Menuju konten utama
Bahasa Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja: Cara Membuat dan Menulisnya

Berikut adalah cara menuliskan surat lamaran kerja beserta contoh yang benar. 

Contoh Surat Lamaran Kerja: Cara Membuat dan Menulisnya
Ilustrasi lowongan kerja. antara foto/prasetia fauzani/foc/16.

tirto.id - Surat lamaran kerja adalah surat permohonan kerja yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar pekerjaan). Pasalnya, surat lamaran kerja termasuk syarat dalam mencari pekerjaan. Kemudian, surat itu akan dikirimkan kepada suatu badan usaha atau instansi guna mendapat pekerjaan yang sesuai dengan penawarannya.

Menurut buku Pendoman Lengkap Menulis Surat, umumnya para pelamar pekerjaan akan memperoleh informasi lowongan pekerjaan dari media masa, seperti koran, majalah, ataupun sosial media.

Di dalam surat lamaran kerja akan tercantum data pribadi pelamar dan berbagai lampiran, sebagai bahan pertimbangan bagi kantor atau perusahaan yang bersangkutan.

Lantas, surat lamaran kerja akan memperoleh tanggapan dari perusahaan yang bersangkutan, berupa panggilan wawancara atau penolakan terhadap pelamar pekerjaan. Lantas, bagaimana cara membuat dan menulis surat lamaran kerja?

Cara membuat surat lamaran kerja

Penulisan surat lamaran kerja berbeda dengan penulisan surat-surat bisnis lainnya. Terdapat dua unsur penting yang harus diajukan oleh pelamar pekerjaan.

Dua unsur itu adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Di dalam surat lamaran kerja, terdapat keinginan pelamar untuk bekerja di perusahaan yang dilamar.

Sementara daftar riwayat hidup merupakan penunjang penting lainnya yang memuat informasi mengenai latar belakang pendidikan dan keahlian yang dimiliki oleh pelamar. Secara umum, surat lamaran kerja dibagi ke dalam empat jenis.

  1. Surat lamaran yang dikirim langsung ke kantor atau perusahaan.
  2. Surat lamaran berdasarkan iklan lowongan kerja.
  3. Surat lamaran melalui kantor penempatan tenaga kerja.
  4. Surat lamaran berdasarkan informasi dari teman, kenalan, maupun saudara.

Berikut penjelasan terkait cara membuat surat lamaran kerja, dikutip dari buku Think Smart Bahasa Indonesia.

1. Perhatikan syarat mengenai surat lamaran kerja

  • Penggunaan kata di dalam surat lamaran kerja harus sopan, sederhana, dan ringkas. Isi surat lamaran kerja mesti menggambarkan kemampuan kerja pelamar dan niatnya untuk bekerja di bidang yang ditawarkan, sesuai dengan kemampuan, tingkat pendidikan, dan cita-citanya.
  • Khusus untuk perusahaan swasta, surat lamaran kerja dilarang bernada meminta belas kasihan atau hal-hal yang sifatnya merendahkan martabatnya sendiri. Di dalam surat lamaran kerja perlu dicantumkan, sumber informasi lamaran kerja.
  • Upayakan agar surat lamaran kerja ditulis dengan rapih (apabila diminta ditulis tangan) dan hasil tulisan tangan sendiri. Hal ini bertujuan agar pihak perusahaan mampu mengenali kepribadian pelamar dengan lebih mudah.

2. Perhatikan bahasa surat lamaran kerja

Umumnya, surat lamaran kerja ditulis oleh tangan sang pelamar pekerjaan. Maka, upayakan agar surat lamaran kerja ditulis dengan rapih, ringkas, dan sopan. Surat lamaran kerja juga harus menonjolkan kepribadian pelamar.

3. Perhatikan isi surat lamaran kerja

Isi surat lamaran kerja harus mencantumkan informasi yang esensial dari sang pelamar pekerjaan. Berikut isi lamaran kerja.

  • nama lengkap;
  • jenis kelamin;
  • tempat dan tanggal lahir;
  • kewarganegaraan;
  • status perkawinan;
  • alamat lengkap;
  • ijazah pendidikan formal (sebutkan pendidikan formal terakhir), atau;
  • ijazah pendidikan informal (kursus kejuruan).

4. Tuliskan pengalaman kerja

Apabila pelamar belum memiliki pengalaman kerja, maka sebutkan keterampilan kerja dalam bidang pekerjaan yang dilamarnya berdasar pada pendidikan yang diraihnya.

Misalnya, sarjana lulusan jurusan farmasi telah dibekali dengan keterampilan kerja di bidang produksi obat-obatan. Sementara pelamar yang telah memiliki pengalaman pekerjaan, dapat menyebutkan pengalaman kerjanya dalam bidang yang dilamar.

5. Perhatikan model surat lamaran kerja

Pelamar pekerjaan harus memperhatikan model surat lamaran kerja dengan perusahaan yang dilamar. Hal ini penting, karena dapat mempengaruhi hasil seleksi penerimaan karyawan.

Sebaiknya, surat lamaran kerja yang dibuat menggunakan model resmi (official style). Gunakan kata "saya" untuk menjelaskan diri sendiri. Kemudian, gunakan kata ganti orang yang dituju dengan kata "Bapak/Ibu".

6. Perhatikan lampiran di surat lamaran kerja

Umumnya, perusahaan yang memberikan lowongan pekerjaan akan mengharuskan pelamar untuk melampirkan sejumlah data, seperti ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, dan foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Oleh karena itu, pelamar kerja dianjurkan untuk dapat membaca persyaratan lampiran pada surat lamaran kerja yang diminta oleh perusahaan dengan teliti.

Contoh surat lamaran kerja

Contoh surat lamaran kerja dapat diakses pada link ini.

Baca juga artikel terkait SURAT LAMARAN KERJA atau tulisan lainnya dari Ega Krisnawati

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto