10 Daftar Makanan Pencegah Stres dan Kecemasan

Oleh: Adilan Bill Azmy - 25 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Jenis makanan yang bisa mencegah stres dan kecemasan, mulai dari kalkun, coklat, brokoli, hingga teh kamomil.
tirto.id - Siapa yang belum pernah merasa cemas? Kecemasan kadang datang tiba-tiba, seperti cemas terhadap hal sepele, cemas karena belum mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana jadinya bila kecemasan yang dialami sampai mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari?

Kecemasan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Dilansir WebMD, kecemasan biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Gangguan panik dengan gejala sering merasa gelisah, jantung berdebar-debar (merasakan jantung berdetak tiba-tiba), pusing, dan sesak napas.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein seperti kopi atau teh yang membuat seseorang jadi susah tidur.
  • Gangguan fobia.
  • Gangguan stres.

Menurut Nathalie Rhone, seorang ahli nutrisi dari New York dalam situs Health.com, kecemasan juga didukung dari faktor makanan.

"Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan, digoreng, atau sarat akan zat aditif dapat meningkatkan kecemasan, karena menimbulkan peradangan dalam tubuh, yang akhirnya memengaruhi otak," ujarnya.

Namun, kita tidak perlu cemas dengan hal tersebut. Menurut Rhone, makanan di bawah ini dapat dikonsumsi untuk meredakan kecemasan.

1. Daging Kalkun

Mengonsumsi daging kalkun secara berlebihan dapat membuat keadaan food coma atau kelelahan setelah makan. Tetapi, bila dikonsumsi secara tepat, daging kalkun dapat bermanfaat mengatasi kecemasan.

Kandungan triptofan, salah satu jenis asam amino pada daging kalkun dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh kita, sehingga meredakan kecemasan.

"Tryptophan membantu tubuh memproduksi serotonin, neurotransmitter yang menciptakan suasana bahagia dan menenangkan yang membantu tidur pulas," kata Rhone.

2. Ikan Salmon

Ikan serbaguna ini dapat mengurangi kecemasan yang terjadi. Kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, melindungi sistem imun dan berperan penting dalam menjaga fungsi otak yang normal.

3. Dark Chocolate

Dark chocolate dipercaya oleh para ahli nutrisi mengandung lebih banyak antioksidan dibanding jenis coklat yang lain. Kandungan antioksidan yang terkandung ini dapat memicu relaksasi pada dinding pembuluh darah, yang meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah.

Mengonsumsi 1,5 ons dark chocolate setiap hari juga dapat mengurangi stres.

4. Asparagus

Mengonsumsi asparagus dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh. Asparagus mengandung vitamin B yang tinggi. Kekurangan vitamin B dapat menjadi penyebab munculnya depresi. Satu cangkir asparagus saja dapat mencukupi 70 persen kebutuhan vitamin B yang direkomendasikan.

Asparagus juga mengandung bakteri prebiotik yang dapat memberikan efek positif pada suasana hati.

5. Kubis

Kubis atau kol dianggap sebagai makanan probiotik. Sering mengonsumsi kubis akan memiliki efek meningkatkan mood.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research menyebutkan, asinan kubis, kefir, acar, dan makanan fermentasi lainnya dikaitkan dengan lebih sedikit gejala kecemasan sosial pada orang dewasa muda.


6. Buah Jeruk

Selain mencegah sariawan, kandungan vitamin C pada buah jeruk juga mampu mengurangi kecemasan. Kelenjar adrenal pada manusia merupakan tempat terbaik untuk menyimpan vitamin C. Kelenjar adrenal mengatur kortisol menggunakan vitamin C yang terkandung dalam buah ini.

7. Brokoli

Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli kaya akan magnesium. Rhone menuturkan, magnesium berguna sebagai relaksasi dan mengurangi kecemasan. Selain itu, magnesium juga berguna untuk menjaga sistem pencernaan tetap optimal.

Untuk mendapatkan dosis harian 400 mg magnesium yang direkomendasikan, kukus brokoli sebagai lauk. Bisa juga dicampur dalam sup, omlet, atau kreasi masakan lainnya.

8. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan antioksidan yang tinggi, sehingga membantu mengoptimalkan sirkulasi tubuh. Kedua kandungan ini juga mampu melancarkan peredaran darah ke otak.

Alpukat juga mengandung 20 vitamin dan mineral, termasuk nutrisi penting yang terkait dengan suasana hati, seperti asam folat, vitamin B6, dan kalium.

9. Oats

Layaknya sayuran hijau, oats kadar mineral penenang seperti magnesium. Setengah cangkir oats dapat mencukupi sepertiga kebutuhan magnesium harian kita.

Selain itu, oats juga menyediakan energi yang stabil, merata, serta dikemas dengan antioksidan dan nutrisi yang terlibat dalam pengaturan suasana hati.

10. Teh Kamomil

Secangkir kopi tidak bisa meredakan kecemasan, tapi secangkir kamomil bisa, meskipun keduanya sama-sama menyehatkan badan.

Menurut Women's Health Watch di Harvard, teh chamomile terbukti menjadi pengobatan alternatif yang efektif untuk mengatasi kecemasan. Menikmati secangkir teh kamomil sebelum tidur dapat membuat tidur malam lebih berkualitas.


Baca juga artikel terkait MAKANAN PENCEGAH STRES atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight