Menuju konten utama

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 & Jawaban

Artikel ini memuat sejumlah contoh soal Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan sebagai bahan belajar.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 & Jawaban
Ilustrasi Bahasa Indonesia. foto/IStockphoto

tirto.id - Ujian PTS atau ujian tengah semester bagi kelas 12 Semester 1 tengah berlangsung. Artikel ini memuat sejumlah contoh soal Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan sebagai bahan belajar untuk menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) atau UTS.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia termasuk salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari para siswa di sekolah.

Pada mata pelajaran Bahasa indonesia kelas 12 semester 1, siswa akan belajar tentang sejarah Indonesia dan tokoh nasional, pembuatan surat lamaran kerja serta mampu menyajikan gagasan dalam sebuah artikel.

Ujian PTS dilaksanakan pada tengah semester. Penyelenggaraan ini bertujuan untuk menguji pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang sudah dipelajari selama setengah semester, baik melalui buku, praktik, maupun diskusi.

Siswa dapat mempelajari sejumlah materi Bahasa Indonesia yang telah diajarkan selama setengah semester terakhir melalui modul ajar. Contoh soal ini sudah disertai kunci jawaban dan mencakup beberapa mata pelajaran dengan berbagai materi.

Kisi-Kisi Materi PTS Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester 1

Materi-materi mata pelajaran Bahasa Indonesia di bawah ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.

Materi bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 berkaitan dengan jenis teks kebahasaan. Siswa diajak untuk mempelajari aspek-aspek kebahasaan dalam berbagai media pembelajaran. Di bawah ini merupakan kisi-kisi materi Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 Kurikulum Merdeka.

Bab 1 Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

  • Siswa mampu mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
  • Siswa dapat menyajikan Simpulan Sistematika dan Unsur-Unsur Isi Surat Lamaran Pekerjaan
  • Siswa dapat memformulasikan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
  • Siswa mampu membuat Surat Lamaran Pekerjaan
  • Siswa melaporkan Kegiatan Membaca Buku

Bab 2 Menikmati Cerita Sejarah Indonesia

  • Siswa mampu mengidentifikasi Informasi dalam Cerita Sejarah
  • Siswa mampu menganalisis Kebahasaan Teks Cerita Sejarah dalam novel
  • Siswa dapat mengonstruksi Nilai-Nilai dalam Novel Sejarah
  • Siswa dapat menulis cerita sejarah pribadi

Bab 3 Memahami Isu Teknis Lewat Editorial

  • siswa mampu mengidentifikasi Informasi dalam Teks Editorial
  • Menyeleksi Ragam Informasi sebagai Bahan Teks Editorial
  • Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial
  • Siswa dapat merancang Teks Editorial

Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan Jawabannya

Contoh soal UAS bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 Kurikulum Merdeka bisa dipelajari sebagai pematangan materi menjelang UAS. Berikut contoh soal UAS bahasa Indonesia kelas 12 lengkap dengan jawabannya.

Paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2. Bacalah dengan saksama !

1. Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ….

a. Besar harapan saya Bapak sudi menerimanya.

b. Terima kasih atas perhatiannya, semoga saya diterima.

c. Jika Bapak berkenan, saya harturkan banyak terima kasih.

d. Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih banyak.

e. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih

Jawaban E

2. Bacalah iklan berikut dengan saksama! Lowongan Kerja Perusahaan distributor makanan membutuhkan: Tenaga Chief Account

• Wanita

• Pengalaman minimal 10 tahun

• Menguasai komputer & program

Lamaran datang langsung setiap hari sabtu ke alamat: Komplek Perdagangan Sunter Muara Blok B, No. 18 Jakarta Utara Konfirmasi hari Senin-Jumat (Ibu Agung)

Telepon 121 – 6516353

Kompas, 28 Januari 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ….

a. Memenuhi iklan daripada harian Kompas, 28 Januari 2011, saya bermaksud mengisi lowongan sebagai tenaga ….

b. Sesuai dengan keinginan dan pendidikan saya memenuhi persyaratan yang dimuat di harian Kompas, maka saya ….

c. Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, 28 Januari 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga ….

d. Melalui iklan yang terbaca di harian Kompas, 28 Januari 2011, maka saya ingin melamar sebagai tenaga …..

e. Melalui surat ini, saya mengajukkan lamaran sesuai iklan dari Bapak/Ibu di harian Kompas, saya ingin melamar ….

Jawaban C

3. Bacalah iklan berikut dengan seksama!

PERUSAHAAN BUILDING MATERIAL MEMBUTUHKAN SEGERA MARKETING EXE P/W pengalaman min.2 tahun di bidang marketing Punya kendaraan sendiri. Lamaran lengkap dikirim ke: Jalan Sunter Agung Utara Raya Blok DI/5B Jak-Ut 14350

Kompas, 6 Oktober 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ….

a. Sehubungan dengan iklan, pada harian Kompas, 6 Oktober 2011, tentang lowongan sebagai Marketing Exe, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan ….

b. Setelah membaca iklan harian Kompas, 6 Oktober 2011 tentang lowongan kerja Marketing Exe, dengan ini saya ….

c. Berdasarkan iklan harian Kompas, 6 Oktober 2011 yang memuat tentang dibutuhkannya Marketing Exe, saya memberanikan diri melamar pekerjaan

d. Sesuai dengan iklan dalam harian Kompas, 6 Oktober 2011 instansi Bapak/Ibu membutuhkan Marketing Exe dan pekerjaan itu sangat saya butuhkan, maka ….

e. Melalui iklan dalam harian Kompas, 6 Oktober 2011, saya mendapatkan informasi bahwa Bapak/Ibu pemimpin membutuhkan Marketing Exe, dengan ini saya ….

Jawaban A

4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Bergitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merenduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak. Demikian pula dengan manusia yang tak berilmu dan tak berperasaan, ia akan semakin sombong dan garang. Oleh karena itu kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu menunduk.

Hal yang dianalogikan pada paragraf di atas adalah ….

a. sifat manusia dan sifat padi

b. keberhasilan manusia dan padi

c. manusia dan padi

d. sikap manusia dan padi

e. keadaan manusia dan keadaan padi

Jawaban A

Puisi ini untuk menjawab soal nomor 5 sd 7. Bacalah puisi berikut dengan saksama!

DIPONEGORO

Oleh Chairil Anwar

Di masa pembangunan ini

Tuan hidup kembali …..

Di depan sekali tuan menanti

Tak gentar lawan banyaknya seratus kali

Pedang di kanan keris di kiri

Berselempang semangat yang tidak bisa mati

Maju In barisan tak bergenderang-berpalu

Kepercayaan tanda menyerbu Sekali berarti

Sudah itu mati

5. kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang puisi tersebut adalah

a. Dan berjuang melawan panjajah

b. Dan bara kagum menjadi api

c. Dan berbakti pada bangsa

d. Dan memimpin rakyat berpedang

e. Dan membangun negeri

Jawaban B

6. Deret kata barisan tak bergenderang berpalu pada barisan kedua bait kedua bermakna ….

a. berperang membawa genderang

b. rasa kemanusiaan yang tinggi

c. semangat perjuangan tinggi

d. kesombongan membawa celaka

e. kepahlawanan yang terlupakan

Jawaban C

7. Hubungan antara tema puisi dengan masalah kehidupan saat in adalah ….

a. Kita harus berbuat apa yang bisa dilakukan. b. Lebih baik mati tertimbun tanah daripada hidup bercermin bangkai. c. Kita harus selalu menggelorakan semangat berjuang dalam membangun negeri yang kita cintai ini. d. Di dalam pembangunan saat ini kita harus percaya diri, bersemangat, kuat bekerja, dan tidak mengenal putus asa. e. Adapun rintangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi tidak membut kita cepat menyerah.

Jawaban D

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 8!

(1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

(2) Sejarah termasuk ilmu empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi.

(3) Sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

(4) Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

(5) Berbagai nilai dan kearifan yang terdapat dalam sebuah peristiwa sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.

8. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: A

Cermati teks berikut!

Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tercermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi Internasional Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematikasiswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.

10. Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ….

A. Kemampuan membaca

B. Kemampuan matematika

C. Kualitas pendidikan

D. Kemampuan IPA

E. Kualitas membaca

Jawaban: C

Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!

Hadirin yang saya hormati!

Assalamualaikum wr.wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmatNya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-73. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda. 11. Topik pidato tersebut adalah ….

a.Peringatan Sumpah Pemuda.

b. Mengenang ikrar para pemuda tahun lalu.

c. Merenungkan ikrar Sumpah Pemuda.

d. Penyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928.

e. Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

Jawaban A

12. Kalimat ajakan dalam teks pidato tersebut adalah ….

a. Ajaran memanjatkan doa ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa.

b. Peristiwa berkumpul dan terbentuknya ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda.

c. Mari kita berkumpul di tempat ini dalam memperingati Sumpah Pemuda.

d. Mari kita ikrarkan Sumpah Pemuda.

e. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda.

Jawaban E

Perhatikan paragraf rumpang berikut!

Puncak Jayawijaya atau di dunia dengan nama Piramida Carstenz memiliki suhu hingga nol derajat celcius, bahkan bisa minus pada kondisi-kondisi tertentu. Di puncak Jayawijaya oksigen ....didapatkan. Puncak Jayawijaya merupakan tujuan trekking yang ....karena memiliki medan terjal dan berbahaya. Namun, itu semua akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh gunung tersebut. Keindahan pemandangan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para trakker jika bisa sampai di Piramida Carstensz.

13. Frasa tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....

A. Tidak sulit, kurang menantang

B. Tidak sulit, lebih menantang

C. Sangat sulit, sangat menantang

D. Sangat sulit, tidak menantang

E. Lebih sulit, sangat menantang

Jawaban: C

14. Perhatikanlah penutup surat lamaran pekerjaan berikut! Besar harapan saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas kebaikannya, dihaturkannya terima kasih. Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ….

a. Besar harapan saya, Bapak dapat mempertimbangkan lamaran saya. Atas kebijaksanaannya, diucapkan terima kasih.

b. Besar harapan saya, Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

c. Mohon Bapak dapat menerima saya. Atas kebijaksanaannya kepada saya, saya ucapkan terima kasih.

d. Sudilah kiranya Bapak menerima saya. Atas kebijaksanaan Bapak , dihaturkan terima kasih.

e. Atas kebijaksanaan menerima saya di perusahaan Bapak, sayang mengucapkan terima kasih.

Jawaban: E

15. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!

Teman-teman, seperti yang telah saya uraukan sebelumnya bahwa kenakalan remaja dapat dibatasi dengan salah satu cara, yaitu menyalurkan kelebihan energi yang dimiliki remaja pada kegiatan yang positif dan dinamis….

Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ….

a. Oleh karena itu, marilah kita bekerja sama mencari jalan keluar untuk kegiatan remaja yang positif dan dinamis agar dapat mengurangi dampak negatif kenakalan remaja.

b. Oleh sebab itu, diharapkan pandangan positif dari orang dewasa terhadap ramajaremaja seperti kita ini.

c. Oleh karena itu, marilah kita tuntut pihak sekolah agar membuka kegiatan ekstrakulikuler sebanyak-banyaknya demi penyaluran hobi kita.

d. Oleh sebab itu, remaja dan kenakalannya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan modern ini

e. Oleh karena itu, marilah Bersamasama kita rajin membantu orang tua agar mereka sayang dan tidak menudng remaja yang nakal.

Jawaban A

16. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!

(1) Pada Agustus 1943, kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang.

(2) Kapal terbelah dua, dan dua belas orang awaknya tewas.

(3) JFK, beberapa kru, dan awak kapal yang selamat.

(4) Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.

(5) JFK melakukan tindakan heroik, menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.

(6) Dia dan krunya akhirnya selamat, setelah ditemukan oleh penduduk asli.

Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)

E. (5) dan (6)

Jawaban: C

Cermati penulisan judul berikut!

Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.

17. Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah ....

A. Sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

B. Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

C. Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

D. Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

E. Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

Jawaban: B

18. (1) Dalam masalah Taiwan, Jepang mendukung AS untuk mempertahankan Taiwan jika ada serangan dari Cina. (2) Dalam bidang politik, Cina dan Jepang berkompetisi dalam menaruh pengaruh di Asia Timur. (3) Persaingan itu terlihat dengan perlombaan dalam memperluas kekuatan militer masing-masing negara. (4) Kedua negara kini terlibat persaingan dalam mendominasi seluruh kekuatan. Paragraf di atas jika disusun dengan pola deduktif, urutan penulisannya adalah ….

a. 1, 2, 3, 4

b. 2, 4, 3, 1

c. 3, 2, 4, 1

d. 4, 3, 1, 2

e. 3, 4, 2, 1

Jawaban B

19. (1) Menurut seorang pengembang, pengembang agribisnis dan argoindustri merupakan tuntutan perkembangan logis. (2) Pengembang telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. (4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan. Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor ….

a. (1) dan (4)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (3)

d. (1) dan (4)

e. (3) dan (4)

Jawaban A dan D 20. 20. Berita ribuan unggas ternak mati karena flu burung di Indonesia pertama kali dilaporkan juli 2004, tetapi berita tentang manusia terkena flu burung baru di keluarga Iwan yang meninggal pecan lalu. Padahal, almarhum Iwan bukan peternak burung dan tidak memelihara burung di rumahnya. Oleh karena itu, masyarakat heboh dan Menteri Kesehatan menjadi sibuk. Pemerintah belum memberikan penjelasan yang cukup. Simpulan paragraf tersebut adalah ….

a. Ribuan unggas ternak mati terkena flu burung.

b. Flu burung menyerang Indonesia pada Juli 2014.

c. Masyarakat resah karena kurang informasi.

d. Di Indonesia, flu burung juga menyerang manusia.

e. Menteri Kesehatan bertambah sibuk.

Jawaban D

21. Bacalah paragraf berikut!

Bendungan Gerak Paramayan Baru di Kabupaten Serang, Banten, yang berfungsi sebagai pengatur irigasi ribuan hektar sawah di wilayah Banten, mulai mongering akibat menurunnya volume air setelah akhir juli. Kondisi yang ditimbulkan oleh musim kemarau diperkirakan berlangsung hingga lima bulan kedepan. Gagasan utama paragraph di atas adalah ….

a. Bendungan Gerak Paramayan Baru berfungsi mengairi ribuan hektar sawah di wilayah Banten.

b. Volume air Bendungan Gerak Paramayan Baru menurun.

c. Bendungan Gerak Paramayan Baru mulai mengering.

d. Kondisi itu meresahkan penduduk.

e. Musim kemarau diperkirakan berlangsu hingga lima bulan ke depan.

Jawaban C

22. Pada tahun 1952, Clifford Geert mempopulerkan tipologi santri, yaitu abangan dan priyayi sebagai katagori sosial yang ada dalam masyarakat jawa. Menurut Parsudi Suparlan, pengkategorian tersebut dibuat bukan sebagai sesuatu yang saling bertentangan, tetapi justru untuk memperlihatkan adanya saling ketergantungan, tetapi justru untuk memperlihatkan adanya saling ketergantungan di antara ketiganya. Sastro ingin anak cucunya mengerti bahwa hidup sebagai priyayi adalah mengabdi dan setia kepada raja dan negara. Ketergantungan ketiga kategori tersebut. Terwujud dalam kehidupan birokrasi kota. Meskipun demikian, sampai saat ini polemik belum juga selesai dalam masyarakat jawa.

Kalimat yang tidak koheren (padu) dalam paragraf tersebut, terdapat dalam kalimat urutan ….

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat

e. kelima

Jawaban C

23. Para seniman merasa menjadi warga kelas dua, Frasa warga kelas dua dalam kalimat tersebut berarti ….

a. masyarakat yang terdiri dari seniman

b. masyarakat yang tidak disenangi

c. masyarakat yang dianggap rendah

d. masyarakat yang tak punya uang

e. masyarakat yang tak punya materi

Jawaban C

24. Bacalah paragraf Ini!

Pemasaran narkoba dilakukan dengan memberi contoh cuma-cuma untuk satu atau dua kali pemakaian. Jika ada kecocokan baru dikenakan biaya sesuai dengan jenis barang yang dipakai. Pemakaian pasti akan membeli dengan cara menukarkan barangbarang pribadi dengan barang haram tersebut atau mencuri milik orang lain. Sekarang ini, masalah narkoba sudah menjadi serius bagi bangsa Indonesia. Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf di atas adalah ….

a. Penggunaan narkoba harus diberantas.

b. Pemerintah harus turun tangan dalam masalah tersebut.

c. Harus ada kerja sama berbagai pihak dalam mencegah dan menanggulangi narkoba.

d. Memang sulit memberantas narkoba di Indonesia.

e. Lingkungan keluarga terus bertanggung jawab sebagai lingkungan yang utama.

Jawaban C

25. Bacalah paragraf berikut!

Keberadaan PKL cukup memusingkan Pemda Kota Malang, dan rupanya belum ada kebijakan dan konsep yang pas dalam menanganinya. Bahkan, banyak yang bermain “kucing-kucingan” baik pada PKL-nya maupun aparatnya. Menurut penelitian Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang yang bekerja sama dengan Pemda/Bappeda kota Malang, sebanyak 44,7% PKL meminta izin kepada perorangan/kelompok aparat. Hanya 42,1% izin resmi dari pemerintahan daerah. Masalah yang disoroti dalam paragraf tersebut adalah ….

a. PKL semakin marak mengais rezeki di pinggir-pinggir jalan di kota Malang.

b. PKL yang membludak mengakibatkan lalu lintas di sekitarnya semrawut.

c. Keberadaan PKL yang cukup membantu Pemda Malang.

d. Penelitian PKL oleh pemda dan Universitas Muhammadiyah Malang.

e. Keberadaan PKL kota Malang belum semua memiliki izin resmi.

Jawaban: E

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL PTS atau tulisan lainnya dari Sarah Rahma Agustin

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Yulaika Ramadhani