tirto.id - Contoh soal bilangan berpangkat Matematika kelas 9 SMP dan jawabannya berikut ini bisa menjadi bahan belajar sebelum mengerjakan ulangan harian atau ujian.
Bilangan berpangkat adalah salah satu materi Matematika untuk siswa kelas 9 semester 1. Siswa bisa dengan mudah menguasai bilangan berpangkat atau perpangkatan dengan rajin berlatih contoh soal.
Bilangan berpangkat dikenal dengan istilah bilangan eksponen. Di pelajaran SD, telah ada pengenalan bilangan berpangkat bulat positif (asli). Misal, 23 dibaca “dua pangkat tiga”, 102 “dibaca sepuluh pangkat dua” dan lain sebagainya.
Salah satu alasan penggunaan bilangan berpangkat adalah untuk menyederhanakan bilangan desimal yang memuat angka (relatif) banyak.
Misalnya, bilangan 1.000.000 bisa dinotasikan menjadi bilangan berpangkat 106. Bilangan desimal 1.000.000 yang memuat 7 angka dapat diubah menjadi bilangan berpangkat 106 yang hanya memuat tiga angka.
Mengutip buku Guru Matematika tahun 2018 kelas IX Kemendikbud, di kelas 9 semester 1, pada bagian materi bilangan berpangkat, siswa mempelajari cara menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan, menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan, serta menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bilangan berpangkat.
Contoh Soal Bilangan Berpangkat Matematika Kelas 9
Berikut ini adalah kumpulan contoh soal bilangan berpangkat lengkap dengan jawabannya yang bisa dijadikan bahan untuk berlatih di rumah:
1. Bentuk perpangkatan dari (−2) × (−2) × (−2) × (−2) adalah…
A. (−2)5
B. (−2)4
C. (−2)3
D. (2)3
Jawaban: B. (−2)4
2. Bentuk perpangkatan dari (1/5) × (1/5) × (1/5) × (1/5) × (1/5) × (1/5) adalah…
A. (1/5)6
B. (1/5)5
C. (1/5)4
D. (5)4
Jawaban: A. (1/5)6
3. Hasil dari 28 adalah…
A. 512
B. 356
C. 256
D. 128
Jawaban: C. 256
4. Hasil dari (−5)3 adalah…
A. -125
B. -25
C. -15
D. 125
Jawaban: A. -125
5. Tim peneliti dari Dinas Kesehatan suatu daerah di China meneliti suatu wabah yang sedang Kota X. Tim peneliti tersebut menemukan fakta bahwa wabah yang berkembang disebabkan oleh virus yang tengah berkembang di Kota Wuhan, China. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa virus tersebut dapat berkembang dengan cara membelah diri menjadi 2 virus setiap setengah jam dan menyerang 10 angka kekebalan tubuh. Berapa jumlah virus dalam tubuh manusia setelah 3 jam?
A. 512
B. 256
C. 128
D. 64
Jawaban: C. 128
6. Nilai dari 𝑡 × 𝑡 × 3 × 3 × 3 adalah…
A. 34𝑡4
B. 34𝑡3
C. 33𝑡3
D. 33𝑡2
Jawaban: D. 33𝑡2
7. Nilai dari 5 + 3 × 24 adalah…
A. 1301
B. 630
C. 128
D. 53
Jawaban: D. 53
8. Nilai dari (1/4)3 : (1/3)2 adalah…
A. 9/64
B. 27/48
C. 48/9
D. 48/6
Jawaban: A. 9/64
9. Nilai dari (0,02)2 adalah…
A. 0,4
B. 0,04
C. 0,004
D. 0,0004
Jawaban: D. 0,0004
10. Dalam sebuah penelitian, diketahui seekor amoeba S berkembang biak dengan membelah diri sebanyak 2 kali tiap 60 menit. Jika dalam suatu pengamatan terdapat 4 amoeba S maka jumlah amoeba S selama 5 jam adalah …
A. 128
B. 64
C. 32
D. 16
Jawaban: B. 64
11. Bentuk sederhana dari 8𝑚9/4𝑚3 adalah…
A. 2𝑚6
B. 4𝑚6
C. 4𝑚12
D. 2𝑚3
Jawaban: A. 2𝑚6
12. Bentuk sederhana dari 43 × 26 adalah…
A. 212
B. 49
C. 29
D. 48
Jawaban: A. 212
13. Populasi bakteri A yang tersebar dalam suatu wadah berbentuk persegi Panjang yaitu sebanyak 4,2 × 107. Jika panjang dan lebar wadah tersebut masing-masing 10 cm dan 7 cm, berapa kepadatan bakteri A pada wadah tersebut? (Diketahui rumus kepadatan adalah hasil bagi jumlah objek dan luas daerah)
A. 6 × 105
B. 6 × 107
C. 7 × 108
D. 7 × 107
Jawaban: A. 6 × 105
14. Bentuk sederhana dari 3𝑘2× 2𝑘5/𝑘8 adalah…
A. 6𝑘2
B. 3𝑘2
C. 2𝑘2
D. 6𝑘−1
Jawaban: D. 6𝑘−1
15. Diberikan persamaan 5𝑚/5𝑛 = 54. Jika m dan n bernilai 1 sampai dengan 9, maka banyak penyelesaian dari persamaan tersebut adalah…
A. 7
B. 6
C. 5
D. 4
Jawaban: C. 5.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom