Jokowi akan 'Ground Breaking' MRT pada 24 Maret 2019

Oleh: Hendra Friana - 19 Maret 2019
Presiden Joko Widodo akan meresmikan operasional MRT fase 1 sekaligus ground breaking MRT fase 2 pada Minggu 24 Maret 2019.
tirto.id -
Presiden Joko Widodo akan meresmikan operasi kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta untuk komersial pada akhir pekan ini, Minggu, 24 Maret 2019.

Bersamaan dengan peresmian tersebut, pemerintah juga akan melakukan ground breaking pembangunan MRT Jakarta fase II .

"Ini langsung mulai nanti, hari Minggu, groundbreaking untuk fase kedua," ujar Jokowi usai ujicoba kereta MRT di stasiun bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019).

Rencananya MRT fase II itu akan dibangun dari Bundaran HI sampai dengan Kota. Namun, nantinya akan diteruskan hingga depo MRT.

Untuk depo MRT fase II sendiri hingga saat ini juga belum ditentukan. Ad dua opsi yang sebelumnya ingin diambil. Pertama, membangun Depo MRT di Kampung Bandan, Jakarta Utara. Namun karena ada sengketa lahan, PT MRT Jakarta saat ini masih mengkaji letak depo barunya.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, depo MRT membutuhkan lahan seluas 9 hektar. Depo tersebut dinilai penting untuk dibangun berbarengan dengan jalur kereta tahap II. Sebab, jika hanya mengandalkan depo yang berada di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, maka tidak akan cukup.

Di samping itu, rencananya akan ada 15 rangkaian kereta lagi yang disediakan untuk mengakomodasi penumpang di jalur MRT fase II. Sedangkan untuk di jalur MRT fase I yang berada di sepanjang Lebak Bulus-Bundaran HI, jumlah rangkaiannya telah sebanyak 16 unit.


Baca juga artikel terkait MRT atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Agung DH
DarkLight