tirto.id - Modul ajar merupakan dokumen acuan yang berisi tujuan, langkah, media, dan asesmen, yang dibuat oleh guru sebelum mengajar.
Guru dianjurkan membuat modul ajar untuk setiap mata pelajaran, termasuk Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).
Untuk memudahkan penyusunannya, guru bisa melihat contoh modul ajar PJOK kelas 7 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka milik pengajar lainnya sebagai referensi. Ada banyak contoh modul ajar yang terdapat di internet.
Tidak hanya itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) juga telah mewadahi kebutuhan tersebut melalui platform khusus. Di sana, guru bisa men-download modul ajar PJOK SMP kelas 7 Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2.
Link Download Modul Ajar PJOK Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Guru bisa men-download modul ajar PJOK SMP kelas 7 Kurikulum Merdeka melalui platform khusus dari Kemdikbud Ristek dengan alamat guru.kemdikbud.go.id. Karena termasuk sebagai pembelajaran Fase D, pencarian di situs web tersebut bisa disesuaikan dengan memasukkan kata kunci "PJOK" dan "Fase D".
Untuk memudahkan guru, di bawah ini akan diberikan beberapa linkdownload modul PJOK kelas 7 semester 1 dan 2. Berikut sejumlah tautan untuk mengunduh modul ajar PJOK kelas 7 semester 2 dan 1 sesuai materinya.
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Bola Basket
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Lompat Jauh (Atletik)
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Bola Voli
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Sepak Bola
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Lari Jarak Pendek (Atletik)
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Pengetahuan dan Keterampilan Gerak
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Lempar Cakram (Atletik)
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Gerak Dominan Senam
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Renang Gaya Dada
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Tolak Peluru
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Jalan Cepat (Atletik)
- Modul projek PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Pencak Silat
- Modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka Senam Lantai
- Kumpulan contoh modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka
Materi PJOK Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Sebagaimana disinggung di awal, penyusunan modul ajar PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka mesti disesuaikan dengan materi pelajaran yang diajarkan. Di bawah ini akan disajikan daftar materi PJOK kelas 7 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, sesuai Buku Panduan Guru Pendidikan, Jasmani dan Olahraga (2021).
A. Materi PJOK kelas 7 semester 1 Kurikulum Merdeka
Berikut adalah daftar materi PJOK kelas 7 semester 1 Kurikulum Merdeka.- Unit 1: Keterampilan, pengetahuan gerak, pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai dalam permainan invasi bola basket
- Unit 2: Keterampilan, pengetahuan gerak, pengembangan karakter, dan internalisasi dalam permainan net bola voli
- Unit 3: Keterampilan pengetahuan gerak, pengembangan karakter, dan internalisasi nilai-nilai dalam permainan lapangan kasti
- Unit 4: Keterampilan, pengetahuan gerak, pengembangan karakter, dan internalisasi nilai-nilai dalam bela diri
B. Materi PJOK kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka
Berikut adalah daftar materi PJOK kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka.- Unit 5: Keterampilan, pengetahuan gerak, pengembangan karakter, dan internalisasi nilai-nilai dalam atletik
- Unit 6: Keterampilan, pengetahuan gerak, pengembangan karakter, dan internalisasi nilai-nilai dalam senam lantai
- Unit 7: Keterampilan, pengetahuan gerak, pengembangan karakter, dan internalisasi nilai-nilai dalam senam irama
- Unit 8: Aktivitas kebugaran untuk kesehatan
- Unit 9: Pola makan sehat bergizi dan seimbang
Prosedur Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Modul ajar disusun berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), yakni rangkaian tujuan pembelajaran yang dirancang secara logis dan sistematis sesuai fase pembelajaran agar murid bisa memenuhi Capaian Pembelajaran (CP). Adapun CP merupakan kompetensi yang ditargetkan untuk dapat dikuasai oleh murid pada akhir fase pembelajaran.
A. Prosedur penyusunan modul ajar
Setidaknya ada 4 komponen modul ajar yang harus ada, yakni informasi fase pembelajaran, penjelasan capaian dan tujuan pembelajaran, detail penggunaan modul, dan detail modul ajar per pertemuan. Secara umum, berikut prosedur penyusunan modul ajar PJOK Kurikulum Merdeka.- Identifikasi tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dalam 1 lingkup materi
- Asesmen diagnosis lewat identifikasi kompetensi awal peserta didik
- Menentukan teknik dan instrumen asesmen beserta indikator keberhasilannya
- Menentukan periode waktu atau jumlah jam pelajaran yang dibutuhkan
- Menentukan teknik dan instrumen asesmen formatif sesuai aktivitas pembelajaran.
- Menyusun rangkaian kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
- Menyiapkan lampiran (dari materi hingga media belajar) sesuai kebutuhan murid
- Membuat instrumen asesmen (ceklis, rubrik, atau lembar observasi)
- Memeriksa kembali kelengkapan komponen modul ajar.
B. Tujuan penyusunan modul ajar PJOK kelas 7
Selain memahami prosedur, guru juga mesti menyesuaikannya dengan CP PJOK kelas 7 Kurikulum Merdeka. Merujuk pada pedoman Kemdikbud Ristek terkait CP dan ATP Kurikulum Merdeka, berikut rincian target capaian untuk PJOK kelas 7.1. Elemen keterampilan gerak
Pada akhir fase, siswa diharapkan mampu mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak spesifik berupa permainan dan olahraga, senam, gerak berirama, serta permainan dan olahraga air.2. Elemen pengetahuan gerak
Siswa diharapkan mampu menganalisis fakta, konsep, dan prosedur, dalam mempraktikkan berbagai keterampilan gerak spesifik berupa permainan dan olahraga sebagaimana disebutkan di poin 1.3. Elemen pemanfaat gerak
Siswa diharapkan mampu menganalisis fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan, berdasarkan prinsip latihan. Siswa diharapkan mampu mengembangkan pola perilaku hidup sehat dan memahami peran krusialnya untuk mencegah pergaulan bebas dan mencegah penyakit menular.4. Elemen pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak
Siswa diharapkan proaktif melakukan dan mengajak untuk memelihara dan memantau peningkatan kebugaran dan aktivitas fisik lainnya. Ia juga diharapkan mampu bekerja sama, terutama dalam menyelesaikan perbedaan dan konflik antar-individu. Siswa juga diharapkan mampu menjaga interaksi sosial terkait aktivitas jasmani.Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Fadli Nasrudin