Harga Tiket Masuk Candi-Candi di Dunia, Borobudur hingga Angkor Wat

Penulis: Yandri Daniel Damaledo - 7 Jun 2022 13:34 WIB
Dibaca Normal 7 menit
Daftar harga tiket masuk candi-candi di seluruh dunia, mulai dari Borobudur, Angkor Wat, hingga Piramida Mesir.
tirto.id - Pemerintah baru-baru ini sedang mengusulkan untuk menaikkan tarif masuk ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah sebesar Rp750.000 per orang untuk wisatawan lokal, sementara untuk wisatawan mancanegara sebesar 100 dolar AS atau Rp1,4 juta per kunjungan.

Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya pemandu wisata (guide) yang memiliki sertifikat kompetensi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sertifikat hospitality dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Di samping akan menggunakan alas kaki khusus, wisatawan yang membeli tiket khusus naik ke bangunan Candi Borobudur akan didampingi oleh pemandu wisata (guide) yang disiapkan khusus," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), Edy Setijono kepada Tirto, Selasa (7/6/2022).

Rencana untuk menaikkan tarif tiket masuk ke Candi Borobudur tersebut menuai berbagai reaksi dari masyarakat, karena dinilai terlalu mahal. Namun, menurut Edy, kebijakan harga tiket khusus ini hanya bagi wisatawan yang berkeinginan untuk naik bangunan Candi Borobudur.

Sementara wisatawan dalam negeri yang akan berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur harga tiket masuknya tetap Rp50.000, dan untuk anak/pelajar Rp25.000.

Sedangkan untuk tiket wisatawan mancanegara dewasa/umum 25 dolar AS, dan tiket wisatawan mancanegara anak/pelajar 15 dolar AS.

Adapun tiket tersebut membolehkan wisatawan untuk berwisata sampai batas pelataran/halaman Candi Borobudur. Atau dengan kata lain tidak diperkenankan untuk naik ke bangunan Candi Borobudur.

Di seluruh dunia, banyak sekali bangunan peninggalan bersejarah yang dijadikan lokasi wisata dan bisa dikunjungi, seperti Angkor Wat di Kamboja, Wat Arun di Thailand, hingga Machu Picchu di Peru.

Lalu, berapakah harga tiket masuk ke candi-candi di seluruh dunia? berikut ini daftar harga yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Candi Borobudur, Magelang, Indonesia

Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan bersejarah umat Buddha di Indonesia. Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha.

Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran.

Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Saat ini, masih diberlakukan tiket masuk normal, yaitu untuk wisatawan lokal dikenakan biaya sebagai berikut:

- Usia 10 tahun ke atas: Rp50.000

- Usia 3-10 tahun: Rp25.000

Harga tersebut sudah termasuk premi asuransi Rp500 per orang. Tarif khusus wisatawan lokal bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk, dengan surat pengantar dari sekolah/universitas yaitu sebesar Rp25.000.

Sementara itu, untuk wisatawan asing dikenakan harga tiket sebesar Rp350 ribu untuk pengunjung dewasa, dan Rp210 ribu untuk pengunjung anak-anak.

ZONA I CANDI BOROBUDUR DIBUKA UNTUK UMUM
Wisatawan berada di zona 1 kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (8/7/2020). Pihak Balai Konservasi Borobudur (BKB) membuka kembali zona 1 candi Borobudur untuk umum yang ditutup akibat pandemi COVID-19 sejak (15/7/2020), ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.


2. Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan candi ini dibangun dan atas perintah siapa, namun kuat dugaan bahwa Candi Prambanan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu.

Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Prambanan dan saat ini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta. Prasasti berangka tahun 778 Saka (856 M) ini ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

Prambanan terletak di Jalan Raya Solo - Yogyakarta, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kota Terdekat dari Prambanan adalah Yogyakarta (17 km barat daya) dan Klaten (3 km utara).

Candi Prambanan mudah diakses karena berada di jalan raya Solo - Yogya. Dari kota Yogyakarta Anda dapat menggunakan transportasi umum Transjogja yang berhenti di halte pasar Prambanan. Semua bus antar kota jurusan Solo juga bisa mengantar Anda sampai depan candi Prambanan.

Kota Solo dan Yogyakarta memiliki Bandara Internasional. Saat ini, Bandara Internasional Yogyakarta, melayani rute penerbangan internasional dari Singapura dan Kuala Lumpur.

Sedangkan Bandara Adi Soemarmo Solo melayani rute penerbangan internasional dari Kuala Lumpur. Dilansir dari laman Borobudurpark.com, harga tiket masuk ke Prambanan yaitu sebagai berikut:

Wisatawan Lokal

- Usia 10 tahun ke atas: Rp 50.000

- Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 25.000

Tarif khusus wisatawan nusantara bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk, dengan menyertakan surat pengantar dari sekolah/universitas, untuk minimal 20 orang

- TWC Prambanan: Rp 25.000,00

- Paket TWC Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan: Rp30.000.

RENCANA PERCOBAAN PEMBUKAAN CANDI PRAMBANAN
Suasana pagi di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (2/6/2020). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.



3. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat adalah candi keagamaan yang terletak di Siem Reap, Kamboja, yang dibangun oleh Raja Suryavarman II pada abad ke-12.

Dilansir dari Britannica, kompleks keagamaan Angkor Wat terdiri dari lebih dari seribu bangunan, dan merupakan salah satu keajaiban budaya terbesar di dunia.

Angkor Wat adalah struktur keagamaan terbesar di dunia, meliputi sekitar 400 hektar (160 hektar), dan menandai titik tertinggi arsitektur Khmer.

Dilansir situs Westport Library, pada awalnya Angkor Wat dibangun sebagai candi agama Hindu yang didedikasikan untuk dewa Wisnu. Namun, candi ini diubah menjadi kuil Buddha pada abad ke-14.

Angkor Wat terletak 4 km dari kota Siem Reap dan buka dari 04:30 hingga 17:30 setiap hari.

Biaya masuk ke Taman Arkeologi Angkor tergantung pada jenis tiket masuk yang Anda pilih.

Ada 3 jenis pass yang tersedia, harga tersebut berlaku mulai 1 Februari 2017.

- Tiket 1 hari: 37 dolar AS atau Rp535.000

- Tiket masuk 3 hari: 62 dolar AS atau Rp896.000

- Tiket masuk 7 hari: 72 dolar AS atau Rp1.041.000.

Angkor Wat
Angkor Wat. foto/IStockphoto


4. Shore Temple, India

Shore Temple atau Kuil Pantai adalah kompleks kuil suci yang menghadap ke pantai Teluk Benggala.

Kuil ini terletak di Mahabalipuram, sekitar 60 km selatan Chennai di Tamil Nadu, India.

Shore Temple merupakan candi struktural yang dibangun dengan balok granit, yang berasal dari abad ke-8 Masehi.

Dilansir dari Britannica, Shore Temple memiliki dua kuil, satu didedikasikan untuk Siwa dan yang lainnya untuk Wisnu.

Gayanya dicirikan oleh menara tipe kutina piramidal yang terdiri dari tingkat bertingkat yang di atasnya terdapat kubah dan finial, suatu bentuk yang sangat berbeda dari sikhara India utara.

Monumen dan kuil Mamallapuram, termasuk kompleks Kuil Pantai, secara kolektif ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1984.

Harga tiket masuk ke Shore Temple yaitu sebesar 10 rupee India untuk turis lokal atau Rp1.859, dan turis mancanegara dikenakan biaya masuk sebesar 340 rupee atau Rp63.227. Sementara tiket masuk untuk anak-anak gratis.

Shore temple
Shore temple. foto/istockphoto


5. Karnak Temple, Mesir

Kompleks Kuil Karnak atau yang biasanya disebut Karnak, merupakan situs candi besar yang meliputi reruntuhan kuil, tiang dan bangunan-bangunan lainnya, terutama Kuil Agung Amen dan bangunan besar lainnya.

Karnak Temple ini dibangun oleh Firaun Ramesses II, yang terletak di dekat Luxor, sekitar 500 km sebelah selatan Kairo, Mesir.

Dilansir dari Britannica, Karnak dan daerah Thebes kuno lainnya, termasuk Luxor, Lembah Para Raja, dan Lembah Para Ratu secara kolektif ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979.

Biaya masuk ke komplek kuil Karnak adalah sebesar 200 Pound Mesir atau sekitar Rp154.947.

Karnak Temple
Karnak Temple. foto/istockphoto


6. Wat Arun, Thailand

Wat Arun adalah candi Buddha yang terletak di distrik Bangkok Yai, Bangkok, Thailand, tepatnya di barat hulu sungai Chao Phraya.

Mengutip situs Britannica, nama panjang dari candi ini adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara.

Wat Arun Rajwararam atau Candi Fajar, diambil dari nama Dewa Fajar, Aruna. Wat Arun dianggap salah satu situs yang paling terkenal di Thailand.

Wat Arun buka setiap hari Senin-Minggu, pukul 8.30 am-5.30 pm. Harga tiket masuk yaitu sebesar 50 baht Thailand atau sebesar Rp21.050.

Selain candi-candi dan kuil peningalan sejarah ada juga lokasi wisata lainnya di dunia, yang memiliki nilai sejarah seperti Machu Picchu di Peru dan Piramida di Mesir.

Dua lokasi tersebut menjadi wisata situs budaya dan sejarah yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Berikut daftar harga tiketnya.

Wat Arun
Wat Arun. foto/IStockphoto


7. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu merupakan sebuah situs lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut.

Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Menurut banyak sarjana, nama aslinya adalah Llaqtapata.

Melansir Britannica, Machu Picchu ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983.

Machu Picchu adalah daya tarik wisata yang paling penting secara ekonomi di Peru, karena mendatangkan pengunjung dari seluruh dunia.

Untuk itu pemerintah Peru ingin memulangkan material yang dibawa oleh Bingham ke Yale.

Di Machu Picchu terdapat hotel dengan restoran, dan pemandian air panas berada di desa terdekat, Aguas Calientes.

Jembatan Inca dan bagian lain dari Machu Picchu rusak akibat kebakaran hutan pada Agustus 1997, tetapi restorasi segera dimulai setelahnya.

Kekhawatiran atas kerusakan yang disebabkan oleh pariwisata diperparah dengan diskusi tentang pembangunan jalur kereta gantung ke lokasi tersebut.

Harga tiket masuk ke Machu Picchu yaitu sebesar 60 dolar AS untuk orang dewasa, atau sekitar Rp867.600, dan 30 dolar AS untuk anak-anak atau sekitar Rp433.935.

Sementara itu, untuk turis lokal dikenakan biaya sekitar 27 dolar AS atau Rp390.514 untuk dewasa, dan 12 dolar AS atau sekitar Rp173.562 untuk anak-anak.

Machu Picchu
Machu Picchu. foto/IStockphoto


8. Piramida, Mesir

Piramida Mesir adalah sebutan untuk piramida di Mesir yang merupakan piramida kuno berbentuk dengan struktur batu.

Dilansir dari Britannica, Piramida Giza didirikan di dataran tinggi berbatu di tepi barat Sungai Nil dekat Al-Jīzah (Giza) di Mesir utara.

Pada zaman kuno mereka termasuk di antara Tujuh Keajaiban Dunia. Reruntuhan kuno daerah Memphis, termasuk Piramida Giza, secara kolektif ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979.

Pada bulan November tahun 2008, diperkirakan bahwa terdapat 138 atau 118 jumlah piramida Mesir yang telah teridentifikasi.

Sebutan piramida Khufu, Khafre, dan Menkaure, sesuai dengan raja-raja untuk siapa piramida itu dibangun.

Piramida kelompok paling utara dan tertua dibangun untuk Khufu (Yunani: Cheops), raja kedua dari dinasti ke-4.

Disebut Piramida Besar, itu adalah yang terbesar dari ketiganya, panjang setiap sisi di dasarnya rata-rata 755,75 kaki (230 meter) dan tinggi aslinya adalah 481,4 kaki (147 meter).

Piramida tengah dibangun untuk Khafre (Yunani: Chephren), raja keempat dari delapan raja dinasti ke-4; struktur ini berukuran 707,75 kaki (216 meter) di setiap sisi dan awalnya setinggi 471 kaki (143 meter).

Piramida paling selatan dan terakhir yang akan dibangun adalah Piramida Menkaure (Yunani: Mykerinus), raja kelima dari dinasti ke-4; masing-masing sisi berukuran 356,5 kaki (109 meter), dan tinggi bangunan yang telah diselesaikan adalah 218 kaki (66 meter).

Untuk memasuki kompleks Piramida Giza, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Ada banyak pilihan, dari tiket masuk dasar hingga tur berpemandu lengkap.

Setelah Anda memiliki tiket, penting untuk mengetahui bahwa ada dua pintu masuk ke Piramida Giza.

Salah satunya adalah di sebelah Great Pyramid, dekat hotel Marriott Mena House. Yang kedua lebih jauh dari piramida di depan Sphinx.

Harga tiket masuk pe Piramida Giza yaitu sebesar 200 pound Mesir, atau sekitar Rp155.131. Sementara untuk masuk ke dalam Piramida, pengunjung dikenai biaya sebesar 400 pound Mesir, atau sebesar Rp310.258.

Harga-harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung pada kebijakan pengelola, dan harga kurs mata uang.

Piramida Mesir
Piramida di mesir. FOTO/iStockphoto



Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight