Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru 2023 SMP-SMA PKN dan Kunci Jawabannya

Berikut kumpulan contoh soal PPPK Guru 2023 SMP-SMA PKN dan kunci jawabannya beserta link download PDF.

Contoh Soal PPPK Guru 2023 SMP-SMA PKN dan Kunci Jawabannya
Sejumlah Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 mengikuti peresmian dan penyerahan Surat Keputusan (SK) di The Sultan Convention Center, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (25/5/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.

tirto.id - Contoh soal PPPK Guru 2023 SMP-SMA pelajaran PKN berikut ini dapat digunakan sebagai bahan belajar menjelang tes kompetensi. Jadwal tes kompetensi PPPK Guru 2023 adalah tanggal 9-18 November 2023.

Pelamar PPPK Guru 2023 yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi bisa melakukan persiapan menghadapi tes kompetensi dengan mempelajari contoh soal.

Dalam tes kompetensi PPPK Guru 2023, pelamar formasi guru PKN harus mengerjakan sejumlah soal yang sesuai dengan bidangnya. Salah satunya adalah soal PPPK Guru PKN.

Berdasarkan pada KemenpanRB Nomor 649 Tahun 2023, tes kompetensi PPPK Guru 2023 menguji kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan ditambah wawancara. Jumlah soal tes kompetensi PPPK ada 145 butir.

Dalam tes kompetensi PPPK, nilai kumulatif maksimal adalah 670. Rincian pembagian nilai kumulatif itu ialah: untuk kompetensi teknis 470; kompetensi manajerial dan sosial kultural 180; dan wawancara 40.

Adapun nilai ambang batas atau passing grade PPPK Guru 2023 adalah:

  • Kompetensi Teknis: Berbeda-beda sesuai jabatan fungsional (cek di sini).
  • Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural: 117
  • Wawancara: 24.

Contoh Soal PPPK 2023 Guru PKN SMP-SMA

Berikut ini beberapa contoh soal PPPK Guru 2023 SMP-SMA PKN beserta dengan jawaban yang dicetak dengan tulisan tebal:

1. Kurikulum mata pelajaran PKN memuat tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic disposition). Analisis hukum digunakan ketika membicarakan tentang....

A. peranan partai politik dalam penyuluhan hukum di masyarakat

B. penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan undang-undang

C. pengaruh struktur sosial terhadap kesadaran hukum masyarakat

D. fungsi legislasi yang dimiliki oleh Dewan Perwakilan Rakyat

E. hambatan kultural dalam membangun sistem hukum nasional

2. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk kompetensi dasar: “Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan” adalah ....

A. melaksanakan ketentuan norma kesopanan di lingkungan sekolah

B. menganalisis berbagai norma-norma yang berlaku di masyarakat

C. menjelaskan makna berbagai norma yang berlaku di masyarakat

D. mengidentifikasi berbagai kasus pelanggaran norma di masyarakat

E. menunjukkan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat

3. Iksan akan mengajar PKN dengan indikator pencapaian kompetensi: “mensintesiskan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.” Model pembelajaran yang tepat adalah....

A. simulasi

B. debat

C. diskusi

D. ceramah

E. praktik

4. Para pemuda telah membuktikan peranannya yang sangat monumental dan bersejarah dalam meletakkan dasar yang kokoh bagi terbentuknya Indonesia merdeka, yang dibuktikan dengan lahirnya Sumpah Pemuda 1928. Pengembangan materi pembelajaran yang mengarahkan pada integrasi nasional pada masa sekarang dapat berupa....

A. pilihan politik identitas menjadi ajang pertarungan ideologi

B. pilihan politik bersifat sementara untuk memenangkan pemilu

C. pemilu merupakan ajang adu argumentasi dan program pembangunan

D. tokoh politik mengemukakan janjinya untuk menarik pemilih

E. banyaknya partai politik simbol keberhasilan demokrasi

5. Intan sebagai guru PPKn merumuskan indikator pencapaian kompetensi dalam pembelajaran yang berisi “membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila”. Untuk itu, materi ajar yang tepat untuk dikembangkan adalah....

A. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia

B. perumusan dasar negara oleh BPUPKI

C. pendapat para pendiri negara tentang Pancasila

D. perumusan dasar negara dalam sidang panitia sembilan

E. Pancasila sebagai ideology negara Indonesia

6. Santiaji akan mengajar mata pelajaran PKN dan merumuskan tujuan pembelajaran: “siswa dapat melakukan kerja sama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.” Pendekatan yang tepat untuk diterapkan adalah....

A. induktif

B. deduktif

C. individual

D. kelompok

E. saintifik

7. Seorang guru PPKn akan menerapkan model pembelajaran project citizen. Materi pembelajaran yang sesuai yaitu....

A. sejarah pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda

B. menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda

C. peran generasi muda dalam mencetuskan sumpah pemuda

D. peran organisasi yang memunculkan gerakan Sumpah Pemuda

E. mengidentifikasi nilai-nilai Sumpah Pemuda

8. Seorang guru PPKn SMP akan menerapkan metode pembelajaran inquiry. Indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk dikembangkan yaitu ....

A. mengidentifikasi adat-istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat

B. menentukan berbagai dampak jika nilai-nilai Pancasila tidak diamalkan

C. mendeskripsikan perilaku yang sesuai untuk pengamalan sila-sila Pancasila

D. mengidentifikasi berbagai contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

E. menyebutkan kelebihan dan kekurangan nilai-nilai demokrasi Pancasila

9. Seorang pendidik meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil telaah tentang akibat pelanggaran lalu lintas melalui metode diskusi. Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah....

A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok

B. meminta peserta didik mengidentifikasi masalah

C. mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas

D. melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok

E. menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan

10. Slamet meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil telaah tentang akibat pelanggaran lalu lintas melalui metode diskusi. Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah....

A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok

B. meminta peserta didik mengidentifikasi masalah

C. mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas

D. melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok

E. menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan

11. Jika ada siswa memainkan hape di kelas ketika guru sedang mengajar, reinforcement yang tepat diberikan oleh guru kepada anak tersebut adalah....

A. memberikan ancaman

B. memberikan hukuman

C. memberikan tugas tambahan

D. memberikan peringatan

E. mendekati siswa tersebut

12. Ketua Komisi Yudisial (KY) melihat banyak hakim yang melanggar hukum dalam menjalankan tugasnya. Komisi Yudisial juga bertugas mengajukan usul penjatuhan sanksi terhadap hakim kepada pimpinan Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Berdasar wacana di atas, keterampilan kewarganegaraan yang harus dimiliki siswa sebagai warga negara adalah....

A. menganalisis kasus-kasus hukum yang melibatkan hakim

B. merancang usulan sanksi yang tepat terhadap hakim melanggar hukum

C. mendorong agar KY memberikan sanksi berat bagi hakim melanggar hukum

D. mengevaluasi putusan MA apabila memecat semua hakim melanggar hukum

E. memahami tugas-tugas dari lembaga tinggi negara

13. Ketika dalam kegiatan pembelajaran, guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah dari berbagai sumber belajar, tampilan guru tersebut dikategorikan sebagai ....

A. mengamati lingkungan

B. mengumpulkan informasi

C. mengidentifikasi masalah

D. menemukan masalah

E. merumuskan masalah

14. Penilaian pembelajaran PKN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Ketika dalam suatu kegiatan penilaian pembelajaran, guru menggunakan instrumen yang berbeda antara peserta didik laki-laki dan perempuan, kegiatan penilaian tersebut dikategorikan sebagai tindakan yang tidak....

A. objektif

B. adil

C. sahih

D. akuntabel

E. valid

15. Kegiatan mengembangkan kisi-kisi penilaian dalam prosedur penilaian pembelajaran PPKn dilaksanakan setelah....

A. tujuan pembelajaran diketahui

B. teknik penilaian ditentukan

C. penilaian telah dilaksanakan

D. instrumen penilaian telah disusun

E. kunci jawaban disusun

16. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah....

A. lembar observasi

B. produk

C. projek

D. skala sikap

E. tes tertulis uraian

17. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah....

A. membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional

B. mengerjakan PR tentang makna dan arti kebangkitan nasional 1908

C. membuat karya tulis tentang kebangkitan nasional 1908

D. membuat ringkasan isi buku Sukarno

E. melakukan ulangan harian ulang

18. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan IPK “mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” adalah....

A. jurnal

B. projek

C. unjuk kerja

D. observasi

E. tes tertulis

19. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PKN yang sering ditemukan adalah kebosanan peserta didik, iklim belajar yang tidak kondusif. Solusi yang bisa dipergunakan guru terhadap masalah belajar tersebut yang paling sesuai dengan jiwa Kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan model pembelajaran....

A. scientific approach

B. cooperative learning

C. contextual teaching and learning

D. discovery learning

E. project based learning

20. Penggunaan teknologi terbaru dapat dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik maksimal. Untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara ....

A. membaca buku elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

B. membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

C. membuat karya tulis tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

D. membuat ringkasan isi buku elektronik tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia

E. melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD NRI Tahun 1945

21. Bagi negara yang merdeka dan berdaulat dasar negara memiliki kedudukan yang penting karena....

A. tanpa dasar negara tidak memenuhi unsur negara

B. dengan dasar negara banyak negara yang mengakui

C. dasar negara menjadikan masyarakat menjaga ketertiban

D. pemerintahan yang maju harus memiliki dasar negara

E. sebagai dasar mengatur penyelenggaraan negara

22. Dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara melibatkan utusan dari berbagai wilayah di Indonesia, hal itu dimaksudkan agar....

A. sesuai dengan kehendak pemerintah Jepang

B. tindak lanjut dari peristiwa Sumpah Pemuda

C. sebagai perwakilan pejuang kemerdekaan

D. ada keterwakilan seluruh Bangsa Indonesia

E. perwakilan organisasi di wilayah Indonesia

23. Berikut contoh perilaku yang mencerminkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah....

A. presiden membuat kebijakan pembangunan infrastruktur baru

B. DPR membuat undang-undang tentang pendidikan

C. presiden memilih menteri-menteri di kabinet kerja

D. presiden menghadiri hajatan pernikahan putri anggota DPR

E. Warga luar daerah membantu korban bencana wilayah lain

24. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dapat dilihat dari contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti....

A. perayaan hari besar agama dihadiri Presiden dan semua pejabat negara

B. Presiden menghadiri undangan pesta perkawinan anak Ketua MPR

C. warga negara boleh mengajukan uji materiil undang-undang di MK

D. mengembangkan sikap toleransi ketika bertemu dengan sahabat dari lain pulau

E. memajukan kebudayaan daerah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

25. Penggunaan pesan singkat melalui media sosial memengaruhi bentuk pola silaturahmi antarwarga di Indonesia yang bila berlanjut secara sosial dimungkinkan terjadi kondisi....

A. menurunnya kualitas hidup gotong-royong

B. penggunaan alat komunikasi yang canggih

C. internet dalam keluarga sebagai kebutuhan

D. semakin kuatnya ikatan kekeluargaan

E. hubungan guru dan siswa semakin akrab.

Download Contoh Soal PPPK Guru SMP-SMA PKN

Kumpulan contoh soal PPPK Guru SMP-SMA PKN selengkapnya dapat diunduh melalui link download berikut ini:

Link Download Contoh Soal PPPK Guru PKN

Selain itu, pelamar PPPK Guru 2023 PKN juga bisa mempelajari materi pembelajaran dari Kemdikbudristek melalui link unduh berikut ini:

Modul Belajar Calon PPPK Guru PKN (1)

Modul Belajar Calon PPPK Guru PKN (2)

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom