Apa Saja Cara Pencegahan Penyakit Hipertensi?

Kontributor: Mohamad Ichsanudin Adnan, tirto.id - 11 Nov 2022 16:02 WIB | Diperbarui 16 Nov 2022 15:09 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah cara pencegahan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.
tirto.id - Hipertensi adalah salah satu penyakit yang ditandai ketika seseorang memiliki tekanan darah tinggi di atas batas normal yakni 130/80 mmHg.

Beberapa orang yang mengidap hipertensi biasanya tidak merasakan keluhan atau gejala yang cukup jelas, sehingga tidak mengetahui jika ia sedang mengidap penyakit hipertensi atau tidak. Maka dari itu, penyakit ini sering disebut sebagai ‘The Silent Killer’.

Cara mengidentifikasi seseorang terkena hipertensi biasanya menunjukkan gejala umum seperti, sakit kepala, mudah gelisah, jantung berdebar-debar, rentan pusing, penglihatan kabur, rasa sakit di dada, hingga mudah sekali kelelahan.


Penyebab Hipertensi

Penyebab hipertensi sendiri ada berbagai macam, namun terdapat dua jenis penyebab utama hipertensi yang dapat diidentifikasi, yakni:

  • Hipertensi Primer

Hipertensi primer cenderung berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun, sehingga cukup sulit untuk diidentifikasi. Akan tetapi, jenis ini kebanyakan dialami oleh orang-orang dewasa.

  • Hipertensi Sekunder

Berbeda dengan hipertensi primer, hipertensi sekunder cenderung muncul secara tiba-tiba.

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hipertensi yakni pengaruh gaya hidup yang buruk, keturunan, kurang olahraga, hingga porsi istirahat yang kurang tercukupi.

Maka dari itu, penting kiranya untuk mengetahui cara pencegahan risiko hipertensi agar kita lebih siap dan waspada terhadap penyakit tersebut.

Infografik SC Pencegahan Penyakit Hipertensi
Infografik SC Pencegahan Penyakit Hipertensi. tirto.id/Quita


Cara Pencegahan Hipertensi

Sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya, faktor umum yang membuat seseorang rentan mengidap hipertensi adalah gaya hidup yang buruk.

Senada dengan pemaparan tersebut, P2PTM Kemenkes RI melalui laman resminya menjelaskan beberapa cara untuk mencegah dan mengendalikan risiko seseorang mengalami hipertensi adalah sebagai berikut ini:

  • Mengurangi konsumsi garam, setidaknya jangan melebihi 1 sendok teh per harinya.
  • Melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti olahraga 30 menit per hari.
  • Mengurangi rokok.
  • Diet dengan gizi yang seimbang.
  • Mempertahankan berat badan ideal.
  • Mengurangi konsumsi alkohol.

Bagi seseorang yang telah menderita penyakit hipertensi, dianjurkan untuk tetap melakukan perubahan gaya hidup tersebut dan dibarengi dengan mengkonsumsi obat secara teratur untuk mengatur tekanan darahnya.

Bila perlu konsultasi langsung dengan dokter mengenai obat yang kiranya tepat untuk mengatasi hipertensi.


Baca juga artikel terkait GAYA HIDUP atau tulisan menarik lainnya Mohamad Ichsanudin Adnan
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Mohamad Ichsanudin Adnan
Penulis: Mohamad Ichsanudin Adnan
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight