Menuju konten utama

90 Contoh Soal Tes Tertulis OSIS SMP, SMA, SMK dan Jawabannya

Tes tulis OSIS tak hanya memuat pertanyaan tentang organisasi. Simak 90 contoh soal tes tulis OSIS SMP, SMA, SMK beserta jawabannya di sini.

90 Contoh Soal Tes Tertulis OSIS SMP, SMA, SMK dan Jawabannya
OSIS SMP. FOTO/smpn3depoksleman.sch.id/

tirto.id - Pada awal tahun ajaran sekolah, biasanya ada pergantian kepengurusan OSIS. Meski tak semuanya, banyak sekolah menggelar tes tulis OSIS untuk menjaring kandidat pengurus baru, termasuk calon ketua dan wakil ketua.

Penyelenggaraan tes tulis OSIS diharapkan bisa menyaring kandidat pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah yang kompeten. Bagaimanapun juga, posisi pengurus OSIS perlu diisi siswa kompeten dan memiliki karakter pemimpin.

Isi tes tertulis OSIS umumnya terkait dengan motivasi berorganisasi, perilaku kerja sama, pengetahuan umum, kepemimpinan, hingga penalaran. Namun, tingkat kesulitan soal tes tulis OSIS akan disesuaikan dengan jenjang sekolah calon pengurus.

Soal tes tulis OSIS SMP lebih sederhana dibandingkan pertanyaan untuk siswa SMA. Beda fokus pertanyaan juga bisa terjadi di soal tes tulis OSIS SMA dan SMK.

Sebagian soal tes tulis calon pengurus OSIS juga terkait dengan pendapat pribadi. Maka itu, tidak ada jawaban benar dan salah. Pertanyaan seperti ini sebaiknya dijawab dengan sejujur-jujurnya. Penilaian akan sepenuhnya menjadi hak juri atau pembina OSIS.

Sejumlah contoh soal tes tulis OSIS di bawah ini bisa menjadi referensi. Namun, masing-masing sekolah dapat menerapkan pola tes tertulis OSIS yang berbeda. Contoh soal yang ada di sini lebih cocok dijadikan sebagai kisi-kisi.

Untuk lebih jelasnya, simak kumpulan contoh soal tes tulis OSIS SMP, SMA, SMK beserta jawabannya berikut! Ada 90 soal tes tulis OSIS, masing-masing 30 untuk setiap jenjang sekolah.

Kumpulan Soal Tes Tulis OSIS SMP dan Jawabannya

Tes tulis OSIS di jenjang SMP terbagi menjadi beberapa kelompok pertanyaan. Berikut ini sejumlah contoh soal tes tulis OSIS SMP dan jawabannya:

A. Soal Tes Tulis SMP Pilihan Ganda

1. Kepanjangan OSIS adalah....

  • a. Organisasi Siswa Interaksi Sekolah
  • b. Organisasi Siswa Inter Sekolah
  • c. Organisasi Siswa Induk Sekolah
  • d. Organisasi Siswa Intra Sekolah
Jawaban: d

2. Pengurus OSIS merupakan siswa-siswa pilihan. Pihak yang memilih pengurus OSIS adalah...

  • a. Guru dan siswa
  • b. Kepala Sekolah dan guru
  • c. Seluruh siswa anggota OSIS
  • d. Pembina OSIS
Jawaban: d

3. Di sekolah, anggota OSIS terdiri atas...

  • a. Seluruh siswa
  • b. Semua siswa dan para guru
  • c. Semua siswa, guru, dan staf tata usaha
  • d. Semua warga sekolah
Jawaban: a

4. Pihak yang bertanggung jawab atas pengaturan dan pengelolaan organisasi OSIS adalah...

  • a. Kepala Sekolah dan Pembina OSIS
  • b. Waka Bidang Kesiswaan dan Pembina OSIS
  • c. Ketua dan Wakil Ketua OSIS
  • d. Semua anggota OSIS
Jawaban: c

5. Ketua dan Wakil Ketua OSIS melaporkan setiap kegiatan OSIS kepada....

  • a. Kepala Sekolah
  • b. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
  • c. Pengurus OSIS
  • d. Pembina OSIS
Jawaban: c

B. Soal Tes Tulis SMP Keorganisasian dan Kepemimpinan

6. Apa yang kamu ketahui tentang organisasi OSIS dan fungsinya? Jelaskan!

Jawaban: OSIS adalah satu-satunya organisasi yang berada di dalam lingkungan sekolah, terutama sekolah menengah, yang keberadaannya diakui. Fungsi OSIS adalah untuk jadi sarana berorganisasi para siswa sekaligus menjadi ruang pembinaan berorganisasi.

7. Apa tujuan dan motivasi kamu menjadi anggota pengurus OSIS?

Jawaban: Saya ingin belajar berorganisasi dan mendapatkan banyak pengalaman dalam bekerja sama dengan tim. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

8. Apa yang akan kamu lakukan jika terpilih menjadi anggota pengurus OSIS?

Jawaban: Saya akan berusaha terlibat aktif dalam berbagai kegiatan OSIS, serta semakin serius dalam belajar agar tidak tertinggal dari teman lain. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

9. Jika tidak terpilih menjadi ketua OSIS, apa yang akan kamu lakukan?

Jawaban: Saya akan menghormati hasil pemilihan ketua OSIS. Saya akan tetap aktif di berbagai kegiatan OSIS dan mendukung upaya ketua dalam mengelola organisasi OSIS. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

10. Saat menjadi ketua OSIS, apa tindakan kamu jika ada anggota pengurus OSIS yang tidak aktif?

Jawaban: Saya akan berusaha mengingatkannya agar kembali aktif dan memberi motivasi supaya bersemangat lagi dalam berorganisasi.

11. Sebutkan kelemahan dan kelebihan kamu sebagai seorang pelajar!

Jawaban: Saya rajin belajar, suka berteman dengan siapa saja, dan bersemangat untuk mendapatkan pengalaman baru, terutama dalam berorganisasi. Kelemahan saya adalah mudah tersinggung jika dihina teman, dan takut salah jika berbuat sesuatu. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

12. Bagaimana kamu bersikap jika ada anggota pengurus OSIS yang melanggar aturan tata tertib di sekolah?

Jawaban: Saya akan mengingatkan dan menasihatinya agar tidak mengulangi kesalahan. Namun, jika menolak atau melanjutkan pelanggaran, saya akan melapor kepada guru dan pembina OSIS. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

C. Soal Tes Tulis OSIS SMP Pengetahuan Umum

13. Sebutkan 10 nama pahlawan Indonesia laki-laki dan perempuan (masing-masing 5)!

Jawaban: 5 pahlawan nasional laki-laki adalah Pangeran Diponegoro, Jenderal Soedirman, Sultan Hasanuddin, Kapitan Pattimura, Ir. Sukarno. 5 Pahlawan nasional wanita adalah RA Kartini, Cut Nyak Dien, Dewi Sartika, Martha Christina Tiahahu, Rasuna Said.

14. Berapa jumlah provinsi di Indonesia saat ini?

Jawaban: 38 Provinsi.

15. Sebutkan nama-nama presiden Republik Indonesia dari yang pertama hingga kedelapan!

Jawaban: Sukarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, Soesilo Bambang Yudhoyono, Joko Widodo, Prabowo Subianto.

16. Jelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika!

Jawaban: Berbeda-beda tapi tetap satu jua. Artinya, meskipun bangsa Indonesia terdiri atas masyarakat yang berbeda-beda suku, ras, dan agamanya, tetapi tetap bersatu di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

17. Sebutkan lambang lima sila Pancasila!

Jawaban: Bintang tunggal (Lambang Sila ke-1), Rantai emas (Lambang Sila ke-2), Pohon Beringin (Lambang Sila ke-3), Kepala Banteng (Lambang Sila ke-4), Padi dan Kapas (Lambang Sila ke-5).

18. Sebutkan nama pelukis lukisan Mona Lisa!

Jawaban: Leonardo Davinci.

19. Sebutkan nama 3 maestro pelukis asal Indonesia!

Jawaban: Affandi, Basuki Abdullah, Raden Saleh.

20. Sebutkan 3 pulau terluas di Indonesia secara berurutan!

Jawaban: Papua, Kalimantan, Sumatra.

21. Bintang adalah benda langit. Semua bintang bersinar. Matahari memancarkan sinar. Maka....

Jawaban: Matahari adalah bintang.

22. Jika rapat pengurus OSIS dimulai pukul 11:33 dan berlangsung selama 27 menit, rapat akan berakhir pada...

Jawaban: pukul 12.00.

23. Sebutan lain untuk wilayah kepulauan di Indonesia adalah...

Jawaban: Nusantara.

24. Kepala pemerintahan di Indonesia adalah...

Jawaban: Presiden.

25. Ibu kota Indonesia yang baru berada di pulau...

Jawaban: Kalimantan.

26. Provinsi yang terletak di ujung barat wilayah Indonesia adalah...

Jawaban: Aceh

27. Ada berapa provinsi di Pulau Jawa?

Jawaban: Enam provinsi.

28. Presiden RI yang ketiga adalah....

Jawaban: BJ Habibie.

29. Selain Jakarta, kota lain di pulau Jawa yang pernah menjadi ibu kota RI adalah...

Jawaban: Yogyakarta.

30. Kepala daerah di tingkat provinsi disebut...

Jawaban: Gubernur.

Kumpulan Soal Tes Tulis OSIS SMA dan Jawabannya

Pertanyaan dalam tes tulis OSIS untuk jenjang SMA sebenarnya memiliki pola tidak jauh berbeda dengan SMP. Hanya saja, tingkat kerumitan soal lebih tinggi. Berikut ini sejumlah contoh soal tes tulis OSIS SMA:

A. Soal Tes Tulis OSIS Pilihan Ganda untuk SMA

1. Maksud dari kata "intra" dalam kepanjangan OSIS adalah....

  • a. OSIS adalah bagian dari organisasi-organisasi sekolah
  • b. OSIS merupakan organisasi khusus dalam sekolah
  • c. OSIS merupakan organisasi di dalam lingkungan sekolah
  • d. OSIS adalah organisasi para siswa di sekolah
Jawaban: c

2. Dalam struktur kepengurusan OSIS, sering ada istilah Sekbid. Kepanjangannya adalah...

  • a. Sekretaris Bidang
  • b. Seksi Bidang
  • c. Sekretariat Bidang
  • d. Sertifikasi Bidang
Jawaban: a

3. Berikut merupakan beberapa contoh sikap kepemimpinan yang tepat dalam organisasi, kecuali…

  • a. Menjalankan keputusan yang sudah dibuat
  • b. Tegas dalam menjalankan keputusan
  • c. Bertanggung jawab dalam menjalankan tugas
  • d. Mencermati kesalahan bawahan
Jawaban: d

4. Di bawah ini merupakan berbagai fungsi dari OSIS di sekolah, kecuali...

  • a. OSIS menjadi wadah kegiatan peserta didik di sekolah
  • b. OSIS menjadi wadah pembinaan karakter dan akhlak siswa
  • c. OSIS menjadi wadah untuk membentuk kepemimpinan siswa
  • d. OSIS menjadi wadah bagi siswa untuk mendapatkan sertifikat
Jawaban: d

5. Misi utama pengurus OSIS yang harus dilaksanakan selama berorganisasi di sekolah adalah...

  • a. Meningkatkan partisipasi siswa dalam upaya memajukan bangsa
  • b. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam berbagai program sekolah
  • c. Memperbaiki nilai akademis dan non-akademis semua siswa
  • d. Meningkatkan keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
Jawaban: b

6. Ketika sekolah menggelar kegiatan, apakah kamu bersedia menyediakan waktu untuk turut berpartisipasi secara aktif?

  • a. Saya siap
  • b. Saya siap jika tertarik
  • c. Saya siap terlibat dan berperan aktif
  • d. Saya janji akan selalu ikut
Jawaban: c

7. Saat melihat perkelahian antar-siswa di sekolah, sikap kamu sebagai pengurus OSIS adalah...

  • a. Melerai perkelahian
  • b. Diam dan tidak mau terlibat
  • c. Melaporkan kepada guru
  • d. Ikut berkelahi
Jawaban: a

8. Saat melihat ada guru sibuk membersihkan halaman sekolah, tindakan yang akan kamu lakukan adalah...

  • a. Menyemangati guru yang membersihkan halaman sekolah
  • b. Membantu guru membersihkan halaman sekolah
  • c. Menyapa guru dengan hormat dan melanjutkan aktivitas
  • d. Melihat cara guru membersihkan halaman sekolah
Jawaban: b

9. Waktu yang tepat untuk digunakan untuk menggelar rapat pengurus OSIS adalah...

  • a. Saat jam pelajaran berlangsung
  • b. Setelah pulang sekolah
  • c. Waktu jam istirahat pelajaran
  • d. Akhir jam pelajaran sekolah
Jawaban: c

10. Saat memimpin organisasi dan mengetahui ada bawahan melakukan kesalahan, sikap kamu adalah...

  • a. Diam dan membiarkan
  • b. Menasihatinya sambil memberi semangat
  • c. Memanggilnya dan memarahinya
  • d. Menunjukkan sikap marah dan tidak senang
Jawaban: b

B. Soal Tes Tulis OSIS SMA Keorganisasian dan Kepemimpinan

11. Sebutkan tugas dan tanggung jawab ketua OSIS!

Jawaban: Beberapa tugas dan tanggung jawab ketua OSIS adalah:

  • Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana
  • Melakukan koordinasi dengan semua pengurus melalui rapat pengurus
  • Menerapkan aturan organisasi sesuai yang direncanakan melalui rapat pengurus
  • Memimpin rapat pengurus OSIS
  • Menetapkan keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat pengurus OSIS.
12. Selain OSIS, apa pengalaman kamu dalam berorganisasi?

Jawaban: Saya pernah menjadi pengurus OSIS di tingkat SMP. Saya juga terlibat sebagai pengurus organisasi pemuda di lingkup RT. Saya juga pernah terlibat sebagai pantia untuk penyelenggaraan acara selama bulan Ramadhan di masjid dekat rumah. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

13. Jika ada kegiatan OSIS yang waktunya bersamaan dengan jam pelajaran, apa yang akan kamu lakukan?

Jawaban: Jika kegiatan OSIS bersamaan dengan waktu pelajaran, saya akan meminta izin dari guru untuk mengikutinya. Bila diizinkan, saya akan mengikuti kegiatan itu. Selain itu, saya akan meminta saran guru agar tidak ketinggalan pelajaran. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

14. Jika menjadi pengurus OSIS, apa yang akan kamu lakukan jika ada siswa kedapatan bolos masuk sekolah?

Jawaban: Saya akan menasihatinya bahwa bolos sekolah merupakan tindakan yang salah dan merugikan diri sendiri. Namun, jika dia menolak nasihat saya, atau malah mengulang pelanggarannya, saya akan melaporkan siswa tersebut pada guru BK atau pembina OSIS. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

15. Jika menjadi pengurus OSIS, apa yang akan kamu lakukan untuk menyeimbangkan waktu belajar dan kegiatan organisasi?

Jawaban: Saya akan tetap memprioritaskan waktu untuk belajar, sambil berusaha agar selalu aktif dalam kegiatan organisasi OSIS. Jika ada waktu belajar yang harus ditinggal karena kegiatan OSIS, saya akan berusaha menggantinya di lain waktu. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

16. Apa ingin maju dalam pemilihan ketua OSIS? Jika iya, apa yang memotivasi kamu ingin menjadi ketua OSIS?

Jawaban: Tidak, saya hanya ingin aktif sebagai pengurus OSIS [Jika tidak ingin jadi ketua OSIS].

Jawaban: Iya, saya ingin maju dalam pemilihan ketua OSIS. Alasannya, saya ingin mengembangkan kapasitas kepemimpinan saya secara lebih optimal. Mengelola organisasi dengan posisi sebagai ketua akan memberikan banyak pengalaman bagi saya dalam memimpin tim. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

17. Sebutkan kelemahan dan kelebihan kamu dalam konteks aktivitas berorganisasi!

Jawaban: Saya mampu bekerja sama dalam tim dan bisa berkoordinasi dengan baik. Saya juga bisa menyeimbangkan aktivitas belajar dan organisasi. Namun, saya memang lemah dalam hal pengendalian emosi. Saya sering kehilangan motivasi jika ada teman dalam satu tim yang tidak aktif melaksanakan keputusan bersama. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

18. Apabila terpilih sebagai ketua OSIS, apa yang akan kamu lakukan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam berbagai program sekolah?

Jawaban: Saya dan teman-teman pengurus akan merancang program sosialisasi program sekolah dengan cara menarik, seperti lewat poster dan media sosial. Saya juga akan membuat program kotak saran untuk mewadahi aspirasi para siswa tentang kegiatan atau program sekolah yang menarik minat mereka. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

19. Sebutkan 3 kriteria utama yang harus ada dalam diri sosok ketua OSIS SMA!

Jawaban: Memiliki jiwa kepemimpinan, bisa menjadi teladan bagi siswa lain, dan mampu memisahkan urusan pribadi dengan organisasi. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

20. Para pengurus OSIS diharapkan menjadi panutan bagi siswa lain. Jika menjadi pengurus OSIS, apa yang akan kamu lakukan agar menjadi teladan bagi siswa lain?

Jawaban: Saya akan berusaha selalu mematuhi peraturan tata tertib di sekolah. Selain itu, saya juga akan berupaya menyeimbangkan antara waktu belajar dan kegiatan di organisasi. Saya akan berusaha belajar serius supaya prestasi akademik saya tidak turun saat menjadi pengurus OSIS. Dalam bergaul, saya akan berusaha akrab dan ramah dengan semua siswa tanpa membeda-bedakan siapa mereka. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban sesuai pendapat pribadi].

C. Soal Tes Tulis OSIS SMA Pengetahuan Umum dan Penalaran

21. Agar tidak mencemari lingkungan, sampah harus dikelola dengan prinsip 4R. Apa yang dimaksud dengan prinsip 4R?

Jawabaan: Prinsip 4R adalah Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), dan Replace (menggantikan).

22. Cabang ilmu biologi yang mempelajari penurunan sifat pada makhluk hidup adalah....

Jawaban: Ilmu pewarisan atau hereditas yang disebut juga genetika.

23. Cabang Matematika yang mengkaji tentang sudut, segitiga, serta konsep sin, cos, dan tan adalah...

Jawaban: Trigonometri.

24. Gunung api tertinggi di Indonesia adalah.....

Jawaban: Gunung Kerinci.

25. Karena terletak di antara tiga lempeng tektonik dan kawasan cicin api sirkum pasifik, wilayah Indonesia rawan mengalami....

Jawaban: Bencana gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung api.

26. Organisasi PBB yang menangani urusan pengembangan pendidikan dan kebudayaan adalah...

Jawaban: UNESCO

27. Semboyan Bhinneka Tuggal Ika dicuplik dari kita ....yang dikarang oleh....pada masa pemerintahan....

Jawaban: Bhinneka Tuggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma yang dikarang Mpu Prapanca pada masa pemerintahan Raja Majapahit Hayam Wuruk.

28. Sebutkan 5 kekayaan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai warian tak benda dunia!

Jawaban: Batik, Songket, Tari Saman, Wayang, dan Keris.

29. Bintang adalah benda langit. Semua bintang mengeluarkan cahaya. Matahari adalah benda langit yang bersinar. Maka....

Jawaban: Matahari adalah bintang.

30. Di satu ruangan, ada 3 kotak. Salah satunya berisi hadiah, dan dua kotak lain kosong. Kamu boleh memilih satu kotak. Setelah memilih, penjaga akan membuka satu dari dua kotak yang tersisa dan menunjukkan bahwa kotak tadi kosong. Lalu, kamu mendapatkan pilihan untuk tetap pada pilihan awal atau mengganti ke kotak yang lain. Untuk meningkatkan peluang mendapatkan hadiah, apa yang kamu lakukan?

Jawaban: Mengganti pilihan kotak.

Kumpulan Soal Tes Tulis OSIS SMK dan Jawabannya

Dari segi pola maupun tingkat kerumitannya, soal tes tulis OSIS SMK tidak jauh berbeda. Akan tetapi, fokus pertanyaan agak berlainan. Berikut daftar contoh soal tes tulis OSIS di SMK:

A. Soal Tes Tulis OSIS SMK Pilihan Ganda

1. Secara struktural, aktivitas organisasi OSIS berada di bawah koordinasi dan pembinaan Wakil Kepala Sekolah bidang…

  • a. Akademik
  • b. Kurikulum
  • c. Kesiswaan
  • d. Kerja sama
Jawaban: c

2. Salah satu tugas pengurus OSIS adalah…

  • a. Melaksanakan kerja bakti membersihkan sekolah
  • b. Merancang program kerja organisasi siswa intra sekolah
  • c. Menjaga ketertiban siswa dan keamanan sekolah
  • d. Menjadi petugas upacara bendera
Jawaban: b

3. Di antara pernyataan berikut yang termasuk peran pengurus OSIS dalam menjaga tata tertib di sekolah adalah…

  • a. Menghukum siswa yang melanggar tata tertib
  • b. Mengadukan dan mencatat siswa yang melanggar tata tertib
  • c. Memberikan contoh kepada siswa lain untuk melaksanakan tata tertib sekolah
  • d. Menegur siswa yang melanggar tata tertib
Jawaban: c

4. Dalam struktur organisasi OSIS, biasanya ada Sekbid Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME. Salah satu kegiatan Sekbid ini adalah…

  • a. Mengadakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS
  • b. Menggelar acara peringatan hari besar nasional di sekolah
  • c. Mendata keyakinan agama semua siswa di sekolah
  • d. Mengadakan peringatan hari besar keagamaan di sekolah
Jawaban: d

5. Untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan para siswa SMK, salah satu contoh program yang bisa dibentuk oleh pengurus OSIS adalah...

  • a. Membuat koperasi siswa
  • b. Menerangkan makna kewirausahaan
  • c. Mengajak siswa berdagang
  • d. Mengajak siswa jadi pengusaha
Jawaban: a

6. Dalam pengambilan keputusan, pengurus OSIS sebainnya mengutamakan metode...

  • a. Menanti kebijaksanaan Ketua OSIS
  • b. Menunggu perintah kepala sekolah
  • c. Musyawarah mufakat
  • d. Voting
Jawaban: b

7. Contoh kegiatan menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan yang bisa digelar oleh pengurus OSIS SMK adalah...

  • a. Pelatihan daur ulang sampah plastik untuk menjadi kerajinan
  • b. Pelatihan jualan online
  • c. Pelatihan investasi
  • d. Pelatihan membuat mesin motor hemat energi
Jawaban: a

8. Nilai-nilai yang menjadi dasar perilaku manusia sesuai ajaran agama, kebudayaan, hukum, adat istiadat, dan estetika adalah....

  • a. Norma
  • b. Karakter
  • c. Tata tertib
  • d. Undang-undang
Jawaban: Norma

9. Lembaga negara yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan anggotanya adalah...

  • a. MA mengusulkan ke DPR
  • b. MK mengusulkan ke DPR
  • c. KY mengusulkan ke DPR
  • d. DPD mengusukan ke DPR
Jawaban: c

10. Sesuai dengan amanat UUD 1945, sokoguru perekonomian di Indonesia adalah...

  • a. BUMN dan BUMD
  • b. Koperasi
  • c. Perusahaan tambang
  • d. Ekonomi kerakyatan
Jawaban: b

B. Soal Tes Tulis OSIS SMK Keroganisasian dan Kepemimpinan

11. Jika menjadi pengurus OSIS, apa yang akan kamu lakukan untuk mengumpulkan dana kegiatan?

Jawaban: Saya dan teman-teman akan menyusun proposal pengajuan dana ke pihak sekolah. Dengan izin sekolah, saya dan teman-teman juga akan membuat proposal untuk meminta sumbangan dari alumni. Selain itu, saya dan teman-teman akan menggelar bazar barang bekas yang keuntungannya masuk kas organisasi. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

12. Mengapa setiap organisasi perlu memiliki visi dan misi?

Jawaban: Agar organisasi bisa memiliki arah dan fokus kegiatan, dasar untuk pengambilan keputusan, serta penguat koordinasi dan kerja sama pengurus.

13. Apa yang harus dilakukan oleh pengurus OSIS jika keterlibatan para siswa dalam kegiatan sekolah di luar pelajaran menurun?

Jawaban: Pengurus OSIS bisa menjaring aspirasi siswa lewat kotak saran atau survey. Lalu, dari hasil riset itu, pengurus OSIS mengambil langkah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

14. Jika menjadi ketua OSIS, apa yang akan kamu lakukan untuk mengevaluasi kinerja pengurus?

Jawaban: Saya akan mengadakan rapat evaluasi rutin setiap 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan sesuai kesepakatan dengan semua anggota pengurus. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

15. Jika menjadi wakil ketua OSIS, apa yang akan kamu lakukan jika ketua OSIS jarang aktif dalam kegiatan kepengurusan?

Jawaban: Saya akan berusaha bertanya kepada ketua OSIS tentang alasan dia tidak aktif. Saya juga akan berusaha menggantikan perannya sebatas kewenangan saya. Saya juga akan meminta pendapat anggota pengurus lain dan guru Pembina OSIS untuk mencari solusinya. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

16. Jika ada konflik yang terjadi antara anggota pengurus OSIS karena masalah perbedaan pendapat dalam organisasi, apa yang akan kamu lakukan sebagai ketua?

Jawaban: Saya akan berusaha memediasi keduanya untuk menyelesaikan konflik. Jika konflik masih terjadi, saya akan meminta guru pembina memediasi keduanya. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

17. Saat mendapatkan tugas sebagai koordinator tim penyelenggara acara, apa yang akan kamu lakukan jika ada anggota tim tidak melaksanakan tugas?

Jawaban: Saya akan bertanya alasan dia tidak melaksanakan tugas. Jika alasan bisa diterima, saya akan mencarikan penggantinya. Jika alasannya mengada-ada, saya akan berusaha mengingatkan dia akan pentingnya tanggung jawab. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

18. Apa yang akan kamu lakukan sebagai pengurus OSIS jika melihat ada siswa mencuri buku di perpustakaan?

Jawaban: Saya akan berusaha mendekati siswa tersebut, dan mananyakan alasannya mencuri. Lalu, saya akan berusaha menasihatinya agar mengembalikan buku itu dan tidak mengulangi perbuatannya. Jika dia masih bersikeras menolak, saya akan melaporkan siswa itu ke petugas perpustakaan. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

19. Menurut kamu, kenapa terlibat dalam organisasi OSIS penting?

Jawaban: Terlibat dalam kepengurusan OSIS akan membentuk jiwa kepemimpinan dan memberikan pengalaman berorganisasi. Keduanya merupakan kemampuan yang penting setelah masa sekolah, baik di lingkungan kerja, kampus, maupun sosial. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

20. Sebagai pengurus OSIS, apa yang akan kamu lakukan jika mengetahui ada tindakan bullying antar-siswa di sekolah?

Jawaban: Saya akan membahas masalah ini bersama pengurus untuk membicarakan langkah paling tepat agar bullying tidak berlanjut. Saya juga akan melaporkan kepada guru BK dan pembina OSIS tentang kasus bullying yang terjadi. [Catatan: tidak ada jawaban benar dan salah. Jawaban bisa sesuai dengan pendapat pribadi.]

C. Soal Tes Tulis OSIS SMK Pengetahuan Umum

21. Sidang BPUPKI pada 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 membahas....

Jawaban: Rumusan dasar negara

22. Sebutkan 2 contoh pengamalan nilai sila ke-4 Pancasila!

Jawaban: Mengambikl keputusan dengan musyawarah mufakat dan mematuhi keputusan dalam musyawarah.

23. Lembaga negara yang berkedudukan sebagai pemegang kekuasaan yudikatif adalah....

Jawaban: Mahkamah Agung (MA)

24. Salah satu lembaga yang menangani kasus korupsi di Indonesia adalah KPK. KPK singkatan dari...

Jawaban: Komisi Pemberantasan Korupsi

25. Contoh sektor manufaktur adalah...

Jawaban: Industri garmen.

26. Kepanjangan dari OJK adalah...

Jawaban: Otoritas Jasa Keuangan

27. Suku bunga acuan di Indonesia ditetapkan oleh....

Jawaban: Gubernur Bank Indonesia

28. Kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri disebut...

Jawaban: Impor

29. Lembaga PBB yang menangani masalah perdagangan adalah...

Jawaban: World Trade Organization (WTO)

30. Harga semua barang kebutuhan pokok cenderung naik dari waktu ke waktu.Beras adalah barang kebutuhan pokok. Maka...

Jawaban: Harga beras akan cenderung naik dari waktu ke waktu.

Baca juga artikel terkait OSIS atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Edusains
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dhita Koesno
Penyelaras: Addi M Idhom