12 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes: Ada Jagung, Jus

Oleh: Dhita Koesno - 19 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Makanan yang harus dihindari penderita diabetes: mulai dari kentang, jagung, nasi, pisang raja, hingga jus buah.
tirto.id - Jenis makanan untuk penderita diabetes tentu sangat berbeda dengan orang yang sehat. Begitu seseorang didiagnosis menderita diabetes, maka mereka pun harus menjadi pemilih makanan selama sisa hidupnya.

Untuk menerapkan pola makan sehat yang terdiri dari semua mikronutrien, sebuah studi menyebutkan bahwa penderita diabetes harus memperhatikan setiap makanan yang mereka konsumsi.

Pola makan yang seimbang tentu akan menurunkan risiko komplikasi yang terkait dengan diabetes. Ini membantu meningkatkan kualitas hidup mereka dan mengelola gejalanya.

Makanan yang Dihindari Penderita Diabetes


Pilihan makanan yang buruk hanya dapat meningkatkan risiko penyakit lain seperti masalah jantung. Berikut ini daftar makanan yang harus dihindari penderita diabetes untuk hidup yang lebih sehat sperti dikutip dari Boldsky.

1. Kentang

Kentang tinggi pati dan memiliki indeks glikemik tinggi. Makanan tinggi indeks glikemik terkait dengan risiko diabetes, konsumsi kentang yang tinggi dapat menyebabkan diabetes atau komplikasi terkait.

Kentang urutannya berada di bawah sayuran bertepung untuk penderita diabetes, itulah sebabnya mengapa kentang dikeluarkan dari diet diabetes.

2. Jagung

Jagung pada dasarnya dianggap sebagai sayuran manis. Meskipun kaya vitamin, mineral dan serat makanan, ini dapat meningkatkan kadar glukosa bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Konsumsi sirup jagung fruktosa tinggi bisa memicu diabetes.

3. Pisang raja

Pisang raja termasuk dalam keluarga pisang yang mengandung banyak nutrisi penting. Meskipun rendah gula, namun lebih mengandung pati yang dapat berkontribusi pada risiko diabetes.

Pisang raja dapat membantu mengelola diabetes tetapi jumlahnya yang besar dapat memiliki efek hipoglikemik.

4. Tepung putih olahan tinggi

Tepung putih olahan tinggi mengandung karbohidrat olahan yang dapat memberikan energi cepat tetapi kurang nutrisi karena terlalu banyak pemrosesan.

Makanan yang dipanggang seperti kue dan muffin yang terbuat dari tepung putih harus dihindari jika Anda menderita diabetes.

5. Nasi putih

Biji-bijian putih seperti roti putih, pasta putih dan nasi putih mengandung pati yang tinggi. Meskipun semua biji-bijian bertepung, tetapi biji-bijian putih mengandung lebih banyak tepung dibandingkan dengan biji-bijian varian lainnya.

Penderita diabetes harus beralih ke produk makanan biji-bijian yang kaya serat untuk pengelolaan diabetes.

6. Produk daging

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Beberapa produk daging seperti beef, lamb dan port tinggi protein, tetapi dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam proporsi yang banyak.

Namun, konsumsinya yang rendah juga terkait dengan risiko diabetes. Konsumsi protein dari sumber nabati seperti kacang-kacangan, dan lentil.

7. Produk susu berlemak

Produk susu kaya akan kalsium dan vitamin. Namun, produk susu berlemak penuh seperti yoghurt berlemak penuh, susu murni, dan keju berlemak tinggi dapat meningkatkan kadar glukosa dan risiko penyakit jantung karena kadar laktosa yang tinggi.

8. Jus buah

Buah-buahan adalah bagian penting dari diet diabetes, tetapi jus yang dibuat dari buah-buahan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

Saat buah diubah menjadi jus, serat di dalamnya terurai. Selain itu, tambahan gula bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

9. Makanan kaleng dan acar

Makanan kalengan dan acar mengandung jumlah natrium yang tinggi yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada penderita diabetes. Makanan ini harus dihindari dan juga, asupan garam dalam makanan harus dikurangi.

10. Lemak jenuh dan trans

Makanan seperti mentega, kentang goreng, keripik kentang, burger, pizza, mayonaise, dan banyak lainnya mengandung lemak jenuh dan trans yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung hingga komplikasi diabetes.

11. Minuman energi

Minuman energi yang biasa dipasarkan mengandung pemanis buatan dan kafein dalam proporsi tinggi yang dapat meningkatkan kadar insulin selama berjam-jam setelah dikonsumsi. Hindari konsumsinya untuk mengatasi diabetes.

12. Buah kering

Buah-buahan kering seperti kismis, plum, buah ara, dan buah beri kering merupakan sumber antioksidan yang kaya dengan banyak manfaat kesehatan.

Namun, mereka mengandung gula alami pekat dan berkalori tinggi. Mereka dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah besar.


Baca juga artikel terkait DIABETES atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight