Ciri Otot Jantung di Tubuh Manusia Beserta Fungsi dan Bentuknya

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 19 Sep 2022 01:05 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut penjelasan tentang ciri otot jantung di tubuh manusia beserta fungsi otot jantung dan bentuk otot jantung.
tirto.id - Ciri otot jantung di tubuh manusia yang paling membedakannya dengan jenis otot lain adalah dari segi letak. Otot ini cuma ada di jantung. Adapun fungsi otot jantung yang paling utama ialah untuk membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Otot jantung merupakan salah satu dari banyak jaringan di tubuh manusia. Di tubuh manusia, ada 3 jenis otot, yakni otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

Otot lurik berupa serabut halus memanjang (miofibril) dan mengandung banyak inti sel. Lalu, otot polos adalah otot yang mempunyai 1 inti sel di tengah dan menyusun organ-organ tubuh dengan struktur serupa gelendong.

Sementara itu, mengutip laman Sumber Belajar Kemdikbud, otot jantung memiliki struktur seperti otot lurik, tetapi membentuk anyaman karena adanya percabangan.

Otot jantung bergerak tanpa pengaruh kesadaran manusia. Artinya, otot jantung bekerja secara tidak sadar. Cara kerja otot jantung ini sama dengan yang berlaku di otot polos. Lain halnya otot lurik yang bekerja sesuai kehendak manusia atau dipengaruhi kesadaran pemiliknya.

Jantung adalah organ tubuh manusia yang berongga sekaligus berotot, serta berperan vital dalam sistem peredaran darah. Organ ini bisa memastikan kelangsungan hidup manusia.


Jantung mengendalikan keseluruhan peredaran darah manusia, serta melibatkan pembuluh darah sebagai salurannya. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh melalui kontraksi berirama dengan bantuan listrik jantung. Secara umum, jantung mampu berdetak 100.000 kali dalam sehari untuk memompa darah sekitar 7.571 liter ke seluruh sel tubuh manusia.

Letak jantung berada di rongga dada, tepatnya di bawah paru-paru sebelah kiri (pada umumnya), serta dilindungi oleh tulang dada dan tulang rusuk. Jantung tersusun dari otot (muscular), apex (puncak), basis (dasar), atrium kanan dan kiri, serta bilik kanan dan kiri.

Ukuran jantung lebih kurang setara kepalan tangan orang dewasa. Rerata manusia dewasa punya jantung dengan panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tebal 6 cm, serta berat sekitar 300 gram.

Ciri Otot Jantung di Tubuh Manusia

Dalam modul Anatomi Fisiologi Manusia (2016) terbitan Kemenkes, dijelaskan bahwa otot jantung adalah otot yang jadi penyusun dinding jantung serta meliputi sel-sel cardiomycocyte atau sel otot myocardiocyteal dengan 1 atau 2 inti sel (ada juga yang 3 atau 4 tetapi sangat jarang terjadi).

Otot jantung bergerak tanpa pengaruh otak maupun saraf pusat. Jadi, otot jantung bekerja tanpa istirahat guna membuat darah terus mengalir demi kelangsungan hidup manusia. Hanya kematian manusia yang menyetop kerja otot jantung.

Otot jantung mempunyai sejumlah ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis otot lainnya di tubuh manusia. Sejumlah ciri otot jantung adalah sebagai berikut:

1. Otot jantung hanya terdapat di organ jantung. Letak otot jantung di lapisan tengah jantung atau miokardium.

2. Bentuk otot jantung memanjang, silindris, bercabang, dan menyatu atau bertautan.

3. Otot jantung mempunyai inti sel yang berada di tengah.

4. Otot jantung terdiri atas 1 dan 2 inti sel (dapat berjumlah 3 dan 4, tapi sangat jarang).

5. Otot jantung bekerja di luar kesadaran (tidak dipengaruhi otak dan saraf pusat).

6. Otot jantung memiliki struktur seperti otot lurik tetapi bekerja seperti otot polos.

7. Serat otot jantung memiliki panjang 50 sampai 100 um, diameter berkisar 14 um.

8. Serat otot jantung berupa sarkolema dan terdiri atas myofibril yang terlihat berdampingan.

9. Otot jantung dipengaruhi oleh saraf otonom, yakni syaraf simpatis dan syaraf parasimpatis.

10. Otot jantung memiliki serat yang bercabang-cabang.

11. Otot jantung memiliki diskus interkalaris, yaitu pembatas antara sarkomer.

12. Di otot jantung, terdapat pita terang dan pita gelap seperti di otot lurik.

13. Otot jantung bekerja terus-menerus tanpa istirahat.

14. Otot jantung bisa terus bekerja karena punya banyak mitokondria, mioglobin, dan menerima suplai darah yang mengandung oksigen dan nutrisi secara terus-menerus.


Fungsi Otot Jantung di Tubuh Manusia

Otot jantung terletak di organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Karena itu, otot jantung juga memiliki fungsi sangat penting. Fungsi otot paling utama adalah menjaga jantung tetap berdetak agar bisa memompa darah.

Setidaknya ada 6 fungsi otot jantung, yakni:

  • Otot jantung membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh
  • Otot jantung turut membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida)
  • Sel-sel otot jantung membantu dalam kontraksi sel lainnya
  • Otot jantung menyediakan cara pemompaan ventrikel pada jantung
  • Otot jantung menunjang kerja dari organ jantung
  • Otot jantung meremas darah sehingga darah dapat keluar dari jantung saat berkontraksi dan mengambil darah ketika fase relaksasi.


Bentuk Otot Jantung di Tubuh Manusia

Bentuk otot jantung berupa serabut-serabut yang memanjang, silindris, bercabang, dan menyatu atau bertautan. Selain itu, otot jantung berserat lintang dan memiliki garis-garis hitam.

Sel otot jantung berbentuk silindris bercabang-cabang dengan percabangan yang saling bertautan. Adapun pertemuan antarcabang di jaringan otot jantung disebut sinsitium.

Keberadaan sinsitium memungkinkan penyampaian implus saraf di antara sel-sel otot jantung bisa terjadi secara cepat. Otot jantung mempunyai diskus interkalaris, yaitu pertemuan 2 sel yang tampak gelap jika dilihat dengan mikroskop.

Otot jantung pun punya myofibril, terdiri dari filamen aktin dan miosin. Myofibril di otot jantung ini terpisah sehingga terlihat guratan memanjang yang disebut dengan istilah discus interkalaris.

Otot jantung berwarna khas, yakni merah. Otot ini memiliki sarcolemma yang mirip dengan otot lurik dan berfungsi membungkus serat otot.

Di otot jantung terdapat pula pigmen lipofusin. Pigmen ini berbentuk butiran berwarna kecokelatan yang mengandung bahan-bahan lemak. Selain di otot jantung, pigmen lipofusin juga terdapat pada sel hati dan sel saraf.

Baca juga artikel terkait JANTUNG atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Addi M Idhom

DarkLight