tirto.id - Ada trik sederhana yang dapat diaplikasikan agar lebih produktif pakai produk Google saat work from home. Hal ini disampaikan oleh Pakar Produktivitas Google, Laura Mae Martin, dalam konferensi virtual bersama Google, Kamis (14/5/2020).
Produk Google, kata Martin, ada beragam seturut kebutuhan penggunanya, mulai Gmail hingga Drive. Dengan menerapkan trik sederhana, bekerja dari rumah pun dapat menjadi lebih efektif. Berikut ulasan dari Martin:
1. Menjadwalkan kirim email otomatis
Gmail memiliki fitur untuk mengirim email sesuai jadwal yang diinginkan. Ketika membuat pesan baru atau membalas, klik panah sebelah tombol "Kirim", lalu "Jadwalkan pengiriman".
2. Membisukan pemberitahuan saat rapat
Terdapat fitur di Google Meet untuk meminimalisir gangguan saat menghadiri rapat virtual atau ketika di luar ruangan. Dengan memilih tombok "Aktif", pilih durasi untuk mute pemberitahuan.
3. Pin tab
Fitur pin tab dalam browser Google Chrome dapat menyematkan tab di browser dan mencegahnya untuk menutup secara tidak sengaja. Caranya, cukup klik kanan dan pilih "pin tab".
4. Duat daftar tugas
Dalam Calendar, pengguna dapat membuat daftar tugas, dan bahkan dapat menyematkan kotak tugasnya dengan mudah.
5. Buat ruang kerja
Ruang kerja dalam Drive memungkinkan pengguna untuk bekerja dalam banyak proyek dan perlu cara cepat untuk mengakses file penting.
Bagian "Ruang Kerja" dapat dipilih di kolom prioritas, lalu buat dan beri nama folder, dan tambahkan file ke dalam folder tersebut.
6. Tanya-jawab
Google Slides memungkinkan penggunanya untuk menerima dan menyampaikan pertanyaan audiens. Cukup minta audiens untuk mengirimkan pertanyaan selama presentasi.
Masih terkait WFH, Google pada April lalu berbagi tips aman beraktivitas online saat pandemik corona.
Menurut Mark Risher selaku Senior Director for Account Security, Identity, and Abuse, Google, ada lima hal yang ditekankan oleh Google, yaitu soal cara mendeteksi, penggunaan email, perilaku video call, update keamanan, dan mengelola kata sandi.