tirto.id - Berbagai contoh soal uji kompetensi jabatan fungsional guru beserta jawabannya penting untuk dipelajari sebagai acuan dalam menghadapi UKKJ atau Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan.
Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan (UKKJ) dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional.
Adapun dalam peraturan tersebut para pejabat fungsional diharuskan untuk mengikuti dan lulus uji kompetensi guna pelaksanaan pengangkatan jabatan fungsional melalui perpindahan dari jabatan lain, promosi, maupun pengangkatan kembali dalam jabatan fungsional.
Di samping itu, terdapat beberapa tujuan dari pelaksanaan UKKJ diantaranya yaitu sebagai berikut:
- Mengukur dan menilai kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural yang dimiliki oleh Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah yang akan naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.
- Menentukan kelayakan Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah untuk naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.
- Untuk mengembangkan karier pemangku Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatan yang berpusat pada peserta didik.
Kumpulan Soal Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Guru & Jawabannya
Berikut ini disajikan beberapa contoh soal yang bisa dipelajari untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti uji kompetensi Jabatan Fungsional Guru:
1. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran....
A. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D. Unit / Pembelajaran Terpadu
E. PKR - Unit
Jawaban: D
2. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ... A. memberikan umpan balik bagi siswa B. mendiagnosis kesulitan belajar siswa C. memberikan umpan balik bagi guru D. mengontrol perkembangan siswa E. Semua jawaban salah
Jawaban: D
3. Tahapan PTK yang paling tepat adalah ..... A. perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis B. refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan C. perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi D. refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis. E. perencanaan - Pelaksanaan - Analisis
Jawaban: C
4. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah... A. Kurang dapat membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa B. Bisa digunakan dengan cooperative learning C. Pengetahuan dan keterampilan siswa dapat diintegrasikan D. Bisa digunakan untuk individu maupun kelompok E. Ada 2 jawaban benar
Jawaban: A
5. Kegiatan asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara... A. Melakukan tanya jawab secara langsung dengan anak B. Memberikan tes, baik sifatnya informal maupun yang formal C. Mengamati kegiatan memecahkan yang dilakukan siswaD. Semuanya jawaban benar E. Semua jawaban salah
Jawaban: D
6. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ... A. perencanaan dan penyusunan alat penilaian B. penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi C. pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaian D. penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba E. Semua jawaban salah
Jawaban: D
7. Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila .. A. butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0 B. pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0 C. materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0 D. banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0 E. Semua jawaban benar
Jawaban: D
8. Kapan tahapan observasi dilakukan? A. mulai sebelum pelaksanaan B. pada saat pelaksanaan tindakan C. setelah pelaksanaan tindakan D. semua jawaban benar E. semua jawaban salah
Jawaban: D
9. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk kategori sukar yaitu .... A. Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi B. Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan C. Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu D. Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban E. Tidak ada jawaban benar
Jawaban: D
10. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut...A. Pengukuran B. Asesmen C. Tes D. Evaluasi E. Semua benar
Jawaban: D
11. Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali ..... A. kondisi lingkungan sekolah B. jumlah siswa dalam kelas C. waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran D. sarana dan fasilitas yang tersediaE. Semua jawaban benar
Jawaban: B
12. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ... A. mengumpulkan hasil karya siswa B. meningkatkan rasa saling percaya C. mengetahui peningkatan kemampuan siswa D. menilai hasil belajar siswa E. Semua jawaban benar
Jawaban: C
13. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali ...A. memaparkan bidang ilmu tertentu B. merupakan deskripsi suatu kejadian C. menggunakan gaya bahasa resmi D. disajikan secara sistematis E. Semua jawaban salah
Jawaban: B
14. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunyai komponen...A. daftar pustaka B. abstrak C. daftar tabel D. lampiran E. Ada 3 jawaban benar
Jawaban: A
15. Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang...A. rangkuman dan tindak lanjut B. simpulan umum C. rekomendasi penulis D. simpulan dan saran E. Ada dua jawaban benar
Jawaban: D
16. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali...A. fakta atau kenyataan B. argumentasi C. teori yang diakui kebenarannya D. data empirik/hasil penelitian E. Semua jawaban salah
Jawaban: B
17. Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau masa "membangkang tahap 1". pada usia .... A. 0-8 tahun B. 0-3 tahun C. 2-8 tahun D. 0-5 tahun E. 9-14 tahun
Jawaban: C
18. Artikel dapat dikelompokkan menjadi...A. artikel laporan dan artikel rujukan B. artikel konseptual dan artikel teoritis C. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis D. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan E. Tidak ada jawaban yang benar
Jawaban: C
19. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian...A. abstrak B. pendahuluan C. diskusi D. referensi E. Ada 2 jawaban benar
Jawaban: C
20. Salah satu sikap ilmiah yang harus dikembangkan melalui belajar sains adalah... A. skeptis B. apatis C. pesimis D. romantis E. Semua jawaban salah
Jawaban: E
21. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh .... A. ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan perhitungan B. beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya C. beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya D. ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana E. Ada 2 jawaban benar
Jawaban: C
22. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan ... A. Kegiatan pemeliharaan terbatas B. Fasilitas fisik C. Ukuran kewilayahan D. Penggunaan waktu E. Tidak ada jawaban
Jawaban: C
23. Tahap komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap ...A. Design B. Evaluation C. Trial D. Wareness Interest E. Wareness Trial
Jawaban: D
24. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif yaitu...A. memiliki unsur keterbaruan B. dapat memecahkan suatu masalah C. memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah D. tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi E. Ada 2 jawaban benar
Jawaban: A
25. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian...A. abstrak B. pendahuluan C. diskusi D. referensi E. Ada 2 jawaban benar
Jawaban: C
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani