Cara Cek Produk Resmi dan IMEI Xiaomi di Indonesia

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 15 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Xiaomi turut mendukung kebijakan pemerintah soal regulasi IMEI untuk ponsel resmi di Indonesia.
tirto.id - Xiaomi sebagai perusahaan mobile internet, turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memerangi penyebaran ponsel black market atau ilegal di Indonesia.

PR Product Xiaomi, Andy Muhammad Rendy, pada acara media gathering yang digelar di Yogyakarta, Kamis (15/8/2019) mengatakan, Xiaomi Indonesia terus bersinergi dengan pemerintah untuk mendukung penjualan ponsel resmi di Indonesia.

"Selama bertahun-tahun, kami telah bekerja sama dengan pemerintah, untuk mendorong pembelian produk resmi Xiaomi yang hadir dengan pengalaman pengguna terbaik, terutama soal kebijakan mengenai regulasi IMEI (International Mobile Equipment Identity)," kata Andy di Xiaomi Store, Hartono Mall, Yogyakarta, Kamis (15/8/2019).

Bagi pengguna yang ingin mengecek legalitas ponsel Xiaomi di Indonesia, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

- Periksa bagian belakang kotak atau box ponsel

Pada bagian belakang kotak ponsel tertera Entitas kepemilikan (“untuk”) dan/atau pabrik PT Sat Nusapersada saat ini memproduksi semua smartphone resmi Xiaomi.

Pastikan bahwa entitas kepemilikan adalah PT. Xiaomi Technology Indonesia (Redmi 7A dan seterusnya).

Nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity juga tertera pada bagian belakang kotak.

- Stiker garansi Xiaomi

Xiaomi memperkenalkan stiker garansi Xiaomi di seluruh produk smartphone resminya. Stiker ini akan diperkenalkan pertama kali secara bertahap dari Redmi 7A dan seluruh produk smartphone resmi Xiaomi kedepannya.

Di dalam kotak, mohon pastikan memiliki/atau berisikan: pengisi daya standar Indonesia, daftar pusat layanan dan buku panduan dalam Bahasa Indonesia.

Xiaomi akan terus secara aktif mengedukasi penggunanya untuk selalu membeli dari:

- Channel dan mitra online dan offline resmi Xiaomi.

- Channel resmi Xiaomi: Authorized Mi Store dan Mi.com.

- Mitra offline resmi Xiaomi: retail-retail resmi, Erafone.

- Mitra online resmi Xiaomi: Lazada Xiaomi Flagship Store , Blibli Xiaomi Official Store.

- JD.ID Xiaomi Official Store, Shopee Xiaomi Official Store, Tokopedia Xiaomi Official.

- Store, dan Akulaku Xiaomi Official Store.

"Memberantas black market adalah usaha bersama, dan harus bekerja sama dengan banyak pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, mitra-mitra, dan para pengguna yang merupakan pemangku kepentingan terpenting untuk keberhasilan menyeluruh dalam memberantas black market," tangkas Andy.

Redmi 7A

Xiaomi baru saja merilis produk teranyar mereka di Indonesia yaitu Redmi 7A resmi pada Selasa (6/8/2019).

Redmi 7A melengkapi jajaran smartphone keluarga Redmi yang sudah dipasarkan di Tanah Air setelah Redmi 7, Redmi Note 7, dan Redmi Go.

Redmi 7A memiliki jidat dan dagu tebal lantaran panel depannya tak tersemat notch. Ponsel ini menawarkan layar 5,45 inci HD+ tipe IPS LCD.

Jidatnya yang tebal sebagai letak kamera depan berkekuatan 5MP dan beragam sensor, sementara pada dagunya tersemat logo Redmi tepat di bagian tengah.

Ponsel ini mengusung kamera belakang tunggal berkekuatan 13MP didukung LED flash. Di sekitar kamera belakang tak tampak bagian membulat yang biasanya sebagai letak sensor sidik jari, lantaran fitur ini absen di Redmi 7A. Meski begitu, hadir Face Unlock untuk membuka kunci perangkat sebagai fitur keamanan.

Di sektor dapur pacu, Redmi 7A bertenaga chipset Snapdragron 439 berkonsep octa-core dengan kartu grafis Adreno 505, yang dipadukan RAM hingga 2GB untuk mendukung performanya.

Xiaomi mengklaim, Snapdragron 436 memiliki peningkatan kinerja 25 persen dari Snapdragron 430. Adapun skor AnTuTu benchmark ponsel ini mencapai 74.271.

Untuk penyimpanan internal, Redmi 7A mengandalkan memori 16GB yang dapat diperluas memanfaatkan slot microSD hingga 256GB dedicated. Artinya, pengguna bisa memasang 2 kartu SIM dan 1 microSD secara bersamaan.

Meski Redmi 7A memiliki baterai dengan kapasitas besar yakno 4.000mAh dan fitur Fast Charge, ponsel ini hanya dibekali daya sebesar 10W saat mengisinya via portmicro USB.

Dengan kapasitas sebesar itu, Xiaomi mengklaim Redmi 7A dapat bertahan selama dua hari tergantung pemakaian.

Ponsel yang tersedia dalam varian warna Matte Black dan Morning Blue ini dibekali fitur Headset-free FM Radio.

Dengan kata lain, penggunanya dapat mendengarkan radio tanpa perlu mencolokkan earphone ke jack audio.

Redmi 7A dijual ke konsumen dengan harga Rp1.299.000 untuk varian 2GB + 16GB.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Xiaomi sebagai perusahaan, silahkan kunjungi: http://blog.mi.com/en/

Kardus Xiaomi
Tampilan dus belakang produk Xiaomi yang berisi informasi, termasuk IMEI dan keaslian produk resmi yang dijual di Indonesia. foto/Rilis Xiaomi



Baca juga artikel terkait CEK IMEI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight