Redmi 7A vs Redmi Go: Adu 'Spek' dan Keunggulan Hp Xiaomi Murah

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 2 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Redmi 7A dan Redmi Go berbeda meski dua hp Xiaomi ini sama-sama menyasar segmen entry-level.
tirto.id - Xiaomi akan meluncurkan smartphone Redmi 7A di Indonesia pada 6 Agustus 2019. Ponsel ini membidik segmen entry-level dan jadi penerus dari Redmi 6A yang telah dipasarkan tahun lalu.

Xiaomi sebenarnya masih memiliki lini smartphone murah lainnya, yakni Redmi Go. Ponsel ini dijual dengan harga Rp800 ribuan di Mi Store Indonesia.

Kendati harga Redmi 7A di Indonesia belum diungkap, diprediksi tak jauh berbeda dari varian yang telah dirilis di Cina pada Mei lalu.

Di Cina, sebagaimana dikutip dari situs web Xiaomi Cina, Redmi 7A ditawarkan ke konsumen mulai 549 yuan atau setara Rp1,1 juta untuk varian 2GB + 16GB.

Varian lainnya, 2GB + 32GB, dibanderol 599 yuan atau setara Rp1,2 juta. Varian tertinggi, 3GB + 32GB, dijual 799 yuan atau sekitar Rp1,6 juta (kurs Rp2.033).


Apabila dibandingkan soal harga, maka Redmi 7A (2GB + 16GB) dengan Redmi Go hanya terpaut sekitar Rp200 ribuan. Dua ponsel ini jika dikulik satu per satu dari spesifikasi, maka terlihat perbedaan mencolok pada sektor layar, OS, performa, kamera, dan baterai. Perbedaan ini sekaligus menunjukkan keunggulan perangkat satu dari lainnya.

Layar

Smartphone Redmi 7A menawarkan layar sentuh 5,45 inci HD+ tipe IPS dengan aspek rasio 18:9. Redmi Go mengusung diagonal layar lebih kecil, yaitu 5 inci HD tipe IPS. Aspek rasio ponsel ini juga masih konvensional, yaitu 16:9.

Sistem Operasi

Xiaomi Redmi 7A menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI kaya fitur. Redmi Go menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo Go Edition yang tak lain adalah versi ringan dari OS Android.

Performa

Redmi 7A menawarkan performa lebih kencang dengan chipset Snapdragon 439 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2GHz. Dapur pacu ini dipadukan memori RAM sebesar 2GB. Kemampuan ponsel ini untuk diajak main game cukup baik berkat dukungan GPU Adreno 505.

Sedangkan Redmi Go ditunjang chipset Snapdragon 425 berkonsep quad-core dengan kecepatan 1,4GHz. Dapur pacu ini dipadukan memori RAM sebesar 1GB. Kemampuan ponsel ini untuk mengeksekusi game cukup cakap berkat dukungan GPU Adreno 308.

Kamera

Redmi 7A mengandalkan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor berukuran 1/4 inci 1.12um piksel, lensa bukaan f/2.0, dan dilengkapi dengan fitur PDAF. Adapun kamera depan berkekuatan 5MP dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 untuk mengakomodasi kebutuhan selfie.

Redmi Go diperkuat kamera belakang berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor berukuran 1/2.9 inci 1.25um piksel, lensa bukaan f/2.2, dan dilengkapi pula fitur PDAF. Adapun kamera depannya juga berkekuatan 5MP.

Baterai

Xiaomi Redmi 7A mengandalkan baterai berkapasitas 4.000mAh, sedangkan Redmi Go hanya disokong baterai 3.000mAh guna menunjang aktivitas pengguna.

Dari adu spesifikasi di atas, Redmi 7A lebih unggul dari Redmi Go, lantaran juga dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal. Jika memiliki bujet mepet, Redmi Go tetap bisa jadi pilihan karena sudah cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight