Inilah Komposisi Nutrisi yang Tepat saat Bulan Puasa

Penulis: Putu Agung Nara Indra - 5 Jun 2016 10:25 WIB
Perubahan waktu makan saat bulan puasa harus diimbangi dengan asupan gizi yang berimbang supaya tidak mengganggu kesehatan pencernaan. Komposisi gizi yang harus dikonsumsi saat buka puasa dan sahur memiliki proporsi yang berbeda-beda.
tirto.id - Gejala kembung adalah salah satu keluhan yang seiring dialami pada hari-hari pertama menjalankan puasa. Untuk mengatasinya, orang yang berpuasa dianjurkan untuk mengkonsumsi menu makanan yang bervariasi dilengkapi serat dari buah dan sayuran yang mencukupi.

"Komposisi makan saat sahur yang tidak pas bisa menyebabkan kembung saat berpuasa. Makanlah bervariasi dan cukup serat buah dan sayur," ujar Spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Marya W. Haryono kepada Antara di Jakarta, belum lama ini.

Ia menyarankan supaya asupan nutrisi hendaknya dipenuhi saat sahur.

"Saat sahur penuhi karbohidrat, protein, lemak sehat misalnya dari ikan, kacang-kacangan, dikombinasikan dengan mikronutrien dari sayur kemudian mineral. 40-50 persen harus terpenuhi saat sahur, supaya bisa menahan selama 12 jam," ujarnya.

Di sisi lain, Marya juga menambahkan supaya saat buka puasa digunakan untuk memenuhi 10-20 persen kebutuhan energi dengan nutrisi lengkap. Ia juga menganjurkan supaya tetap menyantap makanan manis seperti madu, kurma, dan yoghurt dengan proporsi secukupnya.

"Saat buka isi nutrisi yang lengkap. Makanan manis usahakan terbatas, dua sendok makan gula," kata Marya.

Lebih lanjut Marsya mengingatkan, sekalipun waktu makan kita berubah saat berpuasa, namun hal ini harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan seimbang.

"Saat berpuasa yang berubah hanya jam makan. Sebisa mungkin asupan nutrisi tidak berubah jumlahnya, dengan saat sedang tak berpuasa," pungkasnya. (ANT)

Baca juga artikel terkait KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya Putu Agung Nara Indra
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Putu Agung Nara Indra
Editor: Putu Agung Nara Indra

DarkLight