Bank Mandiri Pastikan Masalah Saldo Nasabah Sudah Kembali Normal

Oleh: Alexander Haryanto - 20 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sebagian nasabah Mandiri sempat berkeluh karena saldo tabungannya berkurang. Ada yang ratusan ribu rupiah, jutaan, bahkan belasan juta rupiah.
tirto.id - Bank Mandiri memastikan seluruh layanan sudah kembali normal setelah adanya insiden berkurang dan bertambahnya saldo nasabah. Saat ini, proses normalisasi saldo sudah selesai, Sabtu (20/7/2019).

“Bank Mandiri memastikan seluruh layanan kembali beroperasi normal. Layanan tersebut meliputi mandiri online, internet banking, SMS banking, ATM dan EDC,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, melalui keterangan tertulis.

Usai dilakukan normalisasi, Rohan mengatakan, nasabah dapat bertransaksi normal dengan seluruh alat pembayaran Mandiri.

“Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanannya, saat ini layanan sudah pulih dan kami senantiasa memastikan keamanan rekening nasabah.” kata Rohan.

Sebelumnya, sebagian nasabah Mandiri sempat berkeluh karena saldo tabungannya berkurang. Ada yang ratusan ribu rupiah, jutaan, bahkan belasan juta rupiah. Namun, ada pula yang saldo tabungannya bertambah.

Namun, Bank Mandiri memastikan keamanan rekening nasabah menyusul adanya pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan.

"Kami pastikan rekening nasabah, aman," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta seperti dilansir Antara, Sabtu (20/7/2019).

Ia juga memastikan nasabah tidak akan mengalami pengurangan saldo di rekening. Menurutnya, proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem teknologi informasi ini telah berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah.

Nasabah Mandiri Sempat Panik

Puluhan nasabah Bank Mandiri di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, panik akibat saldo tabungan mereka tiba-tiba kosong dan tidak bisa melakukan transaksi nontunai.

“Saya cek di ATM dan internet banking Mandiri, saldo saya jadi nol rupiah,” kata seorang nasabah bernama R. Andika Permana di Pekanbaru, Sabtu (20/7/2019), seperti dikutip Antara.

Ia mengaku kaget ketika ingin mengambil uang tunai di ATM pada Sabtu pagi pukul 08.00 WIB. Pada mesin ATM tertulis bahwa saldo tabungannya tidak mencukupi, dengan angka tertera nol rupiah.

Ketika dicek dengan internet banking, ia juga mendapatkan jawaban yang sama. Karena panik, ia langsung menuju kantor Bank Mandiri di Jl. Sudirman Kota Pekanbaru.

“Selama diperjalanan saya telepon layanan call center Mandiri di nomor 14000, tapi tidak ada yang angkat,” kata dia.

Sesampainya di kantor Bank Mandiri di depan Mal Pekanbaru di Jl. Sudirman, ia melihat sudah banyak nasabah yang mengadu karena kasus yang sama.


Baca juga artikel terkait BANK MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Abdul Aziz
DarkLight