6 Tips Cegah Bosan saat WFH: Buat Jadwal Kerja dan Waktu Istirahat

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips mencegah rasa bosan selama bekerja dari rumah atau WFH: mulai dari buat jadwal hingga jangan lupa istirahat.
tirto.id - Ketika pandemi COVID-19 terus menyebar di seluruh dunia, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau Work from Home (WFH).

Dengan bekerja dari rumah, maka karyawan bisa tetap produktif sambil menjaga diri sendiri dan orang yang dicintai.

Seperti dilansir dari Healthline, isolasi diri selama pandemi COVID-19 menghadirkan tantangan baru, tetapi seiring dengan tantangan ini terletak peluang untuk memiliki perspektif baru.

Melanjutkan kehidupan kerja dengan cara baru dapat mengarahkan seseorang pada perubahan dan pertumbuhan positif.

Situasi luar biasa ini juga memungkinkan untuk memikirkan kembali semua bidang kehidupan yang telah dilakukan. Agar tidak cepat jenuh dan merasa bosan selama WFH, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Tentukan ruang kerja

Siapkan area rumah untuk digunakan sebagai ruang kerja. Duduk di ruang ini mengirimkan sinyal yang jelas ke otak bahwa sudah waktunya untuk fokus. Tetapi jauhi ruang kerja ketika sedang tidak bekerja.

Setelah waktu kerja selesai, tahan keinginan untuk memeriksa email dan pekerjaan apapun yang berhubungan dengan pekerjaan hingga tiba waktu kerja selanjutnya.

2. Bergerak

Jika membuat ruang kerja seluler bisa membantu untuk konsentrasi, siapkan beberapa ruang di rumah untuk bekerja. Ini dapat membantu postur tubuh karena akan mengubah posisi duduk.

Pastikan ruang kerja ergonomis, karena akan menghilangkan faktor risiko yang mengarah pada cedera muskuloskeletal dan memungkinkan peningkatan kinerja dan produktivitas.

Bekerja sambil duduk di sofa yang nyaman atau tempat tidur adalah cara yang bagus, mengetik di laptop dalam waktu yang lama bisa membuat punggung atau leher menjadi tegang.

3. Bersiaplah untuk hari kerja

Luangkan waktu untuk melakukan rutinitas pagi secara normal, mandi, dan berpakaian seperti biasa. Jika biasanya pergi ke gym, tambahkan rutinitas dengan melakukan olahraga ringan atau latihan kekuatan fisik.

Tentukan beberapa pakaian kerja, bahkan jika itu lebih nyaman daripada hanya menggunakan pakaian rumah. Termasuk jika suka merias rambut dan merias wajah, lakukanlah, meskipun itu hanya untuk diri sendiri.

Atau biarkan kulit bernapas dan gunakan waktu ini untuk meningkatkan kesehatannya dengan menggunakan serum, toner, atau masker.


4. Tetapkan jadwal

Alih-alih memiliki rencana yang kabur, buat jadwal harian dan tuliskan di ponsel atau catat di kertas, kemudian tempel di tempat yang terlihat. Buat daftar tugas terperinci yang dipecah menjadi beberapa kategori berdasarkan kepentingan.

5. Buat rencana makan

Rencanakan menyiapkan makanan dan camilan seperti pada awal minggu atau hari kerja.

Cara ini bisa mencegah kerja sampai ke titik kelaparan dan kemudian bingung untuk memutuskan apa yang harus dimakan. Tetapi ingat, hindari makan saat berada di meja atau tempat kerja.

Pilih makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan, seperti biji labu, cokelat hitam, dan telur. Batasi asupan karbohidrat olahan, makanan olahan, dan minuman manis.

6. Jangan lupa beristirahat.

Menurut NHS, meluangkan waktu untuk istirahat adalah penting untuk membantu mengelola stres. Beri waktu untuk berkonsentrasi pada hal lain sehingga bisa membuat lebih fokus ketika kembali bekerja.

Bahkan jika itu hanya 5 atau 10 menit setiap jamnya, karena dapat sangat membantu produktivitas kerja.

Jika memungkinkan, tentukan waktu untuk berjalan-jalan dan mencari udara segar (pastikan cara ini mengikuti panduan pemerintah terkait COVID-19).


Baca juga artikel terkait TIPS WORK FROM HOME atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight