acara Studium Generale 2020: Rekacipta Generasi Muda Menuju Indonesia Emas yang diadakan LPDP secara daring, Senin (2/11/2020).

"Saudara adalah duta Indonesia, saudara-saudara ada wajah Indonesia di masyarakat internasional, bagi saudara-saudara yang kuliah di luar negeri tunjukan bahwa Indonesia itu damai dan bersatu, penuh toleransi, dan selalu Bhineka Tunggal Ika," kata Jokowi, Senin.

"Promosikan Indonesia di masyarakat dunia internasional untuk berwisata ke Indonesia, untuk berinvestasi di Indonesia, yang membawa kebaikan bagi masa depan Indonesia," lanjut Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu pun meminta kepada para penerima beasiswa LPDP untuk mengejar pengetahuan baru. Ia menilai, big data, artificial intelligence perlu dipelajari karena keberadaan teknologi tersebut tidak hanya memengaruhi ekonomi tapi juga sosial, politik dan budaya.

Kemudian, Jokowi juga ingin agar para penerima beasiswa LPDP untuk mengasah karakter, talenta dan keterampilan. Ia ingin agar kemampuan kepemimpinan dan kemampuan manajerial para peserta bisa semakin terasah sehingga berguna ketika lulus.

Jokowi juga berharap, momentum beasiswa LPDP untuk memperkuat rasa kebangsaan dan keindonesiaan. Ia berharap, para penerima LPDP tetap menjunjung persaudaraan, kebangsaan dan setanah air meski berasal dari berbagai agama maupun suku.

Oleh karena itu, Jokowi berdoa semoga para penerima beasiswa LPDP bisa semangat belajar dan segera selesai studi.

"Semangat terus untuk belajar, jaga kesehatan, secepatnya selesaikan studi saudara-saudara sebaik-baiknya, mari kita bangun Indonesia bersama-sama," kata Jokowi.

LPDP merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan sesuai amanat PMK Nomor 252 Tahun 2010. Program layanan LPDP terdiri dari beasiswa, pendanaan riset dan pengelolaan dana (investasi). Per 1 Januari 2020 jumlah penerima beasiswanya mencapai 24.936 orang dengan 9.287 alumni.



Baca juga artikel terkait LPDP atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight