Contoh Soal SKD CPNS 2023 dan Jawabannya dari Simulasi CAT BKN

Kontributor: Sulthoni, tirto.id - 18 Okt 2023 17:53 WIB
Dibaca Normal 20 menit
Berikut contoh Soal SKD CPNS 2023 dan jawabannya untuk materi TWK, TIU, dan TKP yang diambil dari Simulasi CAT BKN.
tirto.id - Contoh soal SKD CPNS 2023 dan jawabannya di artikel ini bisa dipelajari untuk persiapan jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar. Ada 100 soal SKD CPNS dan kunci jawabannya yang berupa pilihan ganda.

Soal-soal SKD CPNS itu bersumber dari portal Simulasi CAT BKN, laman resmi milik Badan Kepegawaian Negara untuk latihan tes SKD yang bisa diakses oleh publik. Soal-soal SKD di Simulasi CAT BKN merupakan kumpulan pertanyaan yang pernah muncul pada periode seleksi sebelumnya.

Dengan mengkaji contoh soal SKD CPNS dari portal itu, peserta seleksi dapat memahami pola pertanyaan yang sering muncul di Seleksi Kompetensi Dasar.

SKD CPNS adalah tahapan yang perlu diikuti oleh pelamar setelah dinyatakan lolos syarat administrasi. SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dilaksanakan dengan sistem tes berbasis komputer (CAT).

Materi SKD CPNS terdiri atas tiga jenis soal, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


TWK adalah tes yang berkaitan dengan tema nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa negara. Kemudian, TIU adalah tes yang memuat pertanyaan terkait Kemampuan Verbal (analogi, silogisme, analitis), Kemampuan Numerik (berhitung, deret angka, soal cerita, perbandingan kuantitatif), hingga Kemampuan Figural (analogi, serial, ketidaksamaan).


Adapun TKP adalah tes yang bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai terkait dengan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, profesionalisme, teknologi informasi dan komunikasi, dan anti-radikalisme.


Kapan Tes SKD CPNS 2023?

Berdasarkan info terbaru yang dirilis BKN per 9 Oktober 2023 lalu, jadwal SKD CPNS 2023 selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Penjadwalan SKD CPNS: 1-4 November 2023
  • Pengumuman Peserta, Waktu, dan Tempat SKD: 5-8 November 2023
  • Pelaksanaan SKD CPNS: 9-18 November 2023
  • Pengolahan Nilai SKD CPNS: 16-19 November 2023
  • Pengumuman Hasil SKD CPNS: 20-22 November 2023
  • Masa Sanggah: 23-25 November 2023
  • Jawab Sanggah: 23-27 November 2023
  • Pengolahan Nilai SKD CPNS Hasil Sanggah: 26-30 November 2023
  • Pengumuman Pasca-Sanggah: 27 November-2 Desember 2023

Passing Grade SKD CPNS 2023

Passing grade SKD CPNS 2023 sudah diatur dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS 2023.

Berikut ini detail ketentuan mengenai passing grade SKD CPNS 2023 Keputusan Menteri PANRB Nomor 651 Tahun 2023:

1. Waktu pengerjaan soal SKD selama 100 menit.

2. Jumlah soal SKD sebanyak 110 pertanyaan, dengan rincian:

  • TWK terdiri dari 30 soal;
  • TIU terdiri dari 35 soal;
  • TKP terdiri dari 45 soal.

3. Pembobotan nilai untuk materi soal SKD:

  • Di soal TIU dan TWK, jawaban benar benilai 5 dan salah 0 (nol)
  • Di soal TKP, jawaban benar minimal 1 dan paling tinggi 5, tidak menjawab 0

4. Nilai paling tinggi untuk SKD 550, dengan rincian:

  • 150 TWK;
  • 175 untuk TIU; dan
  • 225 untuk TKP.

5. Passing grade atau nilai ambang batas SKD CPNS 2023 (nilai minimal yang perlu diraih peserta seleksi) adalah:

  • 65 untuk TWK;
  • 80 untuk TIU; dan
  • 166 untuk TKP.

6. Ketentuan passing grade di atas dikecualikan (tidak berlaku) bagi kategori pelamar berikut:

  • Lulusan terbaik berpredikat cumlaude (Nilai kumulatif SKD paling rendah 311 dan Nilai TIU paling rendah 85)
  • Diaspora (Nilai kumulatif SKD paling rendah 311 dan Nilai TIU paling rendah 85)
  • Penyandang disabilitas (Nilai kumulatif SKD paling rendah 286 dan Nilai TIU paling rendah 60)
  • Putra/ putri wilayah Papua (Nilai kumulatif SKD paling rendah 286 dan Nilai TIU paling rendah 60).


Contoh Soal SKD CPNS 2023 dan Jawabannya

Berikut ini contoh Soal SKD CPNS 2023 Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dari Simulasi CAT BKN dan jawabannya:


A. Contoh Soal TWK SKD CPNS


1. Pengadilan kasasi merupakan fungsi dari pengadilan tinggi....

A. Mahkamah Agung
B. Mahkamah Konstitusi
C. MPR
D. Komisi Yudisial
E. DPR

Jawaban: A

2. UUD 1945 mengandung pokok-pokok pikiran berikut, kecuali ....

A. Persatuan
B. Internasionalisme
C. Keadilan Sosial
D. Ketuhanan yang Maha Esa
E. Kedaulatan Rakyat

Jawaban: B

3. Negeri ini membutuhkan lebih banyak orang yang bisa berbuat daripada pandai berdebat, bertindak dalam karya daripada hanya protes. Tidak banyak yang menyadari universitas hebat bukan hanya diukur dari jumlah publikasinya, melainkan juga dari jumlah paten dan impak pada komunitasnya. Pendidikan kita masih berkutat di seputar kertas. Kita baru mahir memindahkan pengetahuan dari buku teks ke lembar demi lembar kertas: makalah, karya ilmiah, skripsi, atau tesis. Kita belum menanamkan dalam tindakan pada otot, myelin. Seorang mahasiswa mendapatkan nilai A dalam kelas pemasaran bukan karena dia bisa menerapkan ilmu itu ke dalam hidupnya, minimal memasarkan dirinya, atau memasarkan produk orang lain, melainkan karena ia sudah bisa menulis ulang isi buku ke lembar-lembar kertas ujian.

Pendidikan tinggi sebenarnya bisa dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu dasar dan terapan. Pendidikan dasar itulah yang kita kenal sejak di SD yang mencakup matematika, kimia, biologi, fisika, ekonomi, sosiologi, dan psikologi. Terapannya bisa berkembang menjadi ilmu kedokteran, teknik sipil, ilmu komputer, manajemen, desain, perhotelan, dan seterusnya. Kedua ilmu itu sangat dibutuhkan bangsa untuk memajukan peradaban. Namun, investasi untuk membangun ilmu dasar amat besar, membutuhkan tradisi riset dan sumber daya manusia bermutu tinggi. Siapa menguasai ilmu dasar ibaratnya mampu menguasai dunia. Dengan bekal ilmu dasar yang kuat, bangsa yang besar membentuk ilmu terapan. Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris adalah negara yang dibangun dengan keduanya. Namun, sebagian negara di Eropa dan Asia memilih jalan lebih realistis, yaitu fokus pada studi ilmu terapan. Swiss fokus pada studi ilmu terapan dalam bidang manajemen perhotelan, kuliner dan arloji. Thailand fokus dengan ilmu terapan pariwisata dan pertanian. Jepang fokus dengan elektronika. Singapura fokus dalam industri jasa keuangannya. Tentu terjadi pergulatan besar agar ilmu terapan benar-benar diterapkan. Pada mulanya ilmu terapan dikembangkan di perguruan tinggi untuk mendapat dana riset dan menjembatani teori dengan praktik. Akan tetapi, mindset para ilmuwan tetaplah ilmu dasar yang penekanannya ada pada metodologi dan statistik untuk mencari kebenaran ilmiah yang buntutnya ialah publikasi ilmiah.

Melalui pergulatan besar, program studi terapan berhasil keluar dari perangkap ilmu dasar. Ilmu Komputer keluar dari Fakultas Matematika dan Manajemen menjadi Sekolah Bisnis. Dari lulusan dengan "keterampilan kertas", mereka masuk pada karya akhir berupa aplikasi, portofolio, mock up, desain, dan laporan pemecahan masalah. Metodologi dipakai, tetapi validitas eksternal (impak dan aplikasi) diutamakan. Hanya pada program doktoral metodologi riset yang kuat diterapkan. Itu pun banyak ilmuwan terapan yang meminjam ilmu dasar atau ilmu terapan lain sehingga terbentuk program multidisiplin seperti arsitektur yang dijodohkan dengan antropologi atau arkeologi, akuntansi dengan ilmu keuangan.

Berdasarkan bacaan di atas, berikut adalah fokus ilmu terapan yang dimiliki oleh tiap-tiap negara, kecuali ....

A. Jepang fokus dengan elektronika.
B. Amerika Serikat fokus dengan kedokteran.
C. Singapura fokus dengan industri jasa keuangan.
D. Thailand fokus dengan ilmu terapan pariwisata dan pertanian.
E. Swiss fokus dengan manajemen perhotelan, kuliner dan arloji.

Jawaban: B

4. Dalam beberapa tahun terakhir kegiatan yang menonjol antara Indonesia dan Colombo Plan adalah program pelatihan penanganan.....

A. banjir
B. baby boom
C. kemiskinan
D. drug abuse
E. tsunami

Jawaban: D

5. Upaya Indonesia memperbaiki tata kelola sumber daya alam melalui moratorium izin perikanan di laut dan izin kehutanan perlu diperbaiki. Langkah itu perlu segera dilakukan mengingat masing-masing kebijakan pemerintah akan berakhir dalam 1-2 bulan mendatang. "Moratorium tak hanya untuk Indonesia, tetapi juga komitmen bagi dunia global," Kata Rizal Gamar, Country Director The Nature Concervacy-Indonesia di Jakarta. Saat ini, ancaman global perubahan iklim nyata itu bisa semakin parah ketika hutan tropis Indonesia tak dikelola dengan baik.

Di hutan, masih banyak tumpang tindih perizinan, pembalakan liar, dan konflik sosial. Di sektor perikanan tangkap, pencurian dan eksploitasi ikan membuat sebagian perairan Indonesia ada penangkapan berlebih. selama ini, perairan Indonesia menyuplai kebutuhan ikan di berbagai belahan dunia. Namun, sumber daya laut dan hutan yang menjadi modal alam Indonesia itu belum dimanfaatkan berkelanjutan. Pemerintah merespon kondisi itu dengan kebijakan moratorium izin kehutanan di hutan alam primer dan gambut sejak 2011 yang akan berakhir Mei 2015. Lalu, November 2014, Menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti menghentikan sementara izin perikanan tangkap yang berakhir April 2015. "Moratorium kehutanan belum dilakukan efektif. Namun, sayang kalau moratorium dihentikan, mengingat usahanya sudah sangat besar," kata Herlina Hartanto, Direktur Terestrial TNC Indonesia. ia berharap moratorium kehutanan dilanjutkan dengan tata ruan maupun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Selain itu, dalam negosiasi global dan konferensi PBB untuk perubahan Iklim (UNFCCC), moratorium kehutanan merupakan salah satu komitmen Indonesia dalam mencapai penurunan emisi 26-41 persen. "Moratorium kesempatan pemerintah mengatasi kerusakan hutan dan meningkatkan citra pemerintah," katanya.

Di sektor perikanan, Direktur Perikanan Berkelanjutan TNC Indonesia Peter Mous mengatakan, langkah moratorium izin perikanan tangkap oleh Menteri Susi sukses membawa efek kejut. "Moratorium memang dibutuhkan untuk melindungi. Kemudian, harus ada metode efektif yang tak keras, tetapi stok ikan bisa pulih," katanya. Moratorium perizinan diberlakukan bagi izin kapal besar berbobot lebih dari 30 gross ton. Selama moratoriumkapal ikan eks asing, pemerintah memverifikasi kapal-kapal itu.

Yang bukan termasuk fakta dalam bacaan di atas adalah ....


A. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghentikan sementara izin perikanan tangkap yang berakhir April 2015.
B. Moratorium merupakan kesempatan pemerintah mengatasi kerusakan hutan dan meningkatkan citra pemerintah.
C. Moratorium perizinan diberlakukan bagi izin kapal besar berbobot lebih dari 30 gross ton.
D. Masih terjadi tumpang tindih perizinan, pembalakan liar, dan konflik sosial di hutan.
E. Moratorium kehutanan belum dilakukan efektif.

Jawaban: B

6. Operasi Gurita dicetuskan oleh ....

A. Jenderal Hideki Tojo
B. Laksamana Takeo Kurita
C. Jenderal Terauchi
D. Laksamana Maeda
E. Jenderal Hitoshi Imamura

Jawaban: B

7. Perdana Menteri Srilanka yang merupakan salah satu pencetus Konferensi Asia-Afrika adalah....

A. Muh Ali Jinnah
B. Sir John Kotelawala
C. Jawaharlal Nehru
D. U Nu
E. Benazir Bhutto

Jawaban: B

8. Di dalam Konstitusi RIS 1949, terdapat penyimpangan terhadap sistem parlementer, terutama pasal....

A. 18
B. 117
C. 20
D. 122
E. 34

Jawaban: D

9. Negara yang memiliki presiden dan perdana menteri yang bertugas mengatur jalannya pemerintahan disebut.....

A. parlementer
B. presidensial
C. semipresidensial
D. komunis
E. oligarki

Jawaban: A

10. Jika RUU belum disahkan menjadi UU oleh presiden namun sudah disetujui bersama DPR maka ia berlaku setelah....

A. 29 Hari
B. 30 Hari
C. 40 Hari
D. 60 Hari
E. 90 Hari

Jawaban: B

11. Berikut ini hal yang termasuk dalam bidang hukum privat adalah

A. Melanggar perjanjian
B. Penggelapan barang
C. Hubungan antara daerah
D. Pelanggaran hukum
E. Pembunuhan berencana

Jawaban: A

12. Dibandingkan dengan berbagai norma sosial lainnya, sanksi norma kesopanan bersumber dari ...

A. Hati nurani
B. Masyarakat
C. Tuhan
D. Lembaga sosial
E. Negara

Jawaban: B

13. Operasi yang dibuat oleh Jepang untuk menaklukkan Pulau Jawa dinamakan....

A. Operasi Gurita
B. Operasi 3A
C. Operasi Teno Heika
D. Operasi Harakiri
E. Operasi Kamikaze

Jawaban: A

14. Sumber sejarah yang menggambarkan kehidupan masyarakat prasejarah sangat sedikit karena hanya berwujud....

A. Lisan
B. tulisan dan benda
C. Tulisan
D. Lisan, tulisan dan benda
E. Benda

Jawaban: E

15. Segala warga negara tanpa terkecuali memperoleh perlindungan hukum, karena....

A. kedudukan sama di depan hukum
B. hukum melindungi warga negara
C. hukum berada di atas segalanya
D. di jamin oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa
E. negara kita adalah negara hukum

Jawaban: A

16. UU No.22 tahun 2001 tentang....

A. Minyak dan Gas bumi
B. Keterbukaan informasi publik
C. Mineral dan bahan tambang
D. Rahasia negara
E. Ketenagakerjaan

Jawaban: A

17. Lembaga Wali Nanggroe di Aceh bertujuan untuk....

A. Pembina/pengawal/penyantun pemerintahan Rakyat Aceh
B. Pembina kehormatan dan kewibawaan politik
C. Pembina keagungan dinul Islam
D. Pemersatu yang independen dan berwibawa serta bermartabat
E. Mewujudkan pemerintahan rakyat Aceh yang sejahtera dan bermartabat

Jawaban: D

18. Hukum pidana telah berkembang menjadi hukum publik, merupakan pernyataan dari.....

A. Soekotjo Soeparto
B. J. E. Sahetapy
C. Van Hamel
D. Paul Schiten
E. Moeljatno

Jawaban: C

19. BPUPKI membentuk panitia kecil yang disebut panitia sembilan. Berikut yang bukan anggota panitia sembilan adalah.....

A. A.A. Maramis
B. Supomo
C. Muh. Yamin
D. Ahmad Subarjo
E. Abikusno

Jawaban: B

20. Penyerbuan Jepang ke Hindia Belanda diawali dengan serangan ke Labuan, Brunei, Singapura, Semenanjung Malaya, Palembang, Tarakan, dan Balikpapan yang merupakan daerah sumber-sumber....

A. beras
B. minyak
C. air
D. persenjataan
E. teknologi

Jawaban: B

21. Salah satu tokoh Jong Sumatranen Bond yang akhirnya menjadi wakil Presiden RI adalah....

A. Umar Wirahadikusumah
B. Adam Malik
C. Sudarmono
D. Moh.Yamin
E. Muhammad Hatta

Jawaban: E

22. Tiga tokoh yang berpidato dalam sidang BPUPKI tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945, yaitu.....

A. Soepomo, Soekarno, dan Hatta
B. Soepomo, Soekarno, dan Moh. Yamin
C. Soekarno, Moh. Yamin, dan Hatta
D. Soekarno, Moh. Yamin, dan Syahrir
E. Soekarno, Hatta, Achmad Soebarjo

Jawaban: B

23. Apabila didasarkan pada ajaran Trias Politika, yang dikenal dengan teori pemisahan kekuasaan negara, maka penetapan APBN menurut UUD 1945 merupakan campur tangan....

A. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
B. Dewan Perwakilan Rakyat dalam kekuasaan presiden
C. Presiden dalam kekuasaan Mahkamah Agung
D. Mahkamah Agung dalamkekuasaan Presiden
E. DPR dalam kekuasaan Mahkamah Agung

Jawaban: B

24. Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) menurut Hukum Laut Internasional adalah....

A. Wilayah sebelah darat atau sebelah dalam dari garis pangkal
B. Suatu wilayah laut yang lebarnya tidak boleh melebihi 24 mil laut diukur dari garis pangkal dari lebar laut teritorial
C. Batas penggalian sumber daya alam yang ada di laut tidak boleh melebihi 200 mil laut dari garis pangkal diukur dari lebar laut teritorial
D. Wilayah laut yang lebarnya tidak melebihi 12 mil laut diukur dari garis pangkal
E. Landas kontinen negara berpantai

Jawaban: C

25. Pengakuan de jure dari suatu negara terhadap negara yang lain ditandai oleh.....

A. Bantuan diplomasi
B. Kerja sama militer
C. Hubungan diplomatik
D. Kunjungan kepala negara
E. Bantuan ekonomi

Jawaban: C

26. Setelah UUD 1945 mengalami amandemen, maka MPR merupakan lembaga Bikameral yang terdiri dari....

A. DPR, DPD dan Presiden
B. MPR dan DPR
C. DPD dan Presiden
D. MA dan MK
E. DPR dan DPD

Jawaban: E

27. Pahlawan wanita yang berasal dari Maluku adalah....

A. R.A. Kartini
B. H.R.Rasuna Said
C. Christina Martha Tiahahu
D. Cut Meutia
E. Dewi Sartika

Jawaban: C

28. Berikut ini tokoh yang termasuk dalam panitia sembilan adalah ....

A. Tan Malaka
B. Haji Agus Salim
C. K.H. Hasyim Ashari
D. M. Natsir
E. Dr. Soepomo

Jawaban: B

29. Alasan ditetapkannya kebijakan Politik Pintu Terbuka oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1870-an yang memungkinkan kalangan swasta menanamkan investasinya di bidang industri dan perkebunan adalah......

A. kebijakan Ratu Belanda untuk mengembangkan kewirausahaan di kalangan swasta
B. semakin kuatnya pengaruh golongan liberal dan pengusaha swasta di bidang politik dan ekonomi
C. semakin keroposnya sistem pengelolaan ekonomi konservatif Tanam Paksa
D. kebijakan politik pintu tertutup yang sudah tidak menguntungkan pemerintah kolonial Belanda
E. sistem pertanian ekonomi tradisional dan subsisten tidak lagi menguntungkan pemerintah kolonial

Jawaban: B

30. "Republik Indonesia Serikat yang merdeka dan berdaulat ialah suatu negara hukum yang demokrasi dan berbentuk Federasi," merupakan bunyi Konstitusi RIS 1949 Pasal....

A. 1 ayat 1
B. 2 ayat 1
C. 1 ayat 2
D. 2 ayat 2
E. 1 ayat

Jawaban: A


B. Contoh Soal TIU SKD CPNS


31. Kini lembaga penelitian itu telah dilengkapi dengan peralatan sophisticated. Padanan kata yang tepat dari sophisticated dalam kalimat itu adalah:

A. Modern
B. Canggih
C. Baru
D. Terkini
E. Rumit

Jawaban: B

32. ACUH >< .....

A. Peduli
B. Sabar
C. Hirau
D. Ingat
E. Lalai

Jawaban: E

33. Sebuah tempat penampungan air berbentuk silinder, memiliki tinggi 200 cm dan diameter di atas 100 cm. Berapa banyak air yang bisa tertampung di dalam tempat penampungan itu?

A. 1500 liter
B. 1550 liter
C. 1570 liter
D. 1600 liter
E. 1650 liter

Jawaban: C

[Pembahasan: Diameter silinder adalah 100 cm, jadi jari-jarinya adalah 50 cm. Tingginya adalah 200 cm. Jadi, kita bisa menghitung volumenya dengan rumus: V = π(50cm)2(200cm)]

34. Cermati pernyataan di bawah ini!

-Salah satu Tes Kemampuan Dasar adalah Tes Potensi Akademik.
-Semua PNS harus melalui Tes Kemampuan Dasar.

A. Tidak ada PNS yang tidak melalui Tes Potensi Akademik.
B. Sebagian PNS melalui Tes Potensi Akademik.
C. Sebagian PNS tidak melalui Tes Potensi Akademik.
D. Ada PNS yang tidak melalui Tes Potensi Akademik.
E. Tidak ada PNS yang melalui Tes Potensi Akademik.

Jawaban: A

35. Seorang peternak memiliki sejumlah sapi. Jika ia memasukkan lima ekor sapi ke dalam setiap kandang, jumlah kandang yang dibutuhkan empat buah lebih banyak dibandingkan apabila setiap kandang diisi enam ekor sapi. Berapa banyak sapi yang dimiliki peternak tersebut?

A. 80
B. 90
C. 100
D. 110
E. 120

Jawaban: E

[Pembahasan: Diketahui bahwa (x/5) adalah empat buah lebih banyak dibandingkan (x/6). Jadi, untuk menjawab soal di atas, bisa dengan persamaan berikut: x/5=x/6+4]

36. Cermati pernyataan di bawah ini!

-Jika saya pintar maka saya menjadi dokter.
-Jika saya menjadi dokter maka saya membuat resep obat.

A. Jika saya dokter maka saya pintar.
B. Jika saya membuat resep maka saya pintar.
C. Jika saya membuat resep maka saya menjadi dokter.
D. Jika saya pintar maka saya membuat resep.
E. Hanya dokter yang boleh membuat resep.

Jawaban: C

37. Cermati pernyataan di bawah ini!

-Setiap ponsel terkini bukan monofonik.
-Semua ponsel merk O adalah ponsel terkini.
-Sebagian ponsel adalah monofonik.

A. Sebagian ponsel terkini yang monofonik bukan ponsel merk O
B. Setiap ponsel monofonik yang tidak terkini adalah monofonik
C. Setiap ponsel monofonik bukan ponsel merk O
D. Setiap ponsel terkini bukan ponsel merk O
E. Sebagian ponsel terkini monofonik

Jawaban: C

38. Cermati pernyataan di bawah ini!

-Semua layanan internet adalah layanan berbayar.
-Semua ponsel terbaru memiliki layanan internet.

A. Tidak mungkin semua layanan berbayar dimiliki ponsel terbaru.
B. Tidak mungkin semua layanan internet dimiliki ponsel terbaru.
C. Semua layanan berbayar hanyalah layanan internet.
D. Sebagian ponsel terbaru memiliki layanan berbayar.
E. Sebagian layanan berbayar dimiliki ponsel terbaru.

Jawaban: E

[Pembahasan: Poin E benar. Sebab semua ponsel terbaru memiliki layanan internet, dan semua layanan internet adalah layanan berbayar, maka setidaknya sebagian layanan berbayar (yaitu, layanan internet) dimiliki ponsel terbaru.]

39. G, K, O, S, W, A, E, ...

A. I, L
B. I, M
C. L, P
D. L, R
E. L, S

Jawaban: E

[Pembahasan: Jawaban mengikuti pola melompati semakin banyak huruf setiap langkahnya.]

40. Bebal >< ...

A. Jenius
B. Pandir
C. Mempan
D. Bodoh
E. Pintar

Jawaban: E

41. Angka romawi XIX jika ditulis dengan lambang bilangan asli adalah....

A. 21
B. 19
C. 18
D. 16
E. 14

Jawaban: B

42. PASIK >< ....

A. Baik
B. Buruk
C. Benar
D. Salah
E. Jahat

Jawaban: A

43. Angin berbisik menyampaikan salamku padanya. Kalimat tadi termasuk majas....

A. Metafora
B. Personifikasi
C. Eufemisme
D. Sinekdokhe
E. Litotes

Jawaban: B

44. Nia berumur 14 tahun pada setahun yang lalu. Jika umur Yanti 7 tahun mendatang adalah 22 tahun, maka selisih umur mereka adalah....

A. -2
B. -1
C. 0
D. 1
E. 2

Jawaban: C

45. Sebidang tanah berbentuk persegi dengan panjang sisi 27 m. Luas tanah tersebut adalah....m2

A. 646
B. 676
C. 702
D. 729
E. 756

Jawaban: D

46. Insomnia = ...

A. Tidur
B. Sedih
C. Kenyataan
D. Cemas
E. Tak bisa tidur

Jawaban: E

47. 49, 16, 64, 25, ....

A. 36, 34
B. 36, 79
C. 79, 34
D. 79, 81
E. 81, 32

Jawaban: A

48. Jika 0,626y =4,214 dan x= 5,416 : 0,9 maka ...

A. x > y
B. x < y
C. x = y
D. x = ?y
E. y = ?x

Jawaban: A

49. Enam calon pegawai, yakni Oni, Pade, Qomar, Rian, Susi, Tati akan diwawancara sesuai urutan berikut:

-Qomar akan diwawancara pada urutan keempat atau terakhir;
-Rian akan diwawancara setelah Oni;
-Pade akan diwawancara sebelum Qomar;
-Tati akan diwawancara sebelum Rian.

Dari urutan berikut mana urutan calon pegawai diwawancara yang memenuhi ketentuan?

A. Tati, Susi, Oni, Qomar, Pade, Rian
B. Susi, Tati, Oni, Qomar, Pade, Rian
C. Susi, Pade Oni, Rian, Tati, Qomar
D. Pade, Oni, Tati, Susi, Rian, Qomar
E. Oni, Rian, Susi, Tati, Pade, Qomar

Jawaban: A

50. 11, 4, 22, 9, ..., 14, 44, ..., 55

A. 22, 10
B. 14, 33
C. 33, 16
D. 33, 19
E. 40, 23

Jawaban: B

51. Asli >< ...

A. Alami
B. Fiksi
C. Palsu
D. Pergi
E. Licik

Jawaban: C

52. 4, 8, 18, 10, 14, 12, 36, 16, 16, 20, 18, 54, ....

A. 92
B. 26
C. 24
D. 22
E. 21

Jawaban: D

53. TAS : KULIT LEMBU =

A. RUMAH : TIANG
B. LAYAR : KAIN
C. KAIN : BAJU
D. SEMEN : POT
E. PINTU : JENDELA

Jawaban: B

54. Dinding terhadap jendela seperti halnya wajah terhadap.....

A. Rupa
B. Mata
C. Lengan
D. Jerawat
E. Leher

Jawaban: B

55. Dari 900 karyawan di suatu perusahaan, diketahui 600 berkinerja baik dan 300 berkinerja tidak baik. Jika 45 dari kinerja baik telah mengikuti pelatihan dan 12 dari kinerja tidak baik telah mengikuti pelatihan, seorang karyawan akan dipilih secara acak. Tentukanlah probailitas karyawan yang terpilih adalah yang telah mengikuti pelatihan!

A. 0,05
B. 0,5
C. 0,005
D. 0,063
E. 0,125

Jawaban: D

56. Cermati pernyataan di bawah ini!

-Semua pegawai memakai dasi pada hari Senin.
-Kemarin hari Rabu.
-Raka adalah seorang pegawai.

A. Dua hari yang akan datang Raka memakai dasi
B. Dua hari yang lalu Raka memakai dasi
C. Kemarin Raka memakai dasi
D. Tiga hari yang lalu Raka memakai dasi
E. Empat hari yang akan datang Raka memakai dasi

Jawaban: D

57. Asih, Bima, Cecep, Dedy, dan Entin secara acak memiliki kesukaan terhadap olahraga futsal, voli, tenis, badminton, dan basket. Tiga dari mereka menyukai futsal. Masing-masing dari kelima anak itu menyukai dua olahraga yang berbeda. Tidak ada yang menyukai futsal juga menmyukai tenis. Entin menyukai tenis. Hanya Asih dan Bima yang menyukai badminton dan apa yang disukai oleh Dedy pasti juga disukai oleh Cecep.

Bila Ceceo menyukai basket maka pernyataan yang benar adalah ....

A. Asih menyukai basket
B. Dedy menyukai futsal
C. Asih menyukai tenis
D. Dedy menyukai tenis
E. Entin menyukai voli

Jawaban: E

58. Monoton >< ...

A. Bergerak-gerak
B. Berulang-ulang
C. Berubah-ubah
D. Berselang-seling
E. Terus-menerus

Jawaban: C

59. Pada suatu ketika ada kasus pencurian di toserba, ada 5 orang yang diduga menjadi pelaku pencurian. Tidak ada yang mengaku telah mencuri, dari hasil penyelidikan diperoleh data sebagai berikut:

-Jika A berbohong maka D jujur
-Jika B jujur maka C jujur
-Jika D berbohong maka B Jujur
-Jika E berbohong maka A jujur

Jika A berbohong maka siapakah yang jujur?

A. B
B. D
C. C dan B
D. B dan E
E. E dan D

Jawaban: B

60. TRIVIA = .....

A. Sesuatu yang mengandung makna ganda
B. Sesuatu ayng menjelaskan hal tertentu
C. Sesuatu yang kecil dan tidak terlalu penting
D. Sesuatu yang sangat penting untuk dibahas
E. Sesuatu yang remang-remang atau tidak jelas

Jawaban: C

61. Dalam rangka menyemarakkan hari jadi Kota Langka diadakan lomba lari. Ani, Budi, Cintia, Dadang, Ema, dan Farhan adalah peserta lomba tersebut. Dadang lebih cepat daripada Ema. Farhan tidak lebih cepat daripada Cintia, namun ia lebih cepat jika dibandingkan dengan Budi. Ema memiliki kecepatan yang hampir setara dengan Ani sehingga Ani selalu berada tepat di belakang Ema.

Setelah lomba selesai, semua peserta diberi label nomor 1 hingga 6 yang menandakan bahwa nomor 1 adalah yang tercepat dan sebaliknya. Tidak ada anak yang kecepatan larinya sama.

Jika Cintia selalu tepat di depan Ema maka urutan yang benar dimulai dari yang paling cepat adalah ...

A. Cintia - Ema - Ani -Dadang - Farhan - Budi
B. Dadang - Cintia - Ema - Farhan - Budi - Ani
C. Cintia - Ema - Dadang - Ani - Farhan - Budi
D. Dadang - Budi - Cintia - Ema - Ani - Farhan
E. Dadang - Cintia - Ema - Ani - Farhan - Budi

Jawaban: E

62. Sebuah kelompok siswa yang terdiri dari enam orang siswa yaitu A, B, C, D, E, F. Siswa C selalu ingin dekat dengan B tetapi tidak ingin dekat dengan D. Siswa F selalu ingin dekat dengan B dan D. Siswa A selalu ingin berada dipaling depan. Kemungkinan urutan adalah....

A. A, B, C, D, E, F
B. A, B, C, F, D, E
C. A, B, C, F, E, D
D. A, C, B, D, F, E
E. A, C, B, F, D, E

Jawaban: E

63. KONTER >< . . . .

A. Anti
B. Kebalikan
C. Asese
D. Berseberangan
E. Melawan

Jawaban: C

64. E, J, O, T, Y, D, I, ...

A. N, S
B. O, S
C. P, S
D. Q, S
E. R, S

Jawaban: A

65. ABNUS = . . . .

A. Kayu jati
B. Kayu Arang
C. Kayu partikel
D. Kayu lapis
E. Kayu rimba

Jawaban: B


C. Contoh Soal TKP SKD CPNS


66. Teman kantor saya mengalami musibah, sementara pada saat yang sama ada pekerjaan penting yang tidak bisa saya tinggalkan. Sikap saya adalah ....

A. mendahulukan kepentingan teman
B. menunda pekerjaan di kantor untuk membantu teman tersebut
C. tetap mengerjakan pekerjaan
D. mengajak teman-teman yang lain untuk membantu
E. mencari tahu kondisi teman tersebut

Jawaban: E

67. Jika saya berada di lingkungan baru dengan orang yang asing, saya merasa ....

A. Sebagian orang menerima saya jika saya dapat mengikuti aturan dalam kelompok
B. Perlu berhati-hati akan apa yang akan saya katakan atau saya perbuat dalam kelompok
C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain
D. Tidak pernah menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja
E. Tidak cukup berani untuk menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja

Jawaban: C

68. Istri Anda memutuskan untuk kembali mencari pekerjaan, setelah sempat berhenti pasca-melahirkan. Sikap Anda adalah . . . .

A. setuju, karena Anda memerlukan tambahan penghasilan
B. setuju, agar istri Anda dapat menggunakan kompetensi yang ia miliki
C. setuju, karena istri Anda membutuhkan hiburan
D. tidak setuju, istri harus berada di rumah
E. tidak setuju, karena bekerja adalah kewajiban suami

Jawaban: B

69. Pekerjaan Anda belum selesai sementara Anda sudah sangat ingin pulang karena merasa lelah. Sikap Anda adalah ....

A. Menunda penyelesaian pekerjaan tersebut
B. Ikut rekan Anda yang mulai mengemasi barang-barangnya
C. Tetap berada di kantor hingga pekerjaan tersebut selesai jika ada uang lembur
D. Tetap berada di kantor hingga pekerjaan selesai tanpa uang lembur
E. Membawa pekerjaan ke rumah saja

Jawaban: E

70. Ketika memiliki rekan kerja yang sering membicarakan orang lain, maka saya akan . . . .

A. Diam
B. Ikut dalam obrolan bersama rekan kerja
C. Menyuruhnya kembali bekerja
D. Meminta dia untuk berhenti
E. Tidak Menghiraukan

Jawaban: C

71. Tim Anda diberikan pekerjaan baru meskipun pekerjaan sebelumnya belum selesai, sikap Anda adalah....

A. Meminta atasan untuk menambah anggota tim
B. Membagi tugas dengan adil
C. Memaksa anggota tim untuk lembur
D. Mengerjakannya secepat mungkin
E. Menolak pekerjaan baru

Jawaban: A

72. Kelompok Anda kesulitan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Maka yang Anda lakukan adalah ....

A. bersama-sama meminta bimbingan dosen
B. mencari sendiri di internet
C. tidak peduli dengan tugas tersebut
D. membagi tugas kepada anggota tim untuk mencari bahan
E. bersama-sama mencari jawaban di perpustakaan

Jawaban: D

73. Saya memandang masalah sebagai . . . .

A. hambatan yang menghadang
B. tantangan untuk belajar hal baru
C. suatu yang harus disingkirkan
D. kesempatan baru
E. hal yang menjengkelkan

Jawaban: B

74. Menurut Anda ASN yang kreatif adalah yang ....

A. Aneh
B. Bekerja dengan cepat
C. Menikmati pekerjaannya
D. Ramah
E. Bekerja setengah hati

Jawaban: C

75. Saya mengambil keputusan yang dapat berakibat buruk pada diri saya pribadi maupun perusahaan tempat saya bekerja, maka saya . . . .

A. bertanggung jawab atas segala akibat yang ditimbulkan
B. menyesali keputusan tersebut
C. menyesal dan menerima akibatnya
D. mencari kesalahan orang lain
E. mengkambinghitamkan orang lain

Jawaban: A

76. Ketika sudah dirumah, apakah Anda masih sering memikirkan pekerjaan?

A. Saya hampir tidak pernah menyisihkan waktu untuk merencanakan dan berpikir tentang pekerjaan
B. Terkadang saya memikirkannya saat waktu senggang
C. Saya selalu menjadwalkan rutin untuk evaluasi dan merencanakan ulang walaupun tidak rutin
D. Saya selalu rutin mengevaluasi diri dan memikirkan kembali seminggu sekali
E. Saat saya membutuhkan berpikir ulang maka daya akan mengatur kembali pekerjaan saya

Jawaban: D

77. Kondisi tubuh Anda sedang tidak fit, sementara klien datang terus menerus. Maka sikap Anda adalah . . . .

A. meminum obat kemudian kembali melayani klien
B. meminta rekan lain untuk menggantikan posisi Anda
C. beristirahat sejenak kemudian kembali bekerja
D. melaporkan kondisi Anda pada atasan
E. tidur hingga tidak bisa dibantu

Jawaban: B

78. Saat acara makan bersama di kantor, rekan kerja anda memesan makanan yang tidak anda sukai. Maka sikap anda adalah . . . .

A. tidak ikut makan
B. tetap makan untuk menghormati rekan keja anda yang lain
C. marah
D. menghindar dengan mengatakan anda sudah kenyang
E. makan dengan lauk yang lain

Jawaban: B

79. Sebagai tim penanggulangan penyakit menular yang ditugaskan untuk menghentikan penyebaran penyakit di daerah terpencil, sikap tim Anda adalah . . . .

A. mengadakan penelitian untuk mengetahui penanganan yang diperlukan
B. membawa vaksin yang dibutuhkan ke daerah tersebut
C. menolak karena banyak pekerjaan
D. mengutus anggota tim termuda ke daerah tersebut
E. menyerahkan tugas tersebut ke tim lain

Jawaban: A

80. Rekan kerja saya mengajak saya berbuat curang agar mendapat keuntungan dari proyek pekerjaan yang kami lakukan bersama. Sikap saya adalah ....

A. Menolaknya dengan keras
B. Menjelaskan alasan kenapa tidak boleh melakukan hal tersebut
C. Mengikuti ajakannya sekali itu saja
D. Takut namun tetap mengikuti ajakannya
E. Mempertimbangkan risikonya terlebih dahulu

Jawaban: B

81. Suatu hari Anda diminta mengerjakan proyek selama 3 bulan di daerah terpencil yang belum banyak penduduknya. Makan Anda akan ....

A. Sedih
B. Menolak
C. Senang karena akan merasakan hal yang baru
D. Biasa saja
E. Menerima tugas dengan berat hati

Jawaban: C

82. Sikap saya dalam bekerja adalah sebagai berikut ....

A. lebih baik mengerjakan semua pekerjaan sendiri, sehingga dapat saya pertanggungjawabkan hasilnya
B. lebih baik meminta bantuan rekan yang lain agar lebh cepat selesai
C. mengerjakan segala sesuatu secara bersamaan
D. mengerjakan sesuatu tepat waktu
E. mengerjakan sesuatu sebelum waktunya, sehingga dapat diperbaiki apabila terjadi kesalahan

Jawaban: E

83. Sifat yang Anda benci adalah ....

A. Amarah
B. Iri
C. Kecewa
D. Sedih
E. Tertekan

Jawaban: A

[Pembahasan: jawaban akan sangat bergantung pada pilihan pribadi peserta tes]

84. Menurut Anda kunci keberhasilan seseorang adalah . . . .

A. usaha seseorang untuk mewujudkan keinginannya
B. doa dan restu orang tua
C. bantuan orang lain
D. menghalalkan segala cara
E. niat

Jawaban: A

85. Perusahaan Anda memiliki program pertukaran karyawan dengan cabang perusahaan di negara lain. Mengetahui hal tersebut, Anda akan ....

A. Segera mendaftar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin
B. Mempertimbangkan segala kemungkinan yang dapat terjadi
C. Meminta ijin kepada keluarga
D. Tidak mendaftar karena merasa hal tersebut tidak berguna
E. Mencari informasi pada rekan kerja yang telah lebih dahulu mengikuti program tersebut

Jawaban: A

86. Ketika suasana hati Anda sedang tidak baik, maka . . . .

A. Biasa saja
B. Tidak konsentrasi dalam bekerja
C. Mudah menyerah
D. Berusaha tetap fokus bekerja
E. Ingin segera pulang

Jawaban: D

87. Rekan satu tim saya mengerjakan tugas dengan setengah hati. Sebagai ketua tim, sikap saya adalah....

A. mengerjakan tugas tersebut seorang diri hingga selesai
B. mengeluarkan rekan kerja tersebut dari tim
C. melaporkan kepada atasan
D. menasehati rekan kerja tersebut
E. memarahinya

Jawaban: D

88. Bulan ini sahabat dekat Anda berulang tahun, sementara uang Anda semakin menipis karena ada kebutuhan tidak terduga. Maka Anda akan . . . .

A. meminta maaf karena Anda tidak bisa memberinya kado
B. membeli kado sesuai kemampuan Anda
C. berhutang agar bisa membelin kado
D. menghindari sahabat Anda
E. berjanji akan memberinya kado saat gajian

Jawaban: B

89. Ketika Anda diminta lembur di hari libur, sikap Anda ....

A. Menolak karena Anda butuh istirahat
B. Lembur karena takut pada pimpinan
C. Menolak karena Anda akan liburan dengan keluarga
D. Bertanya terlebih dulu berapa imbalannya
E. Ikut lembur dan memberi pengertian kepada keluarga

Jawaban: E

90. Saya akan dipromosikan untuk naik jabatan. Namun rekan kerja saya berbuat curang sehingga saya gagal dipromosikan. Maka saya akan ....

A. Menegurnya
B. Takut menegurnya
C. Melaporkan kepada atasan
D. Menegurnya dan apabila dia tidak menyadari kesalahnnya maka akan saya laporkan kepada atasan
E. Diam saja

Jawaban: D

91. Rekan kerja Anda tidak dapat menghadiri wisuda anaknya karena harus keluar kota. Anda akan ....

A. Berpendapat rekan Anda mempunyai hak untuk mengatur acara
B. Meminta rekan Anda mempertimbangkan keberangkatannya
C. Meminta rekan Anda membatalkan keberangkatannya
D. Menyuruh anaknya mengambil ijazah sendiri
E. Memahami bahwa seringkali terjadi acara yang bersamaan waktu

Jawaban: E

92. Menurut saya, arti memberi kontribusi demi kemajuan bangsa dan negara adalah ....

A. Di mana pun saya bekerja saya sudah berkontribusi pada kemajuan bangsa dan Negara
B. Ketika saya menjadi pejabat
C. Ketika saya menjadi pemimpin
D. Ketika saya mendapat dukungan pemerintah untuk berkarya
E. Ketika saya menjadi ASN

Jawaban: A

93. Apa yang Anda lakukan saat jam istirahat ....

A. Melakukan pekerjaan selanjutnya
B. Istirahat dulu
C. Mengakses situs jejaring sosial untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan Anda
D. Membaca koran
E. Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktivitas lain

Jawaban: C

94. Sikap Anda di hari pertama bekerja di tempat baru adalah ....

A. menjaga perilaku agar terlihat baik
B. bergaul dengan rekan yang sebaya
C. malu
D. mengikuti semua kegiatan di kantor
E. acuh terhadap sekitar

Jawaban: E

95. Kantor Anda mengadakan rotasi pegawai dan Anda ditempatkan di tim yang Anda tidak suka sikap Anda . . . .

A. biasa saja
B. menolak penempatan yang baru
C. berusaha beradaptasi dengan lingkungan yang baru
D. mengunduran diri
E. marah

Jawaban: C

96. Kantor Anda menuntut agar setiap karyawan memiliki kemampuan berbahasa asing. Sikap Anda adalah . . . .

A. mengikuti kursus bahasa inggris sepulang kerja
B. belajar dari buku-buku di perpustakaan
C. berbohong bahwa Anda bisa berbahasa Perancis
D. belajar dari teman yang pandai berbahasa Jepang
E. belajar bahasa inggris melalui film dan lagu

Jawaban: A

97. Apa yang anda pikirkan bila tim mengalami masalah?

A. Saya menganggap masalah yang dihadapi tim adalah masalah saya sehingga saya akan berusaha menyelesaikannya
B. Ketua tim adalah penanggung jawab terbesar masalah itu
C. Orang yang menimbulkan masalah itu adalah yang harus bertanggung jawab
D. Jika masalah itu tidak berkaitan dengan saya maka saya tidak memikirkannya
E. Masalah tim harus diselesaikan secara tim

Jawaban: A

98. Ketika teman Anda sedang curhat, maka Anda akan . . . .

A. mendengarkannya
B. ikut curhat
C. tidak peduli
D. memberi nasehat
E. marah dan menyuruhnya kembali bekerja

Jawaban: A

99. Apakah Anda selalu memastikan berpenampilan rapi dan sopan setiap hari?

A. Selalu, karena kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi
B. Jika hanya ada cara tertentu
C. Jika saya sedang dalam kondisi yang baik
D. Saya menampilkan seperti biasanya saya yang penting nyaman
E. Saya tidak terlalu peduli

Jawaban: A

100. Anda mendapat kesempatan untuk menjadi petugas kesehatan haji. Namun, Anda harus meninggalkan keluarga selama 2 bulan. Maka Anda akan . . . .

A. meminta ijin kepada keluarga
B. bersedia karena imbalan yang besar
C. bersedia dan memberi pengertian kepada keluarga
D. menolak karena Anda tidak bisa berpisah dari keluarga
E. bersedia dan berjanji akan memberi kabar setiap hari kepada keluarga

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan menarik lainnya Sulthoni
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom

DarkLight