Menuju konten utama

40 Contoh Soal PPPK Guru PKN SMP-SMA & Jawabannya

Berikut contoh soal PPPK Guru PKN SMP-SMA dan jawabannya beserta link unduh kumpulan pertanyaan.

40 Contoh Soal PPPK Guru PKN SMP-SMA & Jawabannya
Sejumlah Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 mengikuti peresmian dan penyerahan Surat Keputusan (SK) di The Sultan Convention Center, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (25/5/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.

tirto.id - Pelamar PPPK Guru yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi baiknya mempelajari contoh soal untuk persiapan tes kompetensi. Sejumlah contoh soal PPPK Guru PKN SMP-SMA berikut bisa dipakai bahan belajar. Berbagai pertanyaan untuk guru PKN calon PPPK tersebut sudah disertai jawaban.

Saat tes kompetensi tersebut, pelamar akan menemui sejumlah soal PPPK PKN yang hadir dalam bentuk pilihan ganda. Soal PPKN untuk calon PPPK guru tersebut ada yang terkait materi maupun metode pembelajaran PKN.

Puluhan pertanyaan di bawah ini memuat contoh-contoh soal PPPK guru PKN SMP. Selain itu, ada juga contoh pertanyaan untuk soal PPPK guru PKN SMA.

Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Guru PKN dan Jawabannya

Berikut ini beberapa contoh soal PPPK Guru PKN SMP-SMA beserta jawaban yang dicetak dengan tulisan tebal:

1. Selaras dengan tata urutan peraturan perundangan-undangan di Indonesia, UUD 1945 berfungsi sebagai....

  • A. Landasan ideal hukum nasional Indonesia
  • B. Sumber rujukan perundang-undangan di Indonesia
  • C. Sumber segala hukum di Indonesia
  • D. Satu kesatuan dengan kebiasaan dasar nasional
  • E. Alat ukur pengujian peraturan daerah
2. Model pembelajaran yang sesuai untuk indikator pencapaian kompetensi yang berupa "mengidentifikasi faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa dalam NKRI" adalah....

  • A. Project based learning berupa citizenzhip project
  • B. Discovery learning
  • C. Pembiasaan
  • D. Cooperative learning
  • E. Problem based learning
3. Pasal 22 E ayat (5) UUD 1945 memberikan dasar bahwa penyelenggara pemilihan umum di Indonesia adalah...

  • A. Komisi Pemilihan Umum di tingkat pusat
  • B. Komisi Pemilihan Umum di tingkat kabupaten/kota
  • C. Komisi Pemilihan Umum yang namanya tidak harus KPU
  • D. Komisi Pemilihan Umum baik pusat maupun daerah
  • E. Komisi Pemilihan Umum yang namanya KPU
4. Dalam praktik pembelajaran berupa "mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari," indikator keterampilan kewarganeraan adalah....

  • A. Menjelaskan pentingnya tanaman bunga di sekolah
  • B. Membuat rencana aksi menanam tanaman bunga di halaman sekolah
  • C. Mengumpulkan data jenis bunga yang cocok untuk ditanam di sekolah
  • D. Mengumpulkan data jenis bunga yang cocok ditanam di sekolah
  • E. Membikin kliping tentang tanaman bunga yang dapat ditanam di sekolah
5. Dalam rangka perumusan UUD NRI 1945, sebelum sidang pada 18 Agustus 1945, susunan anggota PPKI yang semula 21 orang ditambah menjadi 27 orang. Penambahan jumlah anggota PPKI ini mengindikasikan bahwa....

  • A. Adanya penguatan perwakilan Borneo untuk mendukung kemerdekaan Indonesia
  • B. Pelibatan generasi muda dalam proklamasi kemerdekaan RI
  • C. Pelibatan golongan minoritas dalam pembentukan Republik Indonesia
  • D. Semua komponen bangsa dilibatkan dalam upaya mewujudkan kemerdekaan RI
  • E. Semua pulau memiliki perwakilan dalam proses pembentukan Indonesia merdeka
6. Setelah Jepang menyerah pada Sekutu, janji mereka untuk memberikan kemerdekaan pada Indonesia tidak mungkin ditepati. Maka dari itu, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 merupakan....

  • A. Hasil perjuangan golongan muda pendukung kemerdekaan RI
  • B. Hadiah dari Jepang
  • C. Kompromi golonga tua dengan pemenang Perang Dunia II
  • D. Hasil keberanian dan tekad seluruh bangsa Indonesia untuk merdeka
  • E. Hasil pemberian Sekutu yang mengalahkan Jepang
7. Materi PPKN yang sesuai dengan kompetensi dasar berupa "menunjukkan sikap peduli terhadap berbagai masalah yang muncul dalam ranah sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan solusi pemecahannya dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika," adalah....

  • A. Mengenal upacara Ngaben di Bali
  • B. Menganalisis fenomena masyarakat antre sembako
  • C. Mengenalisis fenomena relawan dari berbagai daerah membantu korban bencana
  • D. Menganalisis fenomena arus mudik-balik saat perawayaan Idul Fitri
  • C. Menganalisis fenomena masyarakat menunaikan ibadah tarawih saat Ramadhan
8. Warga diaspora yang belum kawin bisa mengajukan proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia apabila telah berusia....

  • A. 18 tahun
  • B. 19 tahun
  • C. 21 tahun
  • D. 25 tahun
  • E. 17 tahun
9. Contoh kegiatan peserta didik yang dapat diinisiasi oleh guru untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam konteks kehidupan di sekolah adalah....

  • A. Cerdas cermat antar-kelas
  • B. Study tour pada akhir semester
  • C. Kerja bhakti di sekolah
  • D. Membuat taman Toga di depan kelas
  • E. Berdoa bersama pada awal dan akhir pembelajaran
10. Salah satu bukti adanya praktik penegakan hukum di Indonesia yang bertujuan menjamin keadilan bagi segenap warga negara adalah....

  • A. Penangkapan pelaku ujaran kebencian
  • B. Penangkapan hakim dan jaksa penerima suap
  • C. Pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme
  • D. Pelibatan pengacara dalam proses penyelidikan
  • E. Pelibatan masyarakat dalam pengaturan lalu lintas
11. Kemudahan mendapatkan dan menyampaikan informasi berkat perkembangan pesat teknologi informasi bisa menjadi ancaman terhadap ideologi bangsa dan negara RI. Hal yang masuk kategori upaya negara mengatasi bentuk ancaman tersebut adalah...

  • A. penangkapan terduga pelaku tindakan terorisme
  • B. penetapan UU terorisme
  • C. penetapan undang-undang tentang ormas
  • D. peraturan Presiden tentang penguatan pendidikan karakter
  • E. aturan tentang larangan ajaran radikalisme
12. Kemajuan IPTEK menjadikan persatuan dan kesatuan bangsa dalam NKRI menjadi dinamis. Faktor penghambat persatuan dan kesatuan dalam NKRI dalam konteks kekinian adalah...

  • A. Adanya berbagai kegiatan pengentasan kemiskinan
  • B. Pelibatan warga negara dalam penentuan anggota DPR dan Presiden
  • C. Keterbukaan komunikasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • D. Adanya alokasi dana pembangunan desa yang beragam di Jawa dan Luar Jawa
  • E. Pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan tol yang berbeda di Jawa dan luar Jawa
13. Perilaku masyarakat sebagai akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dikatakan berpengaruh terhadap integrasi nasional Indonesia adalah....

  • A. email
  • B. online-shop
  • C. e-banking
  • D. online transportation
  • E. Hoaks
14. Gubernur merupakan wakil pemerintah pusat di daerah provinsi, hal ini merupakan konsekuensi dari Indonesia sebagai negara...

  • A. Presidensial
  • B. Kesatuan
  • C. Konvensional
  • D. Parlementer
  • E. Federal
15. Contoh kegiatan dalam upaya menjaga keutuhan NKRI di sekolah adalah ....

  • A. penggunaan aplikasi internet dalam kegiatan pembelajaran
  • B. membiasakan siswa mengenal agama/budaya yang berbeda
  • C. larangan penggunaan HP saat kegiatan pembelajaran berlangsung
  • D. membiasakan siswa untuk memakai baju seragam sekolah
  • E. mengelompokkan siswa dalam kelas berdasar prestasinya/ranking
16. Kurikulum mata pelajaran PKN memuat tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic disposition). Analisis hukum digunakan ketika membicarakan tentang....

  • A. peranan partai politik dalam penyuluhan hukum di masyarakat
  • B. penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan undang-undang
  • C. pengaruh struktur sosial terhadap kesadaran hukum masyarakat
  • D. fungsi legislasi yang dimiliki oleh Dewan Perwakilan Rakyat
  • E. hambatan kultural dalam membangun sistem hukum nasional
17. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk kompetensi dasar: “Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan” adalah ....

  • A. melaksanakan ketentuan norma kesopanan di lingkungan sekolah

    B. menganalisis berbagai norma-norma yang berlaku di masyarakat

  • C. menjelaskan makna berbagai norma yang berlaku di masyarakat
  • D. mengidentifikasi berbagai kasus pelanggaran norma di masyarakat
  • E. menunjukkan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat
18. Iksan akan mengajar PKN dengan indikator pencapaian kompetensi: “mensintesiskan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.” Model pembelajaran yang tepat adalah....

  • A. simulasi
  • B. debat
  • C. diskusi
  • D. ceramah
  • E. praktik
19. Para pemuda telah membuktikan peranannya yang sangat monumental dan bersejarah dalam meletakkan dasar yang kokoh bagi terbentuknya Indonesia merdeka, yang dibuktikan dengan lahirnya Sumpah Pemuda 1928. Pengembangan materi pembelajaran yang mengarahkan pada integrasi nasional pada masa sekarang dapat berupa....

  • A. pilihan politik identitas menjadi ajang pertarungan ideologi
  • B. pilihan politik bersifat sementara untuk memenangkan pemilu
  • C. pemilu merupakan ajang adu argumentasi dan program pembangunan

    D. tokoh politik mengemukakan janjinya untuk menarik pemilih

  • E. banyaknya partai politik simbol keberhasilan demokrasi
20. Seorang guru PPKN merumuskan indikator pencapaian kompetensi di pembelajaran yang berisi “membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila”. Untuk itu, materi ajar yang tepat untuk dikembangkan adalah....

  • A. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia
  • B. perumusan dasar negara oleh BPUPKI
  • C. pendapat para pendiri negara tentang Pancasila
  • D. perumusan dasar negara dalam sidang panitia sembilan
  • E. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia
21. Santiaji akan mengajar mata pelajaran PKN dan merumuskan tujuan pembelajaran: “siswa dapat melakukan kerja sama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.” Pendekatan yang tepat untuk diterapkan adalah....

  • A. induktif
  • B. deduktif
  • C. individual
  • D. kelompok
  • E. saintifik
22. Seorang guru PPKn akan menerapkan model pembelajaran project citizen. Materi pembelajaran yang sesuai yaitu....

  • A. sejarah pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda
  • B. menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda
  • C. peran generasi muda dalam mencetuskan sumpah pemuda
  • D. peran organisasi yang memunculkan gerakan Sumpah Pemuda
  • E. mengidentifikasi nilai-nilai Sumpah Pemuda
23. Seorang guru PPKn SMP akan menerapkan metode pembelajaran inquiry. Indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk dikembangkan yaitu ....

  • A. mengidentifikasi adat-istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat
  • B. menentukan berbagai dampak jika nilai-nilai Pancasila tidak diamalkan
  • C. mendeskripsikan perilaku yang sesuai untuk pengamalan sila-sila Pancasila
  • D. mengidentifikasi contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
  • E. menyebutkan kelebihan dan kekurangan nilai-nilai demokrasi Pancasila
24. Seorang pendidik meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil telaah tentang akibat pelanggaran lalu lintas melalui metode diskusi. Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah....

  • A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  • B. meminta peserta didik mengidentifikasi masalah
  • C. mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas
  • D. melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok
  • E. menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan
25. Slamet meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil telaah tentang akibat pelanggaran lalu lintas melalui metode diskusi. Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah....

  • A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  • B. meminta peserta didik mengidentifikasi masalah
  • C. mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas
  • D. melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok
  • E. menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan
26. Jika ada siswa memainkan hape di kelas ketika guru sedang mengajar, reinforcement yang tepat diberikan oleh guru kepada anak tersebut adalah....

  • A. memberikan ancaman
  • B. memberikan hukuman
  • C. memberikan tugas tambahan
  • D. memberikan peringatan
  • E. mendekati siswa tersebut

27. Ketua Komisi Yudisial (KY) melihat banyak hakim yang melanggar hukum dalam menjalankan tugasnya. Komisi Yudisial juga bertugas mengajukan usul penjatuhan sanksi terhadap hakim kepada pimpinan Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Berdasar wacana di atas, keterampilan kewarganegaraan yang harus dimiliki siswa sebagai warga negara adalah....

  • A. menganalisis kasus-kasus hukum yang melibatkan hakim
  • B. merancang usulan sanksi yang tepat terhadap hakim melanggar hukum
  • C. mendorong agar KY memberikan sanksi berat bagi hakim melanggar hukum
  • D. mengevaluasi putusan MA apabila memecat semua hakim melanggar hukum
  • E. memahami tugas-tugas dari lembaga tinggi negara
28. Ketika dalam kegiatan pembelajaran, guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah dari berbagai sumber belajar, tampilan guru tersebut dikategorikan sebagai ....

  • A. mengamati lingkungan
  • B. mengumpulkan informasi
  • C. mengidentifikasi masalah
  • D. menemukan masalah
  • E. merumuskan masalah
29. Penilaian pembelajaran PKN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Ketika dalam suatu kegiatan penilaian pembelajaran, guru menggunakan instrumen yang berbeda antara peserta didik laki-laki dan perempuan, kegiatan penilaian tersebut dikategorikan sebagai tindakan yang tidak....

  • A. objektif
  • B. adil
  • C. sahih
  • D. akuntabel
  • E. valid
30. Kegiatan mengembangkan kisi-kisi penilaian dalam prosedur penilaian pembelajaran PPKn dilaksanakan setelah....

  • A. tujuan pembelajaran diketahui
  • B. teknik penilaian ditentukan
  • C. penilaian telah dilaksanakan
  • D. instrumen penilaian telah disusun
  • E. kunci jawaban disusun
31. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah....

  • A. lembar observasi
  • B. produk
  • C. projek
  • D. skala sikap
  • E. tes tertulis uraian
32. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah....

  • A. membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional
  • B. mengerjakan PR tentang makna dan arti kebangkitan nasional 1908
  • C. membuat karya tulis tentang kebangkitan nasional 1908
  • D. membuat ringkasan isi buku Sukarno
  • E. melakukan ulangan harian ulang
33. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan IPK “mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” adalah....

  • A. jurnal
  • B. projek
  • C. unjuk kerja
  • D. observasi
  • E. tes tertulis
34. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PKN yang sering ditemukan adalah kebosanan peserta didik, iklim belajar yang tidak kondusif. Solusi yang bisa dipergunakan guru terhadap masalah belajar tersebut yang paling sesuai dengan jiwa Kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan model pembelajaran....

  • A. scientific approach
  • B. cooperative learning
  • C. contextual teaching and learning
  • D. discovery learning
  • E. project based learning
35. Penggunaan teknologi terbaru dapat dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik maksimal. Untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara ....

  • A. membaca buku elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
  • B. membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
  • C. membuat karya tulis tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia
  • D. membuat ringkasan isi buku elektronik tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia
  • E. melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD NRI Tahun 1945
36. Bagi negara yang merdeka dan berdaulat dasar negara memiliki kedudukan yang penting karena....

  • A. tanpa dasar negara tidak memenuhi unsur negara
  • B. dengan dasar negara banyak negara yang mengakui
  • C. dasar negara menjadikan masyarakat menjaga ketertiban
  • D. pemerintahan yang maju harus memiliki dasar negara
  • E. sebagai dasar mengatur penyelenggaraan negara
37. Dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara melibatkan utusan dari berbagai wilayah di Indonesia, hal itu dimaksudkan agar....

  • A. sesuai dengan kehendak pemerintah Jepang
  • B. tindak lanjut dari peristiwa Sumpah Pemuda
  • C. sebagai perwakilan pejuang kemerdekaan
  • D. ada keterwakilan seluruh Bangsa Indonesia
  • E. perwakilan organisasi di wilayah Indonesia
38. Berikut contoh perilaku yang mencerminkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah....

  • A. presiden membuat kebijakan pembangunan infrastruktur baru
  • B. DPR membuat undang-undang tentang pendidikan
  • C. presiden memilih menteri-menteri di kabinet kerja
  • D. presiden menghadiri hajatan pernikahan putri anggota DPR

    E. Warga luar daerah membantu korban bencana wilayah lain

39. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dapat dilihat dari contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti....

  • A. perayaan hari besar agama dihadiri Presiden dan semua pejabat negara
  • B. Presiden menghadiri undangan pesta perkawinan anak Ketua MPR
  • C. warga negara boleh mengajukan uji materiil undang-undang di MK
  • D. mengembangkan sikap toleransi ketika bertemu dengan sahabat dari lain pulau
  • E. memajukan kebudayaan daerah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
40. Penggunaan pesan singkat melalui media sosial memengaruhi bentuk pola silaturahmi antarwarga di Indonesia yang bila berlanjut secara sosial dimungkinkan terjadi kondisi....

  • A. menurunnya kualitas hidup gotong-royong
  • B. penggunaan alat komunikasi yang canggih
  • C. internet dalam keluarga sebagai kebutuhan
  • D. semakin kuatnya ikatan kekeluargaan
  • E. hubungan guru dan siswa semakin akrab.

Link Unduh Soal PPPK Guru PKN SMP-SMA PDF

Kumpulan contoh soal PPPK Guru PKN SMP-SMA lebih banyak lagi dapat diunduh melalui tautan berikut ini:

1. Link Download Contoh Soal PPPK Guru PKN

2. Link Download Kumpulan Soal PPPK Guru PKN SMP

3. Link Download Soal PPPK Guru PKN SMA-SMK

4. Link Modul Belajar Calon PPPK Guru PKN (1)

5. Link Modul Belajar Calon PPPK Guru PKN (2)

Baca juga artikel terkait PPPK atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Addi M Idhom