Arti "Gong Xi Fa Cai" dan Ucapan Lainnya untuk Rayakan Imlek

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 4 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gong Xi Fa Cai memiliki arti, “Semoga Mendapatkan Kekayaan Lebih Banyak Lagi” dan diucapkan agar mendapatkan keuntungan serta kesejahteraan sepanjang tahun.
tirto.id - Perayaan Imlek akan dilaksanakan Selasa (5/2/2019) besok. Menyambut Imlek, banyak destinasi wisata, tempat ibadah, sudut-sudut kota hingga rumah-rumah yang didekorasi dengan hiasan khas serta berbagai jenis kuliner dan atraksi kesenian yang memeriahkan suasana.

Tak lupa, ucapan untuk memulai tahun baru dengan harapan baru juga disampaikan kepada orang-orang tercinta sebagai doa.

Ucapan yang paling lazim didengar saat Imlek adalah “Gong Xi Fa Cai”. Gong Xi Fa Cai memiliki arti, “Semoga Mendapatkan Kekayaan Lebih Banyak Lagi”.

Gong Xi Fa Cai diungkapkan agar ada keuntungan dan kesejahteraan sepanjang tahun sehingga keceriaan di hari itu dapat bertahan selama setahun penuh.

Meskipun menjadi ucapan populer, Gong Xi Fa Cai tidak mengandung ungkapan Tahun Baru sama sekali. Gong Xi Fa Cai menjadi terkenal di Indonesia karena keturunan Tionghoa rata-rata adalah pebisnis dan pengusaha sehingga lebih sering dipakai karena relevan dengan profesi yang bersangkutan.

Ungkapan yang merepresentasikan suasana Tahun Baru Imlek adalah “Xin Nian Kuai Le” yang memiliki arti harfiah, “Selamat tahun Baru”. “Xin Nian Hao”, artinya “Semoga Tahun Baru mu Baik” juga dapat diungkapkan sebagai doa.


Melansir laman Metro, Tahun Baru Imlek bertepatan dengan Festival Musim Semi atau Chunjie, sehingga Imlek juga sebagai perayaan menyambut Musim Semi.

“Chun Jie Kuai Le”, “Selamat Musim Semi” atau “Chun Jie Hao”, “Semoga Musim Semimu Baik” untuk menyambut musim yang baru dimana bunga-bunga bermekaran bersamaan dengan harapan baru.

Karena tahun baru tidak hanya sebuah momen, namun juga sebagai penanda sepanjang tahun, ucapan yang penuh harapan juga wajib diungkapkan kepada orang-orang terkasih, seperti “Xin Nian Jin Pu” (Semoga ada kemajuan tahun ini), “Wang Shi Ru Yi” (Semoga harapanmu terpenuhi), dan “Sui sui Ping An” (Semoga terhindar dari semua celaka).

Bagi pemberi angpao, biasanya akan mengucapkan, “Gong Xi Fa Cai, Hang Bao Na Lai” (Semoga Kaya Raya, Ini Kuberi Angpau).

Melansir The Finder, ungkapan “Nian Nian You Yu” (Semoga sejahtera sepanjnag Tahun) juga dapat menjadi alternatif uncapan bagi orang-orang terkasih.

Selain ucapan yang membawa berkah, Tahun Baru Imlek juga dihiasi dengan berbagai pertunjukkan yang meneguhkan harapan dan bertujuan menolak bala, seperti pertunjukkan Tarian Naga dan Barongsai.

“Tarian Singa [Barongsai] bertujuan untuk mengusir roh jahat, sedangkan Tarian Naga [Liong] adalah untuk menciptakan dan menerima keberuntungan. Musik dan kembang api utamanya untuk memberikan selebrasi dan menandai perayaan,” ungkap Prof. Yam Kah Kean, Pengajar Senior Studi CIna di Universitas Malaya seperti dilansir The Star.

Momen Imlek untuk berkumpul bersama keluarga tentu menjadi momen yang tepat untuk mengucapkan pengharapan dan saling mendoakan.

Selain sebagai pelengkap dari sebuah perayaan, ungkapan harapan dapat menjadi tanda bahwa kita selalu mendukung dan mendoakan kesejahteraan keluarga dan ornag-orang yang kita cintai di sepanjang tahun.


Baca juga artikel terkait HARI RAYA IMLEK atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yandri Daniel Damaledo