Cara Hapus Riwayat Aktivitas di YouTube Secara Otomatis

Oleh: Kurniawan Sukresna - 3 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Riwayat aktivitas pengguna di YouTube, mulai menonton video hingga berkomentar, dapat dihapus secara otomatis.
tirto.id - YouTube merupakan salah satu media untuk menuangkan ide kreatif serta berbagi informasi berupa video. Tak sedikit orang yang menggunakan YouTube sebagai tempat untuk belajar atau menghibur diri secara audio visual.

Banyaknya hal yang dapat diakses di YouTube membuat pengguna sering mengakses dan melihat video-video favoritnya secara berkala. Banyaknya video yang ditonton maka akan semakin banyak juga rekam jejak yang secara otomatis pada histori akun YouTube-nya.

Riwayat pada YouTube merupakan segala aktivitas yang dilakukan pengguna mulai menonton video hingga menelusuri video. Ini termasuk berkomentar dan menyukai video.

Melalui History YouTube, pengguna dapat melihat aktivitas apa saja yang sudah pernah dilakukan. Terkait dengan hal itu, YouTube memberikan fitur dalam menghapus beberapa aktivitas maupun pencarian.

Dilansir dari YouTube, berikut cara untuk menghapus jejak aktivitas atau history di akun YouTube pengguna secara otomatis:

  1. Kunjungi YouTube lalu pilih menu di pojok kanan atas lalu klik “Kelola Akun Google Anda”. Setelah itu pilih dan klik “Privasi dan Personalisasi”
  2. Pilih pada menu Kontrol Aktivitas” dan klik “Histori YouTube” untuk mengatur aktivitas. Setelah itu akan muncul laman kontrol aktivitas dan “kelola histori”
  3. Klik pada “pilih untuk mengahapus secara otomatis”, lalu akan muncul tiga pilihan seperti “simpan sampai hapus secara manual”, “simpan selama 18 bulan”, dan “simpan selama 3 bulan”. Setelah itu klik “berikutnya”
  4. Setelah semuanya sudah dilakukan, maka cukup klik “Oke” sebagai pertanda bahwa penghapusan histori secara otomatis sudah berjalan

Sementara, menikmati streaming video di YouTube sudah menjadi bagian dari kegiatan rutin di era internet modern. Namun, kadang kenikmatan menonton video streaming di YouTube terganggu karena proses buffering atau jeda saat memutar video.

Kecepatan koneksi internet yang menurun atau tidak stabil acap kali menjadi penyebab utama terjadinya buffering. Selain itu, ada penyebab lain yang membuat proses streaming video di YouTube terhambat.

Salah satu penyebab tersebut adalah cache dan riwayat video YouTube yang sudah terlalu banyak. Ini dapat memengaruhi performa aplikasi YouTube termasuk smartphone ketika melakukan streaming. Mengenai solusinya dengan membersihkan cache di ponsel.

Cache sendiri adalah ruang sementara yang disediakan untuk menyimpan data atau informasi yang berkaitan dengan konten dalam memori. Informasi yang tersimpan di cache nantinya dapat digunakan lagi tanpa harus di-load dari awal sehingga menghemat waktu.

YouTube memanfaatkan cache untuk menyimpan konten yang sering ditonton pengguna, termasuk riwayat tontonan. Ukuran cache kian besar karena selalu bertambah dan akhirnya membebani performanya, sehingga, perlu dibersihkan secara berkala.


Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Kurniawan Sukresna
(tirto.id - )

Kontributor: Kurniawan Sukresna
Penulis: Kurniawan Sukresna
Editor: Ibnu Azis
DarkLight