Apindo akan Lapor ke Pemerintah soal Dampak Boikot Produk Israel

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 5 Des 2023 14:53 WIB
APINDO akan melaporkan kepada pemerintah terkait dampak negatif ekonomi terhadap aksi boikot produk yang dianggap terafiliasi Israel, Rabu (6/12/2023).
tirto.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) akan melaporkan kepada pemerintah terkait dampak negatif ekonomi terhadap aksi boikot produk yang dianggap terafiliasi Israel, Rabu (6/12/2023). Ketua Bidang Perdagangan, APINDO, Anne Patricia Sutanto, menuturkan informasi yang akan dilaporkan ke pemerintah terkait produk-produk terdampak aksi boikot.

“Rilis dampak negatif ekonomi, besok kami informasikan ke pemerintah,” kata Anne kepada Tirto, Selasa (5/12/2023).

Sementara itu, Anne mengklaim pihaknya tidak menjanjikan untuk merilis produk yang terafiliasi Israel. Namun, dia menuturkan APINDO akan merilis dampak ekonomi terkait aksi boikot tersebut.

“Salah [terkait rilis daftar produk], enggak pernah janjikan, salah disadur, [kami] lebih ke arah brand yang terimbas boikot, tapi bukan rilis brand-nya,” ungkap Anne.

Dia menjelaskan, ada beberapa produk yang terdampak terkait aksi boikot, seperti produk fast moving consumer goods (FMCG) dan chain fast food. Dia menilai, justru produk dari perusahaan-perusahaan asal Indonesia juga ikut terdampak.

“FMCG terdampak, tapi chain fast food restaurant lebih terdampak, padahal supply chain-nya rata-rata perusahaan Indonesia, supplier-nya,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W Kamdani, mengatakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak pernah mengeluarkan daftar produk pro agresi militer Israel. Untuk itu, kekosongan pada produk-produk tertentu berdampak pada pengusaha.

Shinta membeberkan, aksi boikot akhir-akhir ini tidak memiliki kepastian, apakah produk yang diisukan benar mendukung Israel.




Baca juga artikel terkait BOIKOT PRODUK ISRAEL atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight