Daftar Proyek Tol yang Diminta Jokowi Segera Rampung 2019

Oleh: Irwan Syambudi - 11 Desember 2018
Jokowi wanti wanti dan berpesan agar proyel jalan tol selesai sepenuhnya di April 2019 dari Lampung-Palembang.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mewanti-wanti kementerian PUPR untuk menyelesaikan sejumlah proyek jalan tol di Indonesia pada tahun 2019. Beberapa di antaranya, kata dia, harus bisa diresmikan pada awal tahun depan.

Ia menyebut misalnya, jalan tol Lampung-Palembang sepanjang 380 km yang harus diresmikan pada April 2019. "Saya wanti wanti, pesan bener selesai sepenuhnya di April 2019 dari Lampung-Palembang," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018).

Ia juga meminta tol Surabaya-Jakarta tersambung hinffa akhir bulan ini. Sehingga, kata mantan gubernur DKI Jakarta tersebut, ruas tol Merak hingga Surabaya terkoneksi hingga akhir tahun nanti.

"Tol Surabaya Jakarta akan sambung di akhir 2018. Artinya sebentar lagi kita lakukan. Tinggal beberapa ruas yang belum selesai yaitu batang Semarang, Salatiga Solo, wilangan Kertosono, Kita harapkan nantinya antara Merak sampai Banyuwangi akan kita selesaikan di akhir 2018," tuturnya.

Selanjutnya, adalah tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh yang diharapkan bisa terkoneksi dan digunakan pada akhir Desember atau natal dan tahun baru 2019.

"Trans Sumatera dari Lampung-Aceh. Ini dari Lampung-Palembang Akhir Desember ini harus selesai satu ruas lebih dulu yang dari Bakaehuni," tuturnya.

Tidak hanya proyek jalan tol, sejumlah proyek pelabuhan pun ditarget selesai 2019. "Pelabuhan besar di Sumatera Utara awal bulan depan bisa kita resmikan. Termasuk Makassar Newport diharapkan selesai awal 2019," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait PROYEK JALAN TOL atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight