Daftar Obat Penambah Darah Alami dari Buah dan Tumbuhan

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 21 Sep 2022 11:17 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Zat besi sebagai mineral penambah darah dapat diperoleh secara alami melalui konsumsi buah-buahan dan tumbuhan.
tirto.id - Anemia menjadi penyakit yang lazim terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang berpotensi mengalaminya seperti perempuan yang sedang haid atau perempuan hamil. Pasien dengan kondisi medis tertentu juga bisa terkena anemia seperti sakit ginjal dan kondisi kronis lainnya.

Anemia merupakan penyakit yang dikaitkan dengan rendahnya kadar sel darah merah (hemoglobin). Padahal, hemoglobin sangat diperlukan dalam pengangkutan oksigen, nutrisi, hingga vitamin ke seluruh bagian tubuh.

Mengutip laman RSUD Sawahlunto, ada kalanya produksi hemoglobin pada tubuh tidak maksimal. Pemicunya adalah kurangnya asupan zat besi. Mineral tersebut sangat dibutuhkan dalam produksi hemoglobin.

Gejala kurang darah atau anemia



Saat kekurangan zat besi, kemungkinan produksi hemoglobin ikut menurun. Akhirnya timbul berbagai gejala anemia. Menurut laman RS Ciputra, berbagai gejala yang dapat dirasakan adalah:
  • Muncul rasa pusing, kepala terasa ringan, sampai rasa ingin pingsan
  • Detak jantung tidak teratur dan dapat lebih cepat atau lebih lambat
  • Kepala sakit
  • Rasa sakit di bagian tulang, dada, perut, dan persendian
  • Tarikan napas lebih pendek
  • Warna kulit tampak pucat atau kuning
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Mudah lelah dan lemah

Makanan alami penambah darah



Solusi bagi orang yang mengalami kurang darah atau anemia biasanya akan diresepkan suplemen zat besi. Dengan begitu, asupan zat besi tercukupi dan proses pembentukan hemoglobin kembali optimal.

Kendati demikian, pemenuhan zat besi juga bisa dilakukan secara alami. Zat besi dalam kadar tinggi ditemukan pula pada berbagai jenis buah dan sayuran. Berikut ragam pilihannya:

1. Bayam

Segelas bayam memiliki kurang lebih 12mg zat besi. Angka ini memenuhi sekira hampir 50 persen kebutuhan zat besi harian.

2. Brokoli

Selain zat besi, brokoli memiliki kandungan asam folat cukup tinggi. Kandungan vitamin C di dalamnya turut membantu penyerapan zat besi dalam tubuh lebih baik.

3. Kacang hijau

Dalam kacang hijau terdapat kandungan zat besi, asam folat, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalsium, magnesium, dan natrium. Semua zat tersebut membuat mengatasi masalah kurang darah.

4. Jambu biji

Jambu biji diyakini dapat meningkatkan produksi darah. Buah ini kerap dijadikan makanan pendamping bagi penderita demam berdarah dengue (DBD) untuk meningkatkan trombosit karena zat besinya tinggi.

5. Buah naga

Buah yang kaya antioksidan ini juga penuh dengan zat besi. Ada pula kandungan tinggi untuk fosfor dan kalium.

6. Jeruk

Dalam buah jeruk ada kandungan zat besi dan asam folat. Kegunaan asam folat salah satunya mengikat oksigen dan sangat membantu proses pembentukan hemoglobin lebih cepat.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight