Menuju konten utama

Info Daftar Ulang SNBT 2024 UPI, Jadwal, & Link Surat Pernyataan

Informasi daftar ulang SNBT 2024 UPI, jadwal dan link surat pernyataan perlu dipahami setiap mahasiswa yang lolos pada pengumuman SNBT UPI tahun ini.

Info Daftar Ulang SNBT 2024 UPI, Jadwal, & Link Surat Pernyataan
Universitas Pendidikan Indonesia. FOTO/OsamaAbdillah

tirto.id - Informasi daftar ulang SNBT 2024 UPI, jadwal dan link surat pernyataan perlu dipahami setiap mahasiswa yang lolos pada pengumuman SNBT UPI tahun ini.

Pengumuman UTBK SNBT 2024 telah dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024. Bagi para peserta yang dinyatakan lolos seleksi, tahap selanjutnya adalah melakukan daftar ulang di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan. Salah satu PTN yang dapat dipilih adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

UPI adalah PTN yang berkampus pusat di Depok, Jawa Barat. Sesuai namanya, UPI merupakan perguruan tinggi dengan program studi (prodi) utama bidang pendidikan.

Tahun ini UPI membuka sekitar 5.000 daya tampung mahasiswa baru untuk jalur UTBK SNBT 2024. Calon mahasiswa baru UPI yang diterima nantinya akan melanjutkan studi di 103 program studi (prodi) PTN tersebut.

Jadwal Daftar Ulang SNBT 2024 UPI

  • 15 - 20 Juni 2024: Pengisian Biodata dan Pengunggahan Surat Pernyataan
  • 21 - 25 Juni 2024: Verifikasi Data Akademik dan Registrasi Ulang
  • 26 Juni 2024: Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)
Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan dimulai/diakhiri pukul 15.00 WIB.

Link dan Cara Daftar Ulang SNBT UPI 2024

Peserta yang diterima UPI lewat jalur SNBT 2024 wajib melakukan daftar ulang secara online melalui link https://pmb.upi.edu danhttps://student.upi.edu. Proses daftar ulang SNBT UPI 2024 di situs pmb.upi.edu meliputi tahap pengisian biodata dan unggah berkas-berkas persyaratan.

Lantas, bagaimana cara daftar ulang bagi yang lolos UTBK SNBT 2024? Berikut ini tata cara daftar ulang SNBT UPI 2024:

  • Calon Mahasiswa Baru UPI yang diterima melalui jalur SNBT tahun akademik 2024/2025 diumumkan melalui laman https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id .
  • Semua Calon Mahasiswa Baru yang lulus SNBT wajib melengkapi Biodata dan mengunggah Hasil Scan Surat Pernyataan (Format pdf) yang telah ditandatangani oleh yang bersangkutan dan diketahui/disetujui Orang Tua/Wali Calon Mahasiswa secara daring (online) pada laman https://pmb.upi.edu pada tanggal 15 Juni - 20 Juni 2024. Calon Mahasiswa diharuskan menyimpan bukti pelengkapan biodata dan surat pernyataan tersebut. Calon Mahasiswa yang tidak melengkapi biodata dan mengunggah surat pernyataan sampai batas waktu yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri.
  • Calon Mahasiswa diwajibkan mengirimkan beberapa dokumen melalui pos ke alamat Gedung Direktorat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154 mulai tanggal 25 Juni - 13 Juli 2024 Cap Pos. Berikut Dokumen yang harus dikirimkan:
  • 1 (satu) lembar Hasil Cetak (Print-Out) Berwarna Kartu Peserta SNBT 2024;
  • 1 (satu) lembar Hasil Cetak (Print-Out) Berwarna Tangkapan Layar bukti kelulusan SNBT 2024;
  • 1 (satu) lembar salinan/fotokopi KTP/SIM/Resi Pembuatan KTP, bagi yang sudah berusia 17 tahun;
  • 1 (satu) lembar salinan/fotokopi Kartu Keluarga, bagi yang belum berusia 17 tahun;
  • 1 (satu) berkas salinan/fotokopi Ijazah yang telah DILEGALISIR oleh Kepala Sekolah;
  • 1 (satu) lembar Surat Pernyataan yang sudah di tandantangani diatas materai;
  • 1 (satu) lembar salinan/fotokopi BUKTI SETOR pembayaran biaya Pendidikan bagi Calon Mahasiswa bukan Pemilik/Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
Semua berkas dikumpulkan dalam 1 Map dengan warna yang sesuai dengan Fakultas/Kampus UPI di Daerah sebagai berikut:

  • FIP: Hijau
  • FPIPS: Kuning
  • FPBS: Merah Muda/Pink
  • FPMIPA: Biru
  • FPEB: Orange
  • FPSD: Ungu
  • FPTK: Merah
  • FPOK: Putih
  • FK: Putih
  • UPI Kampus Purwakarta: Coklat
  • UPI Kampus Cibiru: Coklat
  • UPI Kampus Sumedang: Coklat
  • UPI Kampus Tasikmalaya: Coklat
  • UPI Kampus Serang: Coklat
Catatan: Map dimasukan ke dalam Amplop Coklat bertuliskan Nama, Nomor Seleksi SNBT, Fakultas, Program Studi dan Jalur Masuk.

  • Seluruh Calon Mahasiswa Baru, selain pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah, KIP-K (Pendaftar KIP-K yang telah dinyatakan lolos verifikasi) wajib membayar biaya pendidikan sebesar yang tercantum dalam Peraturan Rektor UPI tentang Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun Akademik 2024/2025.
  • Informasi tentang Besaran Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal, UKT), Pilihan Bank, dan Virtual Account (VA) untuk setiap Calon Mahasiswa akan disampaikan pada laman https://e-form.upi.edu mulai tanggal 25 Juni 2024. Masa berlaku Virtual Account yang didapatkan Calon Mahasiswa adalah 1 x 24 Jam. Jika sampai batas waktu tersebut, biaya pendidikan yang tercantum pada VA belum dibayarkan, calon peserta diharuskan men-generate kembali VA yang baru.
  • Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 25 Juni - 4 Juli 2024 dengan mengikuti tatacara pembayaran yang tercantum pada laman https://e-form.upi.edu. Calon Mahasiswa diharuskan menyimpan bukti pembayaran dan disimpan oleh masing-masing pembayar. Uang yang telah disetorkan TIDAK DAPAT DIAMBIL KEMBALI.
  • Calon Mahasiswa Baru yang lulus SNBT dan memiliki Kartu Pendaftaran KIP-K tidak langsung dinyatakan sebagai penerima KIP-K, tetapi harus melalui tahapan seleksi administrasi dan verifikasi untuk menentukan kelayakan menggunakan KIP-K. Mahasiswa KIP-K akan ditetapkan dengan Keputusan Rektor UPI. Calon Mahasiswa Pelamar KIP-K yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, akan menjadi mahasiswa reguler dan diwajibkan membayar dan menyelesaikan biaya pendidikannya. Semua data yang diisikan pada saat pendaftaran dan pelengkapan biodata akan dijadikan dasar bagi penetapan penerima KIP-K.
  • Pengisian Isian Rencana Studi (IRS) atau kontrak mata kuliah dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 28 Agustus - 30 Agustus 2024. Sebelum melakukan Pengisian IRS, mahasiswa diwajibkan mengisi form data riwayat kesehatan pada laman https://student.upi.edu.
  • Akun untuk mengakses IRS dan informasi akademik lainnya dapat diperoleh melalui laman https://student.upi.edu/akun/
  • Informasi Tambahan
  1. Layanan registrasi akademik hanya diberikan kepada calon mahasiswa yang telah melaksanakan pembayaran biaya pendidikan sesuai ketentuan;
  2. Tidak ada layanan di luar jadwal yang telah ditentukan; dan
  3. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi Hot Line/Call Centre Unit Layanan Terpadu UPI pada Nomor Whatsapp 08112096229 dan 085156368226 pada hari dan jam kerja.

Link Unduh Surat Pernyataan MARU UPI 2024

Salah satu dokumen yang harus dilampirkan adalah Surat Pernyataan MARU UPI 2024. Berikut ini link unduh dokumen tersebut:

Link Unduh Surat Pernyataan MARU UPI 2024

Baca juga artikel terkait DAFTAR ULANG SNBT 2024 atau tulisan lainnya dari Ruhma Syifwatul Jinan

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Yulaika Ramadhani