Trans Jakarta Buka Rute Baru Tanah Abang-Blok M

Oleh: Damianus Andreas - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hari ini Trans Jakarta mulai mengoperasikan rute baru Blok M-Tanah Abang yang beroperasi mulai dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.
tirto.id - PT Trans Jakarta mulai mengoperasikan layanan bus Trans Jakarta untuk rute Tanah Abang-Blok M per hari ini (22/1/2019).

Menurut rencana, layanan bus tersebut bakal tersedia setiap harinya serta beroperasi mulai dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Adapun bus yang digunakan ialah Bus Metrotrans yang memiliki kapasitas untuk 68 orang dengan 41 tempat duduk. Tak hanya itu, Bus Metrotrans sendiri rupanya juga dilengkapi dengan satu area khusus bagi pengguna kursi roda.

“Rute Tanah Abang-Blok M dilayani lima unit bus Metrotrans untuk tahap awal,” kata Direktur Operasional PT Trans Jakarta Daud Joseph di Jakarta pada Selasa (22/1/2019).

Selain menyediakan ram di area pintu untuk akses pengguna kursi roda, kata Daud, Bus Metrotrans untuk rute Tanah Abang-Blok M ini juga memiliki ketinggian lantai yang disesuaikan dengan jalan.

Dengan demikian, Daud berharap masyarakat bisa merasa nyaman saat hendak masuk maupun keluar dari bus.

Kedua pintu penumpang yang berlantai rendah itu berada di sisi kiri bus. Sementara itu, Daud turut menyampaikan bahwa di dalam Bus Metrotrans ada dua buah televisi berukuran 29 inci dan juga kamera CCTV yang berfungsi untuk memantau setiap area, baik di dalam maupun di luar bus.

“Untuk rute Tanah Abang-Blok M ini terhubung dengan sejumlah layanan Trans Jakarta, seperti koridor 1, 1C, 1E, 1K, 6M, 6N, 7B, 8D, 8E, 9H, 13A, dan B13,” ujar Daud.

Tak hanya itu, Bus Metrotrans pun disebutkan terhubung dengan program integrasi moda transportasi yang digagas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yakni Jak Lingko.

Sejumlah rute Jak Lingko yang tersambung dengan Bus Metrotrans rute Tanah Abang-Blok M ialah Jak 07, Jak 10, Jak 11, Jak 12, dan Jak 14.

“Pelanggan Trans Jakarta Tanah Abang-Blok M bisa menempelkan kartu elektronik pada mesin yang terpasang di dalam bus, untuk transaksi pembayaran dalam menggunakan moda transportasi milik pemerintah provinsi,” jelas Daud.


Baca juga artikel terkait BUS TRANSJAKARTA atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno