tirto.id - Pandemi virus corona (COVID-19) membuat banyak orang terpaksa melakukan aktivitas di rumah, baik untuk bekerja maupun belajar. Pemerintah RI juga telah memutuskan menutup sekolah dan memerintahkan para aparatur sipil negara (ASN) bekerja di rumah atau work from home (WFH).
WFH penting dilaksanakan masyarakat untuk mencegah penularan virus corona. Jika bukan untuk keperluan yang mendesak, masyarakat sangat dianjurkan tetap berada di rumah.
Meski demikian, terlalu lama bekerja dan beraktivitas di rumah saja juga berisiko memicu stres dan masalah kesehatan mental lain. Hal ini mengingat sebelum pandemi corona terjadi, banyak pekerja terbiasa beraktivitas di kantor atau tempat kerja di luar kediaman mereka.
Dikutip dari laman Black Dog Institute, di antara masalah kesehatan mental yang kerap terjadi di kalangan pekerja yang melakukan WFH adalah perasaan kesepian, terputus dari hubungan dengan orang lain secara sosial maupun profesional, dan stres karena kekurangan liburan.
Imbasnya, banyak orang yang melakukan WFH mudah merasa bosan, emosi, stres, bahkan lebih jauh lagi, dapat mengalami depresi.
Dalam situasi seperti ini, menyegarkan kembali rutinitas menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengatasi kebosanan, stres dan mencegah depresi saat WFH.
Baru-baru ini, Forbes merilis video berjudul “4 Ways To Refresh Your Routine When Working From Home” di laman resmi mereka. Video berdurasi 1 menit 19 detik itu, memberikan panduan kepada untuk menyegarkan rutinitas selama masa bekerja dari rumah. Berikut ini tips menyegarkan lagi rutinitas pada masa WFH.
1. Jalani Kegiatan Baru Setiap Hari
Saat WFH, rasa bosan kerap melanda karena rutinitas itu-itu saja. Namun, jika Anda memulihkan kegiatan Anda setiap hari, perasaan “menjadi baru” akan ditemui.
Misalnya, sebelum memulai pekerjaan pada hari ini, Anda bisa berjalan-jalan dengan anjing atau kucing peliharaan. Lalu, keesokan harinya, ganti kegiatan sebelum bekerja dengan bersepeda.
Pada hari berikutnya, mulailah kegiatan dengan bermain gim untuk menyegarkan pikiran. Jangan buat hari-hari Anda menjadi monoton, dengan melakukan hal yang sama sebelum bekerja.
2. Buat Fokus Baru pada Setiap Pekan
Penting membuat target, dan memberi warna yang berbeda setiap pekan. Hal ini akan mendorong Anda untuk lebih produktif, menghargai waktu, dan berusaha mendapatkan sesuatu yang berbeda pada setiap minggu.
Anda mungkin mau fokus meningkatkan kesehatan pada pekan ni. Maka, buatlah tema “olahraga” sehingga dalam satu pekan, Anda berfokus menjalani latihan fisik, membentuk otot, melakukan yoga dan lainnya.
Sementara pada pekan depan, Anda bisa fokus dengan tema lain. Jika Anda ingin mengkreasikan berbagai resep masakan, maka fokuskan pekan depan untuk kegiatan di dapur. Buat warna yang berbeda pada setiap pekan dengan membikin beragam target dan fokus kegiatan harian.
3. Segarkan Pikiran Saat Suntuk
Pengalaman indrawi dibutuhkan untuk merangsang perasaan hati atau mood Anda ketika sedang merasa suntuk akibat pekerjaan. Cobalah untuk mendengarkan musik atau podcast favorit pada saat sedang merasa jenuh. Bahkan, Anda bisa melakukannya sambil bekerja. Menikmatinya akan membuat perasaan hati segar kembali.
4. Berkomunikasi dengan panggilan video
WFH memungkinkan adanya jarak antara Anda dengan rekan kerja, saudara, atau bahkan kekasih. Cobalah meluangkan waktu untuk berbincang dengan mereka via panggilan video. Memastikan hubungan dengan orang lain tetap terjalin, atau saling berkabar, bisa merangsang rasa aman dan menghilangkan kecemasan.
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Addi M Idhom