Menuju konten utama

Rangkuman Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12 Semester 1

Temukan rangkuman materi Surat Lamaran Pekerjaan kelas 12 SMA Semester 1 mulai fungsi hingga jenis surat lamaran pekerjaan dan contohnya di sini.

Rangkuman Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12 Semester 1
ilustrasi pelajaran bahasa indonesia. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Materi Surat Lamaran Pekerjaan kelas 12 SMA termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Semester 1 Kurikulum Merdeka. Berikut ini rangkuman materinya, mulai dari jenis hingga fungsi surat lamaran pekerjaan termasuk contohnya.

Materi Surat Lamaran Pekerjaan kelas 12 disampaikan kepada siswa sebagai bekal untuk melamar pekerjaan di masa depan. Pasalnya, kelas 12 SMA, MA, SMK, MAK atau yang sederajat adalah tahun terakhir siswa dalam program wajib belajar 12 tahun.

Setelah lulus dari jenjang SMA, siswa dapat memilih untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi atau langsung bekerja. Jika siswa memilih untuk langsung bekerja, materi Surat Lamaran Pekerjaan kelas 12 ini dapat menjadi acuan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan dan Fungsinya

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang digunakan seorang pelamar kerja untuk mengajukan diri kepada instansi atau perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan atau jabatan. Surat ini bersifat resmi sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa formal.

Seperti dikutip dari buku Cara Mudah Menulis Surat Lamaran Kerja oleh M. Handika, Khoirul Bahtiar, Ayu Andini (Guepedia, 2020) berikut ini sejumlah fungsi surat lamaran pekerjaan.

1. Sebagai Tanda Tertulis atau Resmi Pengajuan Permohonan Pekerjaan

Hadirnya surat lamaran pekerjaan berarti permohonan bersifat resmi dan akan langsung dipertimbangkan sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar.

2. Sebagai Alat Komunikasi

Setiap surat lamaran pekerjaan mengandung informasi yang akan sangat diperlukan oleh pihak yang dituju. Dalam surat lamaran, informasi yang dibutuhkan, yaitu informasi mengenai data dan identitas pelamar.

Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya akan terlampir ijazah, daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, dan keterangan pengalaman pekerjaan. Semua informasi tersebut akan sangat diperlukan oleh suatu perusahaan atau instansi yang dituju sebagai bahan pertimbangan untuk menerima pelamar.

3. Sebagai Bahan Pertimbangan

Hadirnya surat lamaran pekerjaan dan berbagi informasi mengenai identitas diri, merupakan kebutuhan untuk melakukan sebuah pertimbangan bagi perusahaan menerima pelamar yang tepat mengisi pekerjaan yang kosong.

Jenis-jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Kelas 12 adalah penghujung tahun bagi siswa dalam mengikuti program wajib belajar 12 tahun. Selanjutnya, siswa dapat merencanakan masa depannya dengan melanjutkan studi atau langsung berkarier.

Tentunya setiap siswa memiliki keahlian dan keinginan yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dipunya?

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menulis surat lamaran pekerjaan dan mengirimkannya ke instansi yang dituju. Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis dan dikirim oleh pelamar kepada instansi yang membuka lowongan pekerjaan.

Terdapat dua jenis surat lamaran pekerjaan berdasarkan jenis pembuatannya, yakni sebagai berikut:

  • Surat Lamaran Pekerjaan Model Gabungan, yakni surat digabungkan dengan Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV). Artinya CV turut dimuat dalam surat yang akan dikirim
  • Surat Lamaran Pekerjaan Model Terpisah, yakni Riwayat Hidup atau CV dikirimkan sebagai lampiran. Model ini lebih banyak digunakan oleh pelamar karena karakter dalam surat tidak terlalu panjang

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan berfungsi sebagai tanda tertulis yang resmi untuk mengajukan permohonan pekerjaan. Surat ini juga dapat berperan sebagai bahan pertimbangan bagi instansi dalam menerima pelamar.

Selain itu, seperti surat lainnya, surat lamaran pekerjaan juga berfungsi sebagai alat komunikasi dari pelamar untuk instansi tujuan.

Mengingat fungsinya yang cukup krusial, surat ini perlu disusun sebaik-baiknya dengan memperhatikan unsur atau struktur surat.

Selain itu, surat lamaran pekerjaan juga memiliki struktur. Adapun struktur surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:

  • Tesis (Pernyataan Umum): bagian ini memuat salam pembuka, pembuka, dan biodata pelamar
  • Argumentasi: menyajikan alasan untuk menerima pelamar, bagian ini memuat informasi pendukung kompetensi pelamar meliputi fotokopi ijazah, curriculum vitae, atau sertifikat yang menunjukkan prestasi
  • Penegasan (penutup): bagian ini memuat harapan pelamar, salam penutup, nama, dan tanda tangan pelamar

Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja

Selain struktur, surat lamaran pekerjaan juga memiliki bagian-bagian. Sejumlah bagian ini ada di surat tersebut dari awal hingga akhir surat.

Adapun bagian-bagian dari surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:

  • Kepala surat
  • Tempat dan tanggal penulisan surat
  • Salam pembuka
  • Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan
  • Lampiran persyaratan dari instansi
  • Penutup surat
  • Tanda tangan dan nama terang pelamar

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Dalam mengawali surat lamaran pekerjaan, pelamar perlu menyebutkan sumber lamaran dan dari mana informasi lowongan tersebut didapatkan.

Misalnya, pelamar mendapatkan informasi lowongan dari sosial media instansi, dapat menuliskan:

“Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan di sosial media instansi X pada 7 Agustus 2024 bahwa terdapat lowongan untuk posisi staf pemasaran. Melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu…”

Selanjutnya, pelamar perlu memperkenalkan diri diikuti dengan data diri lengkap meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, riwayat pendidikan, kemampuan hingga riwayat pekerjaan. Posisi yang dituju juga perlu disebutkan dengan jelas dalam surat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini disajikan contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar:

Nama Kota, Tanggal Bulan Tahun

Kepada Yth,

Bapak / Ibu Pimpinan

u.p. Kepala Personalia

di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama Lengkap:

Tempat Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Pendidikan Terakhir:

Bersama dengan surat lamaran pekerjaan ini, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang bapak / ibu pimpin, untuk mengisi posisi Supervisor.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya melampirkan beberapa ijazah dan sertifikat yang saya miliki:

1. Ijazah

2. Transkrip Nilai

3. Sertifikat kursus 1

4. Sertifikat kursus 2

5. Sertifikat kursus 3

6. Sertifikat kursus 4

7. Kartu Tanda Penduduk

8. SIM A / SIM C

Demikian permohonan ini saya sampaikan Semoga bapak / Ibu dapat mempertimbangkannya.

Atas perhatian bapak / ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Lengkap Pelamar)

Baca juga artikel terkait BAHASA INDONESIA atau tulisan lainnya dari Aisyah Yuri Oktavania

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis