tirto.id - Zoom menjadi layanan konferensi video yang memfasilitasi kebutuhan orang-orang untuk bertatap muka ketika terkendala jarak. Aplikasi ini dapat digunakan di sejumlah perangkat, seperti HP (handphone) hingga komputer.
Saat wabah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berbagai aturan yang membatasi aktivitas manusia mulai diterapkan di sejumlah negara terdampak. Penutupan tempat-tempat publik yang berpotensi menimbulkan keramaian, seperti sekolah dan perkantoran, juga dilakukan.
Pandemi Covid-19 akhirnya menyebabkan adanya aturan Work From Home (WFH) dan sekolah/kuliah daring. Kebijakan ini membuat para karyawan dan pelajar tetap melakukan aktivitasnya, meski harus dilakukan secara online. Zoom menjadi salah satu platform untuk mengakomodasi keperluan tersebut.
Penggunaan Zoom cukup intens selama pandemi Covid-19. Setelah pandemi dinyatakan selesai, Zoom terkadang juga masih dipakai untuk keperluan pekerjaan atau sekolah. Melalui aplikasi ini, para pengguna bisa menggelar rapat atau pertemuan online dengan orang lain, tanpa harus bertatap muka secara langsung.
Cara Membuat Link Zoom di HP dan Komputer
Untuk menggelar rapat atau pertemuan online di Zoom, Anda perlu membuat link atau tautan Zoom terlebih dahulu. Tautan ini berguna untuk dibagikan kepada partisipan rapat atau pertemuan Anda. Mereka bisa bergabung ke dalam Zoom melalui tautan tersebut. Lantas, bagaimana cara membuat link Zoom di HP dan komputer?
Simak cara membuat link atau tautan Zoom di HP dan Komputer berikut ini:
1. Login atau masuk ke akun Zoom. Anda bisa mengunjungi situs resmi Zoom secara langsung jika belum memiliki aplikasi Zoom.
2. Jika sudah login dan sampai di halaman utama, klik menu "Host a Meeting" atau "Schedule a Meeting".
3. Untuk membuat link Zoom, langkah berikutnya adalah memilih fitur "Schedule a Meeting". Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjadwalkan rapat dan membuat link Zoom terlebih dahulu.
4. Setelah itu, isi detail rapat yang dijadwalkan dengan informasi judul, tanggal, jam mulai rapat, hingga durasi rapat.
5. Rapat tidak harus dilakukan melalui video, melainkan juga bisa melalui audio. Karena itu, tersedia pilihan untuk menjalankan rapat lewat video atau audio.
6. Jika semua proses pembuatan rapat Zoom sudah dilalui, pengguna akan mendapatkan link atau tautan rapat. Link dapat Anda pakai untuk dibagikan ke partisipan rapat sehingga mereka bisa bergabung ke dalam rapat Anda.
7. Tautan atau link dapat dibagikan ke partisipan rapat melalui email atau pesan teks dengan cara menyalinnya terlebih dahulu. Setelah dikirimkan, partisipan bakal mengklik tautan tersebut untuk masuk ke dalam rapat Zoom.
8. Link juga bisa dibuat jika ingin mengadakan rapat langsung. Artinya, Anda tidak memilih opsi "Schedule a Meeting", melainkan dengan memilih opsi "Host a Meeting". Dengan begitu, zoom bakal membuat rapat langsung dan memunculkan link atau tautan untuk dibagikan kepada partisipan rapat.
Editor: Ahmad Yasin & Agung DH