Demokrat Benarkan Soekarwo Ajukan Surat Pengunduran Diri ke Partai

Oleh: Bayu Septianto - 15 Agustus 2019
Demokrat membenarkan Soekarwo mengajukan surat pengunduran diri dari Partai Demokrat karena menjadi Komisaris Utama Semen Indonesia.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf membenarkan bahwa partainya telah menerima surat pengunduran diri Soekarwo sebagai kader Partai Demokrat.

Ketua DPD Demokrat Jawa Timur dan Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mundur lantaran ia mendapatkan jabatan sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk.

"Ya saya kira ini sudah menjadi rahasia umum ya bahwa Pakde Karwo memang diminta menjadi komisaris utama PT Semen Indonesia. Jadi beliau membuat surat pengunduran diri dari DPP," ujar Nurhayati di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Nurhayati menghargai keputusan Pakde Karwo selama berpolitik di Partai Demokrat. Demokrat sendiri telah mengantarkan Pakde Karwo menjadi Gubernur Jawa Timur selama dua periode.

Kata Nurhayati, meski surat sudah diajukan ke DPP namun ia yakin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tak akan menahan Soekarwo untuk mundur dari partai Demokrat. DPP Partai Demokrat sendiri belum memutuskan menerima surat pengunduran diri Soekarwo atau tidak.

"Jadi surat itu kami tahu sudah diterima tetapi apapun yang diputuskan ketua umum tentu yang terbaik," jelas Nurhayati.

Sementara itu dihubungi terpisah, Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio membenarkan kabar pengunduran diri Soekarwo. Soekarwo, kata Renville, sudah mengajukannya sejak Juli 2019 lalu.

"Surat pengunduran sudah diserahkan sehak bulan Juli," ucap Renville.


Baca juga artikel terkait PARTAI DEMOKRAT atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - )

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight