tirto.id - Contoh deskripsi pengalaman penata layanan operasional bisa dijadikan referensi saat mendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024. Lantas seperti apa deskripsi pengalaman penata layanan operasional, simak ulasanya berikut ini.
Pendaftaran PPPK 2024 Periode I berlangsung pada 1-20 Oktober 2024. Periode I diperuntukkan bagi Pelamar Prioritas (Pelamar Prioritas Guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023), Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks-THK-II), serta Tenaga non-ASN yang terdata dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka 1.031.554 formasi PPPK dari total 1.280.547 formasi CASN 2024. Salah satu formasi yang tersedia adalah Penata Layanan Operasional.
Kumpulan Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja sebagai Penata Layanan Operasional untuk PPPK
Salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan saat pendaftaran PPPK sebagai Penata Layanan Operasional adalah menuliskan pengalaman kerjanya sebagai seorang Penata Layanan Operasional maksimal 3000 karakter di kotak yang sudah disediakan.
Berikut beberapa contoh deskripsi pengalaman kerja Penata Layanan Operasional yang bisa dijadikan referensi saat mendaftar PPPK Penata Layanan Operasional.
1. Contoh deskripsi pengalaman kerja Penata Layanan Operasional
Nama saya Adi Chandra, saya memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun sebagai penata layanan operasional di PT. Suka Jaya Berkah. Saya memiliki tugas utama yakni memastikan kelancaran berbagai layanan administrasi dan operasional. Saya bertanggung jawab mengoordinasikan pelayanan kepada masyarakat, menangani pengarsipan dokumen, dan menyusun laporan harian maupun bulanan.Selain itu, saya juga mengelola administrasi surat-menyurat, serta memantau dan mengoptimalkan proses kerja di unit layanan sesuai standar operasional yang berlaku. Saya aktif dalam memberikan solusi cepat terhadap permasalahan yang muncul dalam pelayanan, serta berusaha menjaga kepuasan pelanggan dengan memberikan informasi yang akurat dan pelayanan yang ramah.
Penggunaan aplikasi sistem manajemen layanan dan aplikasi perkantoran sudah menjadi bagian dari rutinitas saya untuk mempercepat dan mempermudah pelaksanaan tugas. Dengan keterampilan koordinasi yang baik, saya berhasil menciptakan lingkungan kerja yang efisien dan memastikan target layanan tercapai tepat waktu.
2. Contoh deskripsi pengalaman kerja Penata Layanan Operasional di perusahaan swasta
Nama saya Reyga Mahendra, lahir di Bandung pada 11 Juni 1898 dan lulus S1 Teknik Industri di Universitas XYZ. Saya memiliki pengalaman lima tahun sebagai penata layanan operasional di PT. Suka Makmur.Tugas utama saya adalah menjaga dan memastikan kelancaran seluruh layanan administrasi dan operasional. Saya bertanggung jawab mengkoordinasikan pelayanan kepada masyarakat, mengarsipkan dokumen dengan baik, serta menyusun laporan harian maupun bulanan.
Selain daripada itu, saya juga bertanggung jawab untuk mengelola administrasi surat-menyurat dan memantau serta mengoptimalkan proses kerja di berbagai unit layanan sesuai dengan standar operasional perusahaan.
Selama lima tahun bekerja di perusahaan PT. Suka Makmur, saya aktif dalam berbagai macam kegiatan dan pelatihan perusahaan, sehingga saya mampu menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang muncul dalam menjalankan tugas sebagai Penata Layanan Operasional.
Saya juga memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh rekan kerja maupun kepada pelanggan. Saya yakin dengan memberikan pelayanan terbaik, maka perusahaan akan mendapatkan benefit yang setimpal.
Penggunaan aplikasi sistem manajemen layanan dan aplikasi perkantoran sudah menjadi bagian dari rutinitas saya untuk mempercepat dan mempermudah pelaksanaan tugas. Dengan keterampilan koordinasi yang baik, saya berhasil menciptakan lingkungan kerja yang efisien dan memastikan target layanan tercapai tepat waktu.
3. Contoh deskripsi pengalaman kerja Penata Layanan Operasional di Puskesmas
Nama saya Fachry Alam dan saya berpengalaman selama 6 tahun sebagai penata layanan operasional di Puskesmas SukaMaju. Sebagai seorang penata layanan operasional, tugas saya adalah memastikan layanan dan operasional berjalan lancar di tempat saya bekerja.
Setiap hari, saya melakukan pengecekan rutin untuk memastikan seluruh layanan administrasi dan operasional berjalan lancar dengan cara bekerja sama dengan baik dengan rekan kerja serta menjalankan prosedur sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan.
Saya bertanggung jawab untuk mengelola administrasi surat menyurat dan mengkoordinasikan pelayanan kepada masyarakat, mengarsipkan dokumen, serta menyusun laporan harian maupun bulanan dengan baik.
Selain itu, saya juga memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat maupun rekan kerja agar seluruh kegiatan operasional di Puskesmas SukaMaju berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.
Saya juga terbiasa menggunakan aplikasi sistem manajemen layanan untuk memudahkan rutinitas dan menyelesaikan tugas dengan cepat. Saya yakin dapat terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik sebagai penata layanan operasional dimanapun saya bekerja.
4. Contoh deskripsi pengalaman kerja Penata Layanan Operasional di perusahaan swasta
Nama saya Lukman Nur Arif dan saya pernah bekerja sebagai Penata Layanan Operasional di PT. SukaJaya selama 4 tahun. Menjadi seorang Penata Layanan Operasional di perusahaan kecil mengajarkan saya betapa pentingnya peran seorang penata layanan operasional sebagai salah satu pilar dalam pelayanan operasional di perusahaan.Setiap hari, saya melakukan pengecekan rutin, mengelola administrasi, surat menyurat, dan mengkoordinasikan pelayanan kepada pelanggan maupun kepada rekan kerja. Saya juga membuat laporan rutin harian maupun bulanan, mengarsipkan dokumen, hingga menjalankan pelayanan sesuai dengan standar operasional perusahaan.
Selama empat tahun bekerja, saya juga aktif mengikuti berbagai macam pelatihan yang menunjang kemampuan dan menambah pengalaman saya di bidang penata layanan operasional.
Selain meningkatkan skill, saya juga mampu bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim sehingga seluruh pelayanan operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Salah satu tantangan terbesar bekerja di perusahaan kecil adalah keterbatasan fasilitas dan jarak yang jauh dari perkotaan. Saya harus selalu siap untuk menangani kondisi darurat.
Pengalaman ini telah membentuk saya untuk menjadi seorang penata layanan operasional yang lebih mandiri, tangguh, dan fleksibel. Saya terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan operasional terbaik di tempat saya bekerja.
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Yulaika Ramadhani