10 Channel YouTube Idol Kpop: Lisa BLACKPINK Hingga Baekhyun EXO

Oleh: Nuraini Ika - 22 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Lisa BLACKPINK, Baekhyun EXO, maupun Taeyon SNSD, tak hanya dikenal sebagai K-Pop Idol namun juga YouTuber.
tirto.id - Selain aktif di atas panggung sebagai penyanyi, dan tampil di layar televisi, beberapa idol Korea juga kerap kali menyapa penggemar melalui akun YouTube pribadi mereka.

Lewat channel YouTube pribadi, para idol biasanya mengunggah video terkait keseharian mereka di luar kegiatan sebagai artis, seperti Baekhyun EXO yang sering kali mengunggah vlog atau Chanwoo iKON yang kerap merilis video makan (mukbang) dan bermain game online.

Lisa BLACKPINK biasanya mengunggah video terkait perjalannya di luar negeri bersama para personel lain. Selain itu, ada pula idol yang membuat akun YouTube-nya menjadi tempat challenge dan tutorial seperti Solar MAMAMOO dan Bomi APINK.


Berikut daftar beberapa idol Kpop yang memiliki channel YouTube pribadi:

Lisa BLACKPINK

Rapper dari girl group BLACKPINK, Lisa atau Lalisa Manoban ternyata juga memiliki akun YouTube pribadi bernama Lilifilm Official.

Lisa mengunggah video pertama di channel miliknya pada 5 November 2018, dan menurut data terakhir per 22 Agustus 2019, Lilifilm Official (22/8/2019) akun tersebut telah meraup lebih dari 1,5 juta subscriber.

Melalui akun YouTube pribadinya, Lisa biasa meng-uploud video pendek terkait perjalanya dan anggota BLACKPINK lain saat sedang di luar negeri.


Baekhyun EXO

Salah seorang personel boy group EXO, Baekhyun baru saja membuka channel YouTube pribadi pada 16 Mei 2019 lalu, dan dalam kurun waktu, sudah memiliki lebih dari 1,9 juta subscriber.

Baekhyun lewat akun YouTube pribadinya memanjakan EXO-L (nama fandom EXO) dengan mengunggah vlog terkait kegiatan sehari-hari yang ia lakukan, mulai dari berolahraga, bermain bersama teman atau hewan pliharaan, rekaman lagu, dan masih banyak lagi.


Taeyeon SNSD

Leader girl group legendaris SNSD, Kim Taeyeon memiliki akun YouTube pribadi bernama “TaengooTV” dan menurut data terakhir, akun tersebut telah memiliki lebih dari 1 juta subscriber.

Tidak jauh berbeda dengan Baekhyun, Taeyeon juga kerap kali mengunggah video terkait kegiatan kesehariannya, seperti bernyanyi di ruang karaoke, latihan dance, belanja di supermarket, bermain game PUBG, hingga video perjalanan Taeyeon ke luar negeri.


Chen EXO

Selain Baekhyun, personel EXO lain yang membuka akun YouTube pribadi yakni Chen. Video pertama di akun tersebut diunggah pada Maret 2019, dan dalam kurun waktu 5 bulan, Chen telah memiliki lebih dari 1,2 juta subscriber.

Berbeda dari yang lain, vokalis EXO ini lewat YouTube bernama “CHEN” biasa mengunggah video dirinya yang meng-cover lagu. Beberapa lagu yang pernah ia cover seperti “Sory” milik Yang Da Il, “Every Day, Every Moment” Paul Kim, “Trough the Night” IU, dan masih banyak lagi.


Suhyun AKMU

Personel Akdong Musicion (AKMU), Suhyun juga memiliki channel YouTube pribadi yang dibuka sejak 3 Juni 2017, dan menurut data terakhir, akun trsebut telah meraup lebih dari 1,1 juta subscriber.

Pemiliki nama asli Lee Suhyun ini biasanya mengunggah video terkait tutorial make-up atau video saat dirinya yang meng-cover lagu.


Solar MAMAMOO

Kim Youngsun atau Solar MAMAMOO membuka akun YouTube pribadi miliknya bernama “Solarsido” pada 16 Februari 2019 dan sejauh ini telah memiliki lebih dari 780 ribu subscriber.

Sesuai dengan nama YouTube-nya, yang apabila diartikan menjadi "Solar Challenge," leader dari MAMAMOO itu kerap kali merilis video dirinya yang mencoba berbagai macam challenge atau tantangan.

Solar telah mencoba berbagai challenge seperti memotong rambutnya sendiri, menunjukkan isi ponselnya, bottle cap challenge, hingga membaca komentar negatif terkait dirinya di media sosial.


Chanwoo iKON

Bagi pecinta game dan nonton video makan (mukbang) mungkin dapat mampir ke channel YouTube pribadi milik Chanwoo iKON bernama “찬우살이 atau Chanwoo Life”.

Chanwoo lewat akun YouTube-nya seringkali mengunggah video saat dirinya sedang menyantap makan tertentu ,atau video terkait game-game popular. Saat tulisan ini dibuat, YouTube ‘Chanwoo Life’ telah memiliki lebih dari 463 ribu subscriber.


Amber f(X)

Salah seorang personel girl group f(X) yakni, Amber Liu memiliki YouTube pribadi yang kini telah meraup lebih dari 1,2 juta subscriber.

Amber merilis video pertama di akun tersebut pada 22 Juni 2018. Biasanya, Amber merilis video terkait kegiatan sehari-harinya bersama teman-teman terdekat dan terkadang ia juga mengunggah video cover lagu yang ia nyanyikan sendiri.


Bomi APINK

Selanjutnya ada YouTube channel pribadi bernama “Bbom Bbom Bbom” milik salah seorang anggota girl group APINK, yakni Bomi. Video pertama di akun tersebut diunggah pada 19 April 2019.

Data terakhir per 22 Agustus 2019, channel “Bbom Bbom Bbom” telah meraup lebih dari 732 ribu subscriber di YouTube. Dalam akun pribadinya ini, Bomi biasanya menampilkan banyak hal, seperti video mukbang, tutorial make up, hingga vlog.


Luna f(X)

Idol Kpop selanjutnya ada Luna personel f(X) yang telah membuka akun YouTube pribadi bernama “Luna’s Alphabet” sejak 12 Agustus 2016.

Sama dengan YouTuber lainnya, video yang Luna unggah biasanya beragam, mulai dari tutorial make-up harian, mukbang, latihan dance, vlog hingga olahraga. Sejauh ini akun “Luna’s Alphabet” telah memiliki lebih dari 222 ribu subscriber.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Ibnu Azis
DarkLight