tirto.id - Contoh soal SJT PPPK Guru berikut perlu dipelajari oleh pelamar agar lebih mudah ketika mengerjakan pertanyaan tes kompetensi. Dilengkapi tautan untuk mengunduh dokumen soal SJT PPPK Guru PDF 2024, bahan latihan ini tersedia beserta jawabannya.
Sejumlah soal SJT PPPK Guru 2024 terbaru itu tersaji dalam pilihan ganda, serta memuat berbagai bentuk variasi pertanyaan. Calon peserta tes kompetensi PPPK bisa mempelajari puluhan contoh soal SJT PPPK guru tersebut untuk mengenali pola materi ujian.
SJT adalah singkatan Situational Judgement Test atau Tes Situasi Kerja Sederhana. Materi soal SJT PPPK Guru masuk dalam tes bersama soal kompetensi teknis, manajerial, sosio-kultural, dan wawancara.
Soal SJT biasanya diujikan pada peserta UKKJ (Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang) jabatan fungsional guru. Ini terutama untuk kenaikan jabatan guru ahli pertama ke ahli muda dan ahli muda ke ahli madya. Materi SJT terdiri atas soal pilihan ganda yang berkaitan dengan cara guru merenspons berbagai situasi di kelas maupun lingkungan sekitar.
Bagaimana bentuk contoh soal Situational Judgement Test PPPK guru? Simak kumpulan puluhan contoh soal SJT PPPK Guru di bawah ini!
Contoh Soal SJT PPPK Guru dan Kunci Jawaban
Soal Situational Judgement Test guru umumnya berupa cerita yang menguji sikap peserta tes dalam menghadapi situasi tertentu, baik di lingkungan kerja maupun sosial. Jawaban soal SJT PPPK Guru pilihan ganda bisa lebih dari satu. Namun, hanya satu jawaban soal SJT yang poinnya tertinggi.
Berikut kumpulan 35 soal SJT PPK Guru dan kunci jawabannya:
1. Para murid Anda yang menjadi peserta olimpiade sains nasional (OSN) tidak mampu meraih skor tinggi saat tryout OSN. Sebagai pendamping para peserta OSN tersebut, apa tindakan Anda?
- a. Mengevaluasi persiapan dan menggelar latihan lebih intens bagi para siswa peserta OSN
- b. Mengarahkan siswa-siswa peserta OSN agar melakukan persiapan dengan belajar kelompok
- c. Mengajak alumni peserta olimpiade sains untuk menemati proses persiapan siswa-siswa peserta OSN.
- d. Meminta guru kelas menambah pengayaan materi untuk siswa-siswa peserta OSN
- e. Mengajak orang tua/wali siswa peserta OSN mendorong anaknya belajar lebih giat
2. Ketika bekerja di sebuah tim, ada salah satu anggota kelompok sering berseberangan pendapat dengan Anda saat pengambilan keputusan. Bagaimana sikap Anda menghadapi situasi seperti ini?
- a. Keluar dari tim yang merasa tidak nyaman
- b. Bekerja dalam tim sambil memengaruhi anggota lain agar sependapat dengan saya
- c. Bekerja dalam tim, tetapi tidak lagi dengan semangat penuh seperti semula
- d. Bekerja dalam tim dan tetap menyampaikan pendapat sambil mengevaluasi diri sendiri
- e. Bekerja dalam tim, tetap menyampaikan pendapat, dan menyerahkan keputusan pada musyawarah bersama
3. Anda punya tetangga yang memiliki anak difabel yang menempuh pendidikan di sekolah biasa. Saat sudah di tingkat SMP, anak tetangga Anda enggan melanjutkan sekolah karena sering menjadi korban bullying. Ditambah lagi, anak difabel tersebut gagal naik kelas. Kebetulan Anda bukan guru di sekolah anak tadi. Bagaimana sikap Anda ketika mengetahui situasi seperti itu?
- a. Meminta orang tua agar memotivasi anaknya untuk melanjutkan sekolah
- b. Menyarankan agar orang tua mendidik anaknya dengan homeschooling
- c. Mendorong agar anak diantar berkonsultasi ke psikolog agar kembali pulih mentalnya dan mau sekolah lagi
- d. Mendatangi sekolah anak tersebut dan meminta guru kelasnya bertanggung jawab
- e. Mendesak kepala sekolah anak tersebut menghentikan tindakan bullying
4. Suatu hari, Anda mendapati rekan sesama guru menggunakan kekerasan fisik untuk menghukum peserta didik. Apa yang akan Anda lakukan menyikapi kejadian ini?
- a. Tidak ikut campur karena tidak tahu alasannya.
- b. Menanyakan alasannya melakukan hal tersebut.
- c. Menegurnya dan mengingatkannya cara menghukum yang benar.
- d. Mengingatkannya melalui Kepala Sekolah agar ia tidak melawan.
- e. Membiarkannya karena itu urusannya sendiri.
5. Suatu hari, ada murid yang menertawakan dan meledek bahasa daerah temannya. Kebetulan dalam kelas yang Anda kelola, ada beragam asal daerah dan suku siswa. Apa yang akan Anda lakukan menghadapi situasi tersebut?
- a. Membiarkan karena mereka hanya bergurau biasa saja
- b. Menasihati semua siswa agar harus saling menghargai
- c. Menjatuhkan sanksi kers terhadap siswa yang menghina bahasa daerah temannya
- d. Mengadu kepada kepala sekolah dan meminta petunjuk solusinya
- e. Meminta siswa agar tidak mengulangi tindakan itu dan menjelaskan alasannya
6. Sekolah yang Anda pimpin mempunyai area yang tidak luas. Ada di tengah perkampungan padat yang kurang agamis. Ada 4 guru yang merupakan guru penggerak. Dari keterangan aset yang dipunyai sekolah, rencana apa yang akan saudara lakukan, jika saudara sebagai kepala sekolah?
- a. Mendorong guru penggerak membentuk komunitas belajar di kampung sekitar sekolah
- b. Meminta guru penggerak menggalang sumbangan untuk memperluas area sekolah
- c. Meminta petunjuk kepala dinas pendidikan agar diberi solusi
- d. Meminta guru penggerak menyusun proposal pengembangan sekolah
- e. Mendesak dinas pendidikan setempat agar memindahkan lokasi sekolah
7. Suatu kali saat pulang dari mengajar di sekolah, Anda mendapati dua pengguna jalan bertengkar dan saling pukul saat berhenti di lampu merah. Dalam kondisi seperti ini, apa yang akan ada lakukan?
- a. Melanjutkan perjalanan seolah tidak ada hal penting terjadi
- b. Merekam perkelahian dengan hape untuk diunggah di media sosial
- c. Melapor ke kantor pos polisi terdekat
- d. Segera berusaha melerai dan jika gagal menghubungi nomor kantor polisi terdekat
- e. Membiarkan perkelahian berlanjut karena bukan urusan Anda
8. Sebagai guru, Anda mengelola kelas dengan murid yang beragam secara keyakinan. Ada murid yang berbeda keyakinan dengan Anda meminta izin menjalankan ibadah di tengah jam pelajaran selama 5-10 menit. Apa sikap Anda?
- a. Memberikan izin jika memang ibadah tidak bisa ditunda
- b. Memintanya beribadah saat jam istirahat saja
- c. Menasihatinya agar beribadah pada hari libur saja
- d. Memberikan izin jika ia siswa pintar dan penurut
- E. Menolak mengizinkan dengan alasan apa pun
9. Untuk kompetensi “menerangkan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras dari komputer," penulisan tujuan pembelajaran yang tepat adalah ....
- a. Peserta didik mampu menerangkan operasi sistem dan komponen perangkat keras komputer baik input maupun output
- b. Setelah pembelajaran dan diskusi, peserta didik mampu menerangkan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komputer secara benar.
- c. Peserta didik mampu menjelaskan operasi sistem dan komponen perangkat keras input dan output secara tepat
- d. Peserta didik mampu menerangkan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komputer tanpa melihat buku maupun mengakses Google
- e. Setelah pembelajaran dan diskusi, peserta didik bisa menggali informasi tentang kondisi operasi sistem dan perangkat keras komputer
10. Berikut merupakan berbagai hal yang perlu diperhatikan oleh guru ketika menetapkan jumlah alokasi waktu untuk pencapaian kompetensi dasar, kecuali ...
- a. Jumlah pekan efektif untuk pembelajaran
- b. Jumlah dan keluasan kompetensi dasar yang akan dicapai
- c. Kedalaman dan tingkat kesulitan kompetensi dasar yang hendak dicapai
- d. Tingkat pentingnya kompetensi dasar yang akan dicapai
- e. Jangka waktu penggunaan media untuk mencapai kompetensi dasar
11. Seorang guru memutuskan, setelah pembelajaran berlangsung, ada penilaian praktik sekaligus memberitahukan hasilnya kepada siswa. Bagaimana Anda menilai praktik mengajar seperti ini?
- a. Tepat karena guru mempraktikkan prinsip transparansi dan keterbukaan
- b. Tepat karena guru bisa segera tahu siswa yang memahami materi dan belum
- c. Tidak tepat karena penilaian yang diterapkan seharusnya proyek atau produk
- d. Tidak tepat karena seharusnya guru membuat rubrik penilaian dulu sebelum menilai, agar hasilnya dapat terukur sesuai kriteria
- e. Tidak tepat karena menginformasikan hasil penilaian di depan kelas bisa mempermalukan siswa bodoh
12. Sejumlah pernyataan berikut menunjukkan contoh peran sekolah dalam menguatkan literasi di kalangan peserta didik, kecuali ....
- a. Membuat program 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai
- b. Menyediakan ruang baca yang memadai untuk peserta didik, guru, dan warga sekolah lainnya
- c. Melengkapi koleksi perpustakaan dengan buku sastra, ensiklopedia, dan sains populer
- d. Mewajibkan siswa membaca buku sastra tertentu dan harus khatam dalam waktu yang ditentukan
- e. Menganalisis kebutuhan dan mengkaji masalah kapsitas literasi siswa dan guru
13. Setiap guru akan menghadapi masalah di kelas. Maka dari itu, semua guru harus mampu mengatasi berbagai masalah pembelajaran di kelas. Di antara berbagai solusi di bawah ini, yang paling tepat dilakukan oleg guru untuk mengatasi masalah pembelajaran adalah ....
- a. Meminta nasihat solusi kepada kepala sekolah
- b. Bertanya kepada konsultan ahli pendidikan
- c. Menjalankan classroom action research
- d. Menemui orang tua/wali siswa dan minta bantuan
- e. Meminta nasihat solusi kepada pejabat terkait di dinas pendidikan
14. Peluang melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana dengan beasiswa bukan sesuatu yang mudah didapatkan. Jika memperoleh kesempatan itu, apa tujuan Anda ingin memanfaatkannya?
- a. Mengembangkan wawasan dan memperluas pengetahuan
- b. Memperluas jejaring sosial yang bisa berguna untuk menunjang karier
- c. Meningkatkan skil dan pengetahuan yang menunjang tugas di tempat kerja
- d. Menambah ilmu dan skill sebagai hasil studi lanjut setelah program sarjana
- e. Mengembangkan kualitas sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain
15. Di sekolah, Anda sering berinteraksi dengan rekan guru lain. Suatu hari, salah satu rekan guru menjadi bahan gunjingan di antara para pengajar karena dinilai tak memberi nilai sesuai kemampuan peserta didik. Menyikapi hal ini apa yang akan akan Anda lakukan?
- a. Membiarkan saja karena bukan urusan saya
- b. Melapor kepada wakil kepalan sekolah bidang kesiswaaan dan kurikulum
- c. Ikut menimpali pergunjingan di antara para pengajar
- d. Menjelaskan dengan baik-baik pada guru-guru lainnya agar tidak meniru
- e. Mengajak guru tersebut diskusi dan ngobrol santai untuk membahas permasalahan nilai
16. Apa yang biasanya Anda lakukan setiap kali terlibat dalam diskusi kelompok?
- a. Selalu menentang pendapat yang tidak logis
- b. Diam dan menyetujui semua pendapat untuk menghindari debat
- c. Sulit menerima pendapat orang lain, terutama yang tidak akrab
- d. Bisa menerima pendapat orang lain jika tak bertentangan dengan pendapat saya
- e. Bisa memahami perbedaan pendapat dan aktif ikut berdiskusi
17. Apabila terjadi kasus tindakan asusila di sekolah yang melibatkan guru dan siswa, sebagai kepala sekolahy apa yang bakal Anda lakukan pertama kali?
- a. Segera membahasnya di internal sekolah untuk menemukan solusi paling tepat
- b. Mendiskusikan kasus itu bersama semua pihak yang berkepentingan
- c. Menasihati guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat
- d. Melaporkan kasus itu kepada penegak hukum dan dinas pendidikan
- e. Membiarkan kasus tersebut menghilang secara alamiah agar tidak mencoreng citra sekolah
18. Apa yang Anda lakukan agar dapat memberikan penilaian teman sejawat secara obyektif untuk 5 aspek kriteria yakni kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, integritas, dan penampilan guru?
- a. Membuat daftar ranking penilaian terhadap semua teman sejawat untuk setiap aspek
- b. Menilai semua teman sejawat secara sekaligus dengan satu per satu aspek secara berurutan
- c. Menilai masing-masing teman sejawat dengan lima kriteria secara sekaligus
- d. Berdiskusi dengan teman guru yang akan dinilai agar penilaian tidak tendensius dan merugikan
- e. Mengutamakan faktor senioritas guru dalam menilai teman sejawat
19. Saat ada acara peringatan 17 Agustus di lingkungan rumah, Anda didapuk menyampaikan pidato. Sebagai guru, apa tema yang Anda pilih untuk disampaikan di depan para warga jika ada beberapa pilihan di bawah ini?
- a. “Mengenang pahlawan kemerdekaan” untuk mengajak warga menghargai jasa pahlawan
- b. “Memperbaiki hukum di Indonesia” karena masih marak kasus korupsi dan ketidakadilan
- c. “Arti merdeka bagi generasi penerus bangsa” untuk mengajak mengisi kemerdekaan dengan memajukan negara dan bangsa
- d. “Indonesia darurat moral” karena banyak generasi muda alami demoralisasi
- e. “Kualitas pendidikan Indonesia rendah” untuk mengajak masyarakat memajukan pendidikan pada era kemerdekaan
20. Banyak murid SD kini cenderung lebih suka proses belajar yang praktis dan fleksibel dengan durasi fokus tidak lama. Untuk membantu peserta didik dengan karakteristik seperti itu, apa yang akan Anda lakukan sebagai guru?
- a. Memilah materi pembelajaran jadi sejumlah topik kecil untuk memperdalam pemahaman
- b. Mengganti buku cetak dengan e-book dan file PDF yang bisa dibuka di smartphone
- c. Memperkaya materi pembelajaran dengan lebih intensif mencari data di internet
- d. Mengurangi penyampian materi dan memperbanyak praktek
- e. Mendorong peserta didik mengakses lebih banyak media pembelajaran di internet
21. Banyak guru di Indonesia harus berjuang dalam menjalani profesinya karena bekerja di wilayah terpencil yang minim sarana dan prasarana. Jika mengalami situasi seperti itu, apa yang akan Anda lakukan agar kegiatan mengajar tetap berjalan lancar?
- a. Mengajar dengan efektif agar bisa hadir ke sekolah 3 kali per pekan saja.
- b. Tetap aktif mengajar setiap hari kerja sambil memaksimalkan lingkungan sekitar untuk sumber pembelajaran siswa
- c. Menyampaikan desakan kepada pemerintah daerah dan pusat untuk menyediakan sarana dan prasarana memadai
- d. Bersuara di media sosial untuk menggalang dukungan dan donasi yang bisa membiayai penyediaan sarana
- e. Memotivasi diri dan peserta didik untuk tetap belajar dengan samangat tinggi meski banyak keterbatasan
22. Mematuhi aturan tata tertib penting bagi guru, termasuk untuk menjaga kewibawaannya sebagai pendidik. Contoh tindakan guru yang mematuhi aturan tata tertib yang tepat adalah....
- a. Berusaha memperpanjang jam pelajaran jika telat masuk kelas untuk mengajar
- b. Rajin mengingatkan para guru lain agar mematuhi aturan tata tertib di sekolah
- c. Bersikap tegas saat menghukum murid yang ketahuan menyalahi aturan tata tertib sekolah
- d. Menyiapkan beragam jenis sanksi yang bisa memberikan efek jera bagi murid pelanggar tata tertib
- e. Berusaha disiplin selalu masuk kelas dan menutup jam pembelajaran tepat waktu sesuai jadwal.
23. Ada banyak kasus menunjukkan murid yang terlihat pendiam di kelas bisa meraih prestasi secara akademik maupun non-akademik. Jika memiliki murid yang terlalu pasif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, apa yang Anda lakukan?
- a. Sering menyindir murid tersebut saat mengajar agar sikapnya berubah
- b. Rajin mengingatkan semua peserta didik di kelas agar tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar
- c. Memanggil murid tersebut dan memarahinya agar sikapnya saat pembelajaran berubah
- d. Memotivasi murid tersebut agar lebih tekun dan aktif belajar, terutama saat di kelas
- e. Meminta orang tua/wali murid tersebut menasihati anaknya.
24. Jika bertugas mengajar di sekolah yang berada di pulau kecil dan jauh dari perkotaan, apa salah satu langkah Anda untuk membuat proses pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup dan menarik bagi siswa?
- a. Menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi murid dan konteks lingkungannya
- b. Mempraktikkan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa aktif mencari materi tambahan
- c. Menjalankan strategi pembelajaran sesuai panduan dari kementerian pendidikan
- d. Memilih media pembelajaran yang berbasis tekonologi
- e. Menerapkan teknik mengajar sesuai teori
25. Jika KD (Kompetensi Dasar) yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran adalah "menemukan solusi kerusakan lingkungan karena limbah industri," apa indikator pencapaian KD yang tepat?
- a. Melakukan percobaan untuk menemukan dampak limbah terhadap kerusakan lingkungan
- b. Memahami bentuk-bentuk kerusakan lingkungan yang terjadi karena paparan limbah
- c. Membedakan berbagai macam bentuk pencemaran limbah yang merusak lingkungan
- d. Menerapkan solusi mengatasi kerusakan lingkungan akibat pencemaran limbah
- e. Mempresentasikan solusi mengatasi dampak pencemaran limbah yang merusak lingkungan
26. Bagaimana sebaiknya guru menangani kasus murid yang murung karena sering jadi bahan olokan di sekolah?
- a. Memberi dia waktu menenagkan diri
- b. Menyampaikan masalah anak kepada orang tua/walinya
- c. Menhukum pelaku dan melaporkan pada guru BK agar mendapat hukuman
- d. Mendekati dia dan mendengar keluhannya sambil menasihati juga para pelaku
- e. Mengadakan konseling kelompok di kelas
27. Ada guru tidak hadir di kelas sementara Anda jadi pengampu pelajaran yang sama. Saat hal itu terjadi, apa yang sebaiknya Anda segera lakukan?
- a. Sebagai laMengambil inisiatif menggantikan guru tersebut
- b. Memberikan tugas pada peserta didik saat guru itu absen
- c. Membebaskan para siswa beraktivitas di kelas selama jam pelajaran guru tersebut
- d. Menyampaikan tugas dari guru tersebut kepada para siswa (jika ada)
- e. Melaporkan tindakan indisipliner guru tersebut kepada kepala sekolah agar diberi sanksi
28. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) untuk materi Bahasa Indonesia kelas IV adalah "melaporkan hasil wawancara dengan kalimat efektif dan kata-kata baku." Instrumen penilaian yang tepat untuk KD tersebut adalah....
- a. Kegiatan observasi
- b. Produk karya tulis
- c. Pertanyaan lisan
- d. Penilaian afektif
- e. Soal pilihan ganda dan essay
29. Salah satu kompetensi Dasar (KD) materi PPKN kelas 6 ialah "Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab warga negara beserta dampaknya di kehidupan sehari-hari. Alat evaluasi yang tepat untuk KD itu adalah....
- a. Penilaian memakai skala Likert
- b. Lembar jurnal perilaku
- c. Kegiatan observasi
- d. Lembar penilaian antar-teman
- e. Soal pilihan ganda dan essay
30. Contoh tindakan guru dalam mendisiplikan murid di kelas yang menjaga kewibawaannya sebagai pendidik adalah...
- a. Membuat aturan tata tertib kelas yang disepakati bersama dengan para murid
- b. Memberikan sanksi berupa aktivitas fisik pada murid yang melanggar tata tertib di kelas
- c. Menyerahkan para murid yang melanggar tata tertib kelas untuk ditangani oleh guru BK
- d. Selalu tegas menghukum murid yang melanggar tata tertib
- e. Menyuruh para murid yang tidak mengerjakan PR berlari mengelilingi lapangan sekolah
31. Jika Tujuan Pembelajaran adalah "mengetahui perbedaan respirasi aerob dan anaerob dengan percobaan," apa Rubrik Penilaian yang tepat?
- a. Menganalisis hasil respirasi aerob dan anaerob
- b. Mengidentifikasi proses respirasi aerob dan anaerob
- c. Membuat kesimpulan tentang hal yang membedakan respirasi aerob dan anaerob
- d. Membandingkan tapan dalam proses respirasi aerob dan anaerob
- e. Menerangkan mekanisme proses respirasi aerob dan aerob
32. Saat proses pembelajaran di kelas berlangsung, terjadi gempa bumi dengan getaran yang kuat. Sayangnya tidak ada jalur evakuasi yang sudah ditetapkan di sekolah. Apa yang Anda lakukan?
- a. Berdiam di kelas
- b. Bersembunyi di kolong meja
- c. Langsung berlari cari lokasi aman
- d. Mengajak para siswa berlari ke halaman sekolah
- e. Berteriak bahwa ada gempa sambil lari
33. Tetangga samping rumah Anda gemar memutar musik dengan suara kencang, meski hanya sesekali waktu. Suatu hari, dia punya perangkat sound system baru. Musik pun diputar keras seharian sehingga Anda sulit beristirahat. Apa yang tindakan Anda menghadapi situasi seperti ini?
- a. Melabrak tetangga tersebut sambil marah
- b. Meneriaki dari jauh agar sound system dimatikan
- c. Melempari rumah tetangga tersebut dengan batu
- d. Segera meminta tetangga tersebut mengecilkan suara sound system
- e. Mengajak ketua RT menggeruduk rumah tetangga tersebut
34. Sekolah tempat Anda mengajar hanya punya satu tukang kebun. Suatu kali, si tukang kebuh jatuh sakit sehingga tidak masuk kerja selama seminggu. Akibatnya, banyak sampah menumpuk di berbagai sudut sekolah. Melihat situasi ini, apa tindakan Anda?
- a. Melapor kepada kepala sekolah
- b. Meminta kepala sekolah merekrut tukang kebun baru
- c. Membersihkan sendiri semua sampah
- d. Pasrah karena tidak bisa mencari solusi yang efektif
- e. Mengajak para siswa dan rekan guru lain gotong royong bersihkan sampah
35. Sepulang kerja dari sekolah, saat Anda mampir ke Minimarket dan hendak membuka pintu kacanya yang cukup berat, muncul wanita tua di belakang. Wanita tua itu terlihat cukup renta. Tindakan Anda saat itu adalah...
- a. Mendorong pintu dan menahannya sementara agar wanita tua bisa masuk dulu
- b. Langsung mendorong pintu dan masuk ke minimarket seperti biasa
- c. Bertanya kepada si wanita tua apakah ingin dipegangkan pintu
- d. Batal mendorong pintu dan mempersilakan si wanita tua masuk duluan
- e. Bertanya kepada si wanita tua kenapa ingin masuk ke minimarket
Link Download Soal SJT PPPK PDF
Untuk mempelajari lebih banyak contoh pertanyaan Situational Judgement Test, berikut ini tautan untuk download soal SJT PPPK Guru 2024 PDF:
1. Download Soal SJT PPPK Guru 2024 Terbaru PDF
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Addi M Idhom