BPS Siapkan Sistem Satu Data Hadapi Era Industri 4.0

Oleh: Hendra Friana - 26 November 2018
Ada lima subsektor yang punya posisi penting dan menjanjikan untuk dipersiapkan masuk revolusi industri 4.0.
tirto.id - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyebut instansinya tengah mempersiapkan sistem satu data untuk menyambut era revolusi industri 4.0.

Menurutnya hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan integritas dan ketepatan data yang dapat dipakai dalam perumusan suatu kebijakan.

"Sekarang, kan, perbedaan kecil (data) bisa jadi masalah untuk mengambil kebijakan. Apalagi tahun politik itu bisa dispute, habiskan energi. Masih ada ketidakkonsistenan data, ini perlu jadi perhatian kita semua," kata Suhariyanto saat memberi sambutan dalam acara “Satu Data Indonesia Menuju Era Revolusi 4.0”, di Hotel Swissbell, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Suhariyanto menyampaikan, ada lima subsektor yang punya posisi penting dan menjanjikan untuk dipersiapkan masuk revolusi industri 4.0.

Salah satunya industri makanan dan minuman. Berdasarkan data BPS, industri tersebut meningkat signifikan dan menjadi salah satu kontribusi terbesar untuk domestik. Dilanjutkan dengan tekstil, otomotif, bahan kimia, dan elektronik.

Lantaran itu lah, kata dia diperlukan ketepatan data untuk menaksir berapa besar kontribusi dan pengaruh industri tersebut terhadap dalam sektor industri. Caranya dengan mengadopsi sistem big data dalam Sistem Data Statistik Terintegrasi (Simdasi) yang tengah dikembangkan BPS.

Nantinya, Simdasi akan menjadi pusat data yang mencakup data-data sektoral lintas kementerian dan lembaga. "Kuncinya bagaimana menggabungkan tiga statistik, yaitu statistik dasar, sektoral, dan khusus, menjadi satu kesatuan dalam bentuk sistem statistik nasional," imbuh Suhariyanto.


Baca juga artikel terkait REVOLUSI INDUSTRI atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yantina Debora
DarkLight