Wiranto: Yang Bilang 70 Persen TNI Dipengaruhi, Debat Sama Saya

Oleh: Felix Nathaniel - 6 Mei 2019
Menkopolhukam Wiranto tidak terima dengan isu beredar yang menyatakan 70 persen TNI sudah dipengaruhi dan bertindak melawan hukum saat Pemilu 2019, ia pun menantang pihak-pihak tersebut.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto tidak terima isu yang menyebutkan 70 persen Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah dipengaruhi dan bertindak melawan hukum dalam pemilu serentak 2019.

Dia pun menantang pihak yang berujar demikian untuk menghadapnya. Menurut Wiranto, isu itu hanya omong kosong belaka. Jika ada yang berani mengatakan itu, Wiranto akan mengajaknya berdebat.

"Kalau ada yang bilang 70 persen TNI sudah dipengaruhi, itu omong kosong. Tidak benar. Suruh datang kemari debat-debatan sama saya," tegas Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Wiranto menyatakan, isu seperti itu seakan ingin mengadu domba antara militer dengan polisi. Dia berharap pihak-pihak itu bisa menghentikan upaya menghasut masyarakat. Namun sejauh ini, Wiranto menegaskan tidak ada apapun yang terjadi.

"Aparat keamanan tetap solid, aparat keamanan akan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia," ucapnya lagi.

Wiranto menegaskan, tuduhan tanpa bukti tidak bisa dibiarkan. Pada bulan puasa ini, Wiranto berharap pihak-pihak itu bisa menahan diri.

"Bagi pihak-pihak yang masih terus melaksanakan upaya-upaya memecah belah persatuan, mendeligitimasi lembaga pemerintah, menyebarkan fitnah, dan ujaran kebencian, untuk menghentikan kegiatannya," tukas Wiranto.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno