Indonesia Siapkan Tim Investigasi Boeing 737 MAX ke Ethiopia

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 13 Maret 2019
Kemenhub akan mengirimkan tim investigasi ke Ethiopia guna menyelidiki penyebab jatuhnya Boeing 737 Max.
tirto.id -
Indonesia berencana ikut ambil bagian dalam investigasi penyebab kecelakaan Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines yang jatuh 64 km di tenggara Ethiopia pada Minggu kemarin.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, terlibatnya Indonesia dalam investigasi ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi seluruh maskapai di dunia yang juga menggunakan Boeing 737 Max 8.

Tidak hanya itu, diakui Polan, pihaknya juga telah menyurati Federal Aviation Administration (FAA) yang merupakan otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat (AS) terkait permintaan pendampingan ulang terhadap pengoperasian Boeing 737 Max 8.

"Karena setelah kejadian PK LQP itu FAA sudah mengeluarkan panduan tambahan dan diserahkan ke seluruh otoritas penerbangan dan operator di seluruh dunia. Itu juga untuk menjamin aspek safety terkait pengoperasian pesawat Boeing 737 Max 8," jelas dia di Kantor Kementerian Perhubungan, Rabu (13/3/2019).
Keberangkatan tim, lanjut Polana, masih menunggu izin dari otoritas penerbangan di Ethiopia.
“Kami sudah koordinasi dengan KNKT, kami akan mengirim tim investigator yang terdiri dari KNKT dan Kemenhub ke Addis Ababa untuk mendukung investigasi kecelakaan tersebut. Kami masih menunggu jawaban CAA Ethiopia,” ujar dia.

Kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines menewaskan 157 orang. Hingga kini belum diketahui pasti penyebab pesawat. Pesawat jenis yang sama juga jatuh di perairan Tanjung Karawang pada Oktober 2018 dan menewaskan 188 orang.

Akibat kejadian ini, sejumlah negara mengeluarkan perintah penghentian terbang sementara pesawat Boeng 737 Max.


Baca juga artikel terkait PELARANGAN BOEING atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Agung DH
DarkLight