Cara Efektif Work From Home Bersama Anak Saat Pandemi Corona

Oleh: Endah Murniaseh - 5 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips efektif bekerja dari rumah (work from home) sambil menjaga anak.
tirto.id - Di tengah pandemi virus corona COVID-19 yang masih belum usai, banyak perusahaan yang memperpanjang masa Work From Home (WFH).

Meskipun dinilai cukup efektif untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, beberapa orang merasa terbeban ketika WFH, karena mereka harus tetap bekerja dan melakukan semua kegiatan di rumah, salah satunya menjaga anak.

Bekerja sambil menjaga anak bukanlah hal mudah. Berikut adalah cara efektif tetap bisa bekerja dan menjaga anak, seperti dilansir The Straits Times.

1. Jangan batasi kegiatan sehari-hari anak

Saat berada di rumah, pastikan anak tetap aktif belajar hingga bermain agar tidak merasa bosan. Dengan tetap membiarkan anak melakukan kebiasaan sehari-hari maka, orang tua mudah untuk mengatur jadwal kerja tanpa ada gangguan dari anak.

Pilihlah waktu saat anak tidur atau bermain sendiri untuk memulai pekerjaan Anda. Saat anak sibuk dengan kegiatannya, kemungkinan besar mereka tidak akan mengganggu Anda.

2. Bersifat fleksibel saat mengasuh anak

Tidak dapat dipungkiri, anak-anak lebih suka untuk bermain bersama ibu dan anggota keluarga yang lain, daripada pengaruh mereka. Cobalah meminta tolong anggota keluarga yang lain untuk menjaga anak sementara waktu saat Anda bekerja.

Jangan memaksakan diri untuk mengasuh anak sendirian jika Anda memiliki banyak pekerjaan. Karena hal ini akan merepotkan diri Anda serta membuat pekerjaan tidak optimal.

3. Bicarakan dengan anak tentang apa yang mereka inginkan

Agar anak tetap merasa diperhatikan saat orang tua sibuk bekerja di rumah, maka komunikasikan dengan anak apa yang saat ini mereka rasakan dan inginkan. Hal ini akan memberikan dampak baik seperti anak akan merasa tetap diperhatikan. Orang tua dan anak dapat saling memahami tentang apa yang sedang terjadi.

4. Tentukan ruang kerja di rumah

Agar tetap nyaman saat WFH, buatlah ruang kerja yang nyaman. Ruang kerja yang tidak nyaman akan membuat produktivitas menurun. Agar anak tetap merasa diperhatikan, buatlah ruang kerja yang dekat dengan anak. Namun jika Anda takut anak mengganggu pekerjaan Anda, cobalah untuk memberi pengertian bahwa Anda tengah bekerja.

5. Memastikan pengasuh anak tetap disiplin

Anak akan melakukan banyak hal agar mereka mendapat perhatian dari orang tua yang sedang bekerja di rumah. Namun karena harus bekerja, orang tua tidak bisa sering memantau anak. Untuk itu pastikan, pengasuh atau ART tetap disiplin dan selalu memantau anak tetap aman, karena orang tua tidak dapat menjaganya sendiri.

Dengan cara-cara di atas, diharapkan orang tua tetap dapat bekerja dari rumah tanpa stres. Menurut Raising Children, penting untuk menjaga keseimbangan hidup, terutama kehidupan pekerjaan dan keluarga. Keseimbangan hidup akan memberi manfaat yang baik bagi Anda, pasangan dan anak:
  • Mengurangi stres dan lelah
  • Bisa mengatur waktu
  • Bisa membuat keputusan dan membuat komitmen
  • Hidup lebih sehat
  • Bisa meluangkan lebih banyak waktu bersama pasangan dan anak
Bekerja sama dengan pasangan saat WFH juga penting. Dengan dukungan pasangan, maka semua akan lebih mudah. Karena pasangan merupakan orang terdekat, yang dapat memberikan dukungan terhadap apa yang Anda lakukan.


Baca juga artikel terkait WORK FROM HOME atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight