tirto.id - Contoh tugas proyek IPS Kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka perlu diketahui oleh guru maupun peserta didik. Sebab, dalam kurikulum merdeka, indikator penilaian tidak hanya dari ujian soal.
Dalam materi IPS kelas 8 Kurikulum Merdeka, tugas proyek bisa berupa kegiatan individu maupun kelompok. Temanya tugas proyek akan mengikuti pembahasan di materi IPS Kelas 8
Materi IPS Kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka memuat 2 bab pembahasan. Kedua bab itu ialah "Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa" serta "Pembangunan Perekonomian Indonesia." Untuk 2 materi itu, terdapat tugas proyek masing-masing yang bisa diberikan oleh guru pada peserta didik.
Proyek adalah pekerjaan dengan rencana dan sasaran khusus serta waktu penyelesaiannya diatur secara jelas. Penilaian tugas proyek untuk mengukur kemampuan siswa menyelesaikan tugas pada waktu tertentu berdasarkan pemahaman terhadap materi. Tugas proyek juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilan peserta didik.
Tugas proyek menjadi salah satu karakteristik khas di Kurikulum Merdeka. Penerapannya untuk mendukung pengembangan karakter peserta didik sesuai profil pelajar Pancasila. Guru memiliki kebebasan dalam memberikan proyek pembelajaran yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Contoh Tugas Proyek IPS Kelas 8 Materi Nasionalisme
Ada banyak contoh tugas proyek yang bisa diberikan oleh guru untuk mengukur pemahaman para peserta didik terhadap Materi IPS Kelas 8 Bab Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa.
Di bab Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa, ada beberapa sub-pembahasan. Tugas proyek materi ini bisa disesuaikan dengan beberapa sub-pembahasan yang ada.
Mengutip buku untuk guru IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbudristek dan sumber-sumber lain, berikut sejumlah contoh Tugas Proyek Materi Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa:
a. Tugas Proyek Individu
1. Membuat Kliping
Setiap peserta didik membuat proyek pembuatan kliping tentang organisasi pergerakan kemerdekaan Indonesia. Kliping memuat informasi latar belakang, tokoh penggerak, dan usaha-usaha yang diperjuangkan oleh suatu organisasi pergerakan kemerdekaan.
2. Membuat Esai
Setiap peserta didik bisa mengerjakan tugas menyusun esai untuk menuangkan gagasan maupun analisis. Misalnya, menulis esai dengan tema "Generasi Muda Harapan Bangsa" atau "Konflik Sosial di Indonesia pada Era Digital."
3. Membuat infografis
Peserta didik membuat karya proyek infografik (infografis) terkait materi kemerdekaan Indonesia. Infografis yang dibuat dapat menjadi salah satu nilai keterampilan.
b. Tugas Proyek Kelompok
1. Membuat komik
Secara berkelompok, peserta didik membuat komik tentang perjalanan bangsa Indonesia, dengan salah satu tema yang tersedia. Misalnya, tema "perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia pada 1945."
Guru bisa mendorong peserta didik mengembangkan kreativitas serta inovasi mengembangkan sebuah produk kreatif yang menarik. Dengan begitu, peserta didik memiliki keterampilan baru.
2. Membuat Video
Secara berkelompok, peserta didik membuat video yang menunjukkan gambaran integrasi sosial. Video tersebut bisa berupa Vlog yang berdurasi 5-10 menit.
3. Membentuk Grup Investigasi (kelompok peneliti)
Peserta didik bisa diminta melakukan investigasi berkelompok (group investigation) guna menganalisis konflik sosial di sekitarnya. Setiap kelompok bisa berisi 3-4 siswa/siswi.
Masing-masing kelompok bisa diminta menemukan bentuk konflik sosial di sekitarnya, bisa sekolah maupun rumah. Kemudian, mencari tahu faktor penyebab konflik dan merumuskan ide solusi penyelesaiannya.
Hasil penelitian sederhana dan pengamatan tiap kelompok lalu dipresentasikan ke dalam bentuk power poin untuk disampaikan di depan kelas.
Contoh Tugas Proyek Materi Pembangunan Ekonomi
Berikut sejumlah contoh tugas proyek untuk materi Pembangunan Perekonomian Indonesia di IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka:
1. Tugas Proyek Individu
a. Membuat infografis
Membuat infografis tentang kondisi perekonomian Indonesia pada masa Orde Baru.
b. Membuat karya tulis/gambar
Membuat unggahan blog yang berisi tulisan atau poster/infografis terkait perkembangan ekonomi Indonesia pada masa reformasi, sesuai hasil diskusi dalam kelas.
c. Menulis esai
Membuat esai yang membahas tema tentang kegiatan ekonomi pada era digital dan internet. Atau, tema perkembangan ekonomi Indonesia pada era digital.
2. Tugas Proyek Kelompok
a. Memanfaatkan aplikasi e-commerce
Kegiatan kelompok bisa berupa membuat video penjualan produk di aplikasi Tiktok. Atau, membuat toko online di e-commerce dengan menjual barang-barang bekas pakai.
b. Membuat penelitian kecil
Setiap kelompok (bisa berisi 4 peserta didik) melakukan wawancara dan observasi kepada pelaku usaha kecil di lingkungan sekitarnya. Informasi yang dicari ialah kendala serta strategi usaha pelaku UMKM di lingkungan sekitar, termasuk pendapatan mereka. Hasil penelitian bisa dipresentasikan di depan kelas dengan laporan berupa power point.
c. Kelompok diskusi untuk perumusan rencana
Peserta didik bisa mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku/internet) maupun wawancara, dan kemudian membahasnya dalam diskusi.
Diskusi membahas perumusan rencana pengembangan ekonomi berbasis teknologi. Contohnya, rencana pengembangan usaha kecil di sekitar dengan pemasaran online. Hasil diskusi lalu dipresentasikan di depan kelas.
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom