Menuju konten utama

2 Contoh Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak & Cara Buatnya

Artikel ini menyajikan contoh laporan contoh aksi nyata modul 1.3 visi Guru Penggerak yang dapat menjadi referensi. Berikut selengkapnya.

2 Contoh Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak & Cara Buatnya
Kurikulum Merdeka. foto/istockphoto

tirto.id - Peserta Guru Penggerak usai menyelesaikan tugas-tugasnya, kemudian membuat laporan contoh aksi nyata modul 1.3 Visi Guru Penggerak. Artikel ini menyajikan contoh laporan tersebut dan bisa dipakai untuk referensi.

Laporan Aksi Nyata Guru Penggerak merupakan rangkuman kegiatan yang dilakukan oleh para peserta programnya. Aksi tersebut dijalankan sesuai implementasi berpendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) demi menciptakan murid ber-Profil Pelajar Pancasila.

Bukan hanya melampirkan latar belakang dan tujuan kegiatan, tahapan aksi nyata juga menulis tahapan persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Semua keterangan itu harus dibuktikan melalui dokumentasi foto (jika berbentuk PPT) atau video (jika ingin diunggah ke format film).

Lantas, bagaimanakah contoh aksi nyata modul 1.3 Visi Guru Penggerak? Berikut ini kumpulan contoh laporan tersebut lengkap dengan cara penyusunannya.

Kumpulan Contoh Laporan Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Perlu diperhatikan bahwa contoh yang disajikan di artikel ini melampirkan contoh kalimat singkat untuk mendeskripsikan masing-masing bagian. Anda bisa memodifikasi kata-kata tersebut agar lebih rinci, sesuai dengan proyek yang sudah Anda jalankan.

Contoh 1:

Judul:

Laporan Aksi Nyata Visi Guru Penggerak Modul 1.3

Lampiran:Foto beserta keterangan diri peserta Guru Penggerak.

Pengertian Aksi Nyata Guru Penggerak:

Aksi yang dilakukan peserta Guru Penggerak untuk mengimplementasikan pembelajaran sesuai Inkuiri Apresiatif agar siswa-siswi bisa sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Latar Belakang Aksi Nyata:

Sebagaimana diungkapkan Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan harus bisa menuntun anak agar bisa selamat dan bahagia setinggi-tingginya. Ini berlaku juga bagi para peserta Guru Penggerak sebagai motivasinya.

Tujuan Aksi Nyata:

Mengarahkan peserta didik agar memenuhi kriteria Profil Pelajar Pancasila.

Persiapan Aksi Nyata:

Menjalankan strategi lewat koordinasi bersama rekan guru lain dan kepala sekolah.

Pelaksanaan Aksi Nyata:

Memakai tahapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, dan Atur Eksekusi).

Refleksi Aksi Nyata:

Berdasarkan aksi nyata yang sudah saya jalankan, saya mendapatkan pengalaman berharga. Selain bisa mempelajari karakteristik siswa-siswi, saya juga memperoleh gambaran tentang bagaimana proses pembelajaran itu bisa bertahan. Dengan begitu, segala kekurangan yang terjadi dalam aksi nyata bisa menjadi media pengajaran bagi saya.

Contoh 2:

Judul:

Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Penulisan identitas:Ahmad Burhanuddin, S.Pd

SMP (nama sekolah)

Pengenalan IA dan Metode BAGJA:Dengan pendekatan IA, ingin mengaktualisasikan potensi peserta didik secara berkelompok untuk mengubah sesuatu. Landasan perubahan tersebut berlaku sesuai standar P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Mekanisme pembelajaran BAGJA akan diterapkan kepada siswa-siswi. Mulai dari Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan, dan Atur Eksekusi.

Aksi Nyata:

Kegiatan dilakukan sesuai metode, dibuktikan dengan sejumlah foto dan video yang ditampilkan melalui tayangan PPT atau video. Salah satu contoh kegiatannya berdimensi kreatif, membuat karya untuk dijadikan pajangan kelas dan hiburan bersama.

Anda yang ingin melihat contoh laporan aksi nyata modul 1.3 Guru Penggerak bisa mengakses beberapa dokumen dan video berikut.

Cara Menyusun Laporan Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Ilustrasi modul kurikulum merdeka

Ilustrasi modul kurikulum merdeka. (FOTO/iStockphoto)

Penyusunan laporan aksi nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak dapat Anda pantau melalui langkah-langkah berikut.

  1. Buat judul laporan pada bagian awal;
  2. Sajikan pula foto peserta, identitas, dan nama instansi pendidikannya;
  3. Tuliskan informasi tentang latar belakang aksi nyata, tujuan, dan pengertian metode yang telah diterapkan;
  4. Tulis rincian masing-masing tahapan aksi nyata, mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai refleksi kegiatannya;
  5. Jangan lupa lampirkan salam penutup di akhir laporan.

Baca juga artikel terkait GURU PENGGERAK atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Edusains
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani