Periksa Fakta

Hoaks/Fakta? Campuran Air Kelapa & Jeruk Nipis Obati COVID-19

Oleh: Irma Garnesia - 10 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Air kelapa muda memiliki banyak manfaat. Namun, hingga kini belum ditemukan adanya bukti klinis air kelapa muda dapat menjadi obat COVID-19.
tirto.id - Belakangan, muncul informasi baru lainnya mengenai obat COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona baru SARS-CoV-2. Kali ini, bahan yang diklaim ampuh menyembuhkan penyakit tersebut adalah campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam dapur. Pesan tersebut tersebar melalui WhatsApp dengan narasi sebagai berikut:

🙏Tolong bantu dikasih tahu ke saudara² kita yg kena covid 19..
🙏Ini obat pemberian dari TUHAN yg mudah didapat yg sangat manjur..
🥥 1 biji air kelapa muda 🍈 1 biji jeruk nipis diperas 🥄1 sendok makan garam
Semuanya diaduk dan diminum airnya… dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang….
🙏Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat..Tuhan memberkati..
🙏Info dari teman yg kakaknya di kota Bau Bau Sulawesi Tenggara..obat herbal ini sangat manjur…..
Bisa di infokan ke saudara,teman atau keluarga kita terima kasih…..🙏🙏🙏




Penelusuran Fakta

Informasi ini telah dicari tahu kebenarannya oleh Liputan 6. Melalui mekanisme pemeriksaan fakta, Liputan 6 mewawancarai Farmakolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., yang mengatakan bahwa kabar tersebut belum terbukti secara klinis, sehingga masyarakat diminta untuk tidak mudah menerima informasi begitu saja.

"Jika ada kabar-kabar begitu saja yang belum ada buktinya, sebaiknya tidak langsung diterima," kata Zullies.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM tersebut juga menyampaikan bahwa menemukan obat COVID-19 bukanlah hal yang mudah, harus melalui penelitian mendalam untuk membuktikannya.

Ia melanjutkan, "Jika kebetulan saja sembuh ketika minum air kelapa, ya mungkin saja. tetapi, apakah bisa lebih cepat sembuh dari pada yang tidak minum? apakah sudah ada buktinya?"

Selain itu, untuk memastikan efek suatu terapi atau obat, harus ada desain dan pembandingnya. "Jika hanya sekelompok orang yang minum air kelapa bisa sembuh, apakah sekelompok orang lain yang tidak minum juga sembuh? ada perbedaan kecepatan sembuhnya tidak?," papar Zullies, masih dari Liputan 6.

Per September, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) juga belum mencantumkan pengobatan khusus untuk COVID-19. Namun, memang terdapat beberapa pengobatan modern, tradisional, maupun obat rumahan yang dapat meringankan gejala yang ditimbulkan penyakit ini. Catatan penting, WHO tidak merekomendasikan pengobatan dengan antibiotik tanpa anjuran dokter.


Namun, ada beberapa uji klinis yang sedang berlangsung terkait pengobatan modern dan obat tradisional. WHO sedang mengoordinasikan upaya untuk mengembangkan vaksin dan obat-obatan untuk mencegah dan mengobati COVID-19. Organisasi tersebut menjanjikan bahwa mereka akan terus memberikan informasi terkini segera setelah hasil penelitian tersedia.

Sebelum ini, informasi keliru lainnya terkait obat COVID-19 adalah campuran garam dan air hangat. Informasi tersebut berisi klaim bahwa berkumur atau meminum campuran garam dan air hangat dapat mengobati atau mencegah COVID-19.

Terlepas dari isu terkait obat COVID-19, air kelapa memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Dilansir situs Klikdokter, air kelapa muda dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, khususnya pada lansia yang sering kurang minum hingga mengalami dehidrasi.

Air kelapa juga mengandung mineral potasium atau kalium yang dapat mencegah darah tinggi dan menghindari penyakit jantung koroner. Kandungan lainnya, L-arginine, juga bermanfaat untuk penderita penyakit jantung atau untuk orang yang ingin mencegah penyakit kardiovaskular.

Kandungan dalam air kelapa juga bermanfaat bagi penderita diabetes atau yang ingin mencegah penyakit kencing manis. Magnesium yang terkandung dalam air kelapa dapat membuat insulin lebih sensitif, sehingga mencegah terjadinya resistensi insulin. Kandungan kalori yang rendah dan adanya serat pada air kelapa muda juga dapat menjadikannya asupan menu untuk penderita diabetes.

Masih banyak manfaat lainnya dari air kelapa muda, yakni sebagai antiinflamasi atau antiperadangan, menurunkan kolesterol, serta melindungi organ hati dari kerusakan.


Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat. Hanya saja, manfaat air kelapa sebagai obat COVID-19 belum memiliki bukti klinisnya. Pesan berantai yang ditemukan di atas bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Irma Garnesia
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Irma Garnesia
Editor: Irma Garnesia
DarkLight